Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mudah Menambahkan Font di Photoshop

Menambahkan font adalah salah satu kebutuhan dalam melakukan design khususnya pada Adobe photoshop. Simak cara mudah menambahkan font di Photoshop melalui artikel ini!

Posted: Monday, Sep 25, 2023

Share:

Cara Mudah Menambahkan Font di Photoshop cover

Selain memainkan warna, untuk membuat desain yang estetik perlu menambahkan berbagai font menarik. Untuk desainer pemula yang masih belajar mengoperasikan Photoshop biasanya belum tahu cara menambahkan font di Photoshop. Artikel ini akan menjelaskan tutorial cara menambah font di software Photoshop, yuk simak sampai selesai.

Fungsi Font pada Desain

Peran font dalam sebuah desain grafis sama pentingnya dengan ilustrasi. Sebab, tulisan akan memudahkan pembaca dalam menangkap informasi yang ingin disampaikan, terutama pada pamflet, banner, dan poster yang biasanya berfungsi sebagai media promosi dan menyampaikan berita.

Berdasarkan buku Why Fonts Matter yang diterbitkan oleh Sarah Hyndman, setiap huruf dan karakter dari tiap jenis font dapat memberikan kesan yang berbeda dalam penyampaian pesan dan mempengaruhi pembacanya dalam memaknai teks.

Maka dari itu, para desainer harus tepat dalam memilih jenis font dalam desain mereka agar pesan dapat tersampaikan secara efektif dan pembaca dapat memberi kesan sesuai yang diharapkan.

Ternyata dalam desain grafis ada tujuh jenis font yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut penjelasan singkatnya.

  1. Serif

Jenis font Serif punya ciri khas ada garis kecil di ujung hurufnya. Biasanya font ini kerap dipakai untuk memberi pesan formal dengan kesan tradisional dan elegan. Oleh karena itu, penggunaan font Serif kebanyakan dipakai untuk redaksional pada laporan, majalah, dan buku.

  1. Sans-Serif

Font Sans-Serif tidak memiliki aksen dekoratif pada hurufnya, sehingga tampilannya lebih jelas, minimalis, dan sederhana. Karena jenis font satu ini mudah dibaca, kebanyakan Sans-Serif dipakai untuk teks di perangkat elektronik, misalnya pada website, poster, dan konten digital lainnya.

  1. Script

Font Script merupakan jenis huruf yang menyerupai tulisan tangan. Penggunaannya kebanyakan untuk pekerjaan yang menonjolkan kreativitas, artistik, dan sifatnya lebih personal. Makanya kamu sering menjumpai jenis font Script pada undangan pernikahan, logo, atau desain produk.

Baca juga: Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana?  

  1. Display

Display menjadi jenis font yang digunakan untuk menarik perhatian audiens dengan menonjolkan visualisasi yang kuat. Tidak heran font Display memiliki karakter khas tampilan yang unik dan mencolok. Kebanyakan jenis font Display dipakai sebagai judul pada poster, banner, dan media promosi lainnya.

  1. Monoscape

Kalau ingin menggunakan jenis font yang rapi dan presisi, kamu bisa memilih tipe font Monoscape. Jenis font ini memiliki ukuran yang simetris, sehingga sering dipakai untuk menulis surat elektronik, tabel, atau coding.

  1. Handwriting

Tipe font Handwriting memiliki ciri khas yang bebas dan santai mirip dengan tulisan tangan. Kebanyakan desainer memakai jenis font ini untuk membuat sketsa ilustrasi, kartu ucapan, dan poster seni.

  1. Decorative

Terakhir, tipe font Decorative adalah font dengan bentuk yang unik, sehingga kerap digunakan untuk desain visual dengan tema eksperimental.

Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Sertifikasi Adobe yang Diakui Secara Global 

Cara Menambahkan Font di Photoshop

Kebanyakan orang menggunakan jenis font Arial atau Times New Roman karena kedua font ini simpel dan mudah dibaca.

Namun, tentu saja dalam dunia kreatif para desainer ingin memasukkan jenis font dekoratif untuk menambah nilai visual pada desain grafis yang mereka buat. Berikut ini tutorial menambahkan font di Photoshop, yuk simak!

  • Sebelum menambahkan font, tentunya kamu harus mengunduh jenis font yang kamu inginkan. Kamu bisa mengunduh nya di website www.dafont.com atau www.myfonts.com yang bisa kamu gunakan untuk keperluan komersial.

  • Setelah kamu mengunduh jenis font yang kamu inginkan, buka folder Download di perangkat komputer kamu.

  • Klik kanan pada folder font yang kamu unduh dan klik Extract Files.

  • Setelah file berhasil di-ekstrak, klik kanan pada file baru tersebut.

  • Klik pilihan Install agar font bisa dipakai di semua aplikasi komputer kamu, tidak terbatas hanya di Photoshop saja.

  • Lalu, bukalah software Photoshop di komputer kamu.

  • Aktifkan tab Character, caranya: klik tab dengan tulisan ‘Essentials’ yang ada di pojok kanan, dan pilih opsi Typography. Namun, jika ingin lebih cepat kamu bisa pilih Text tool pada toolbar.

  • Jika tab Character sudah aktif, kamu bisa mencari nama font yang sudah kamu unduh sebelumnya.

  • Klik font yang ingin kamu terapkan.

  • Kamu pun bisa mulai menghias karya kamu dengan font baru.

Cara Menambahkan Font di Photoshop dengan Adobe Fonts

Kadang-kadang kendala desainer dalam menambahkan font di desain grafis mereka adalah lisensi. Sebab, tidak semua font diizinkan untuk keperluan komersial.

Oleh karena itu, sangat disarankan mengunduh Adobe Fonts jika kamu ingin menggunakan font untuk keperluan komersial dan mengaktifkan font di Photoshop. Di bawah ini akan dijelaskan tutorialnya.

  • Buka Adobe Fonts di laman ini.

  • Kamu juga bisa mengaksesnya melalui Creative Cloud dan pilih opsi Fonts pada menu ‘Resource Links’. Namun, untuk bisa memakai semua font yang tersedia kamu harus sudah memiliki akun Creative Cloud dan berlangganan.

  • Lalu, kamu bisa memilih jenis font yang akan kamu masukkan dalam desain melalui Browse all Fonts.

  • Setelah menemukan jenis font yang cocok, klik  untuk mengaktifkan fitur font di Photoshop dan seluruh software yang ada di perangkat komputer kamu.

  • Re-Start software Photoshop supaya font yang barusan kamu unduh bisa masuk di daftar font.

  • Kemudian, buka tool Text yang dapat kamu temukan di toolbar dengan ikon T.

  • Cari font yang sudah kamu unduh sebelumnya di tab Character.

  • Klik font yang ingin kamu pakai.

  • Kamu pun bisa mulai menggunakan font baru untuk memperindah karya desain.

Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier 

Itu dia ulasan mengenai cara menambahkan font di Photoshop. Yuk, upgrade kemahiranmu dalam mengoperasikan Photoshop dengan mengikuti program sertifikasi Adobe Photoshop dari MyEduSolve. Dengan mengikuti sertifikasi ini kamu akan mendapatkan sertifikat internasional yang diakui Adobe! Informasi lebih lanjut kunjungi laman resmi MyEduSolve.                     

Sumber:

https://www.zdnet.com/home-and-office/

https://www.wikihow.com

https://www.trustedreviews.com/how-to

Related Tags

Adobe Photoshop
Pengembangan Skill

9,801

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.