6 Manfaat Perencanaan Karir yang Harus Diketahui Mahasiswa

Pahami manfaat perencanaan karier, mulai dari kepuasaan saat bekerja, pengembangan diri, hingga pensiun nanti. Temukan informasinya di artikel ini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

6 Manfaat Perencanaan Karir yang Harus Diketahui Mahasiswa cover

Penulis ‘The Little Prince’, Antoine de Saint-Exupéry pernah berkata bahwa sebuah tujuan tanpa perencanaan hanya akan menjadi harapan. Quotes dari pengarang asal Perancis tersebut juga cocok diterapkan dalam dunia karier. Tidak bisa dipungkiri, banyak sekali manfaat perencanaan karir bagi kamu yang masih mahasiswa atau profesional yang sedang membangun kehidupan karirnya.


Perencanaan karier yang dimulai sejak dini tentu akan membawa manfaat yang besar dalam kehidupan pekerjaan kita. Namun, tidak salah juga jika kamu sudah bekerja dan baru merancang perencanaan karier. Lebih baik terlambat daripada tidak merencanakan karier sama sekali, bukan?

6 Manfaat Perencanaan Karir yang Memudahkan Hidup Kamu

Salah satu pertanyaan wawancara kerja yang sering didengar adalah, “mau jadi apa lima atau sepuluh tahun ke depan?”. Sayangnya, masih banyak yang bingung dengan cara menjawabnya. Biasanya, pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab dengan jelas karena mereka belum memiliki perencanaan karier yang matang.


Perencanaan karier adalah proses yang sistematis dalam menemukan tujuan karier, kemudian mencari peluang untuk mencapainya dengan kemampuan yang kamu miliki. Jadi, perencanaan karier tidak melulu berbicara tentang apa yang mau kamu lakukan di masa depan dan bagaimana cara mencapainya. 


Lebih dari itu, perencanaan karier memberikan kita gambaran di masa depan sehingga kita bisa membuat keputusan terbaik untuk langkah karier kita. Kamu memerlukan perencanaan karier yang kuat agar tetap termotivasi dan fokus dengan tujuan karirmu.


Banyak sekali manfaat perencanaan karir yang bisa kamu rasakan saat membangunnya. MyEduSolve akan menjelaskan enam keuntungan membuat perencanaan karier bagi dirimu sendiri.

1. Peluang Karier yang Bervariasi

Perencanaan karier yang jelas akan membantumu menyadari banyaknya peluang karier yang tersedia di luar. Saat memilih pekerjaan yang tepat, kamu memiliki rancangan yang jelas mengenai karier apa yang ingin dibangun di profesi tersebut serta menetapkan skala prioritas dengan tepat.


Baca Juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan


Mahasiswa harus tahu bahwa dunia pekerjaan penuh dengan kompetisi dan harus bergerak lebih cepat. Perencanaan karier akan membantumu mendapatkan peluang kerja yang lebih beragam dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Memahami Diri Sendiri

Banyaknya peluang yang tersedia bukan berarti kamu harus memilih semuanya. Justru kamu harus mencari tahu peluang terbaik yang sesuai dengan dirimu sendiri. Perencanaan karier akan membantumu dalam memilih peluang yang tepat karena kamu paham dengan skill dan kompetensi yang dimiliki.

3. Pengembangan Diri

Setelah memahami diri sendiri, kamu pasti terdorong untuk mengembangkan dirimu mencapai skill atau kompetensi yang dibutuhkan. Pengembangan diri memang membutuhkan disiplin, kemauan kuat, dan fokus yang tinggi, tapi kamu pasti bisa melaluinya karena ingat dengan rencana karier yang sudah dibuat.


Baca Juga: Skill yang Harus Ada di CV untuk Peluang Karier yang Lebih Baik


Saat melakukan pengembangan diri, ukur juga progress yang telah dilalui. Idealnya, kamu harus melakukan evaluasi terhadap tujuan jangka pendek atau panjang yang telah dilakukan setiap tiga bulan sekali.

4. Kepuasan Karier

Rencana karir yang tepat akan membuatmu merasa puas saat bekerja, terutama jika kamu bekerja sesuai dengan passion. Meski belum mencapai karier impian pun, kamu akan tetap merasa puas dan termotivasi karena ingat dengan langkah yang harus dilakukan berikutnya. Tidak hanya itu, etos kerja semakin meningkat dan kamu akan lebih berkomitmen dengan tempatmu bekerja saat ini.

5. Promosi dalam Karier

Kepuasan dalam bekerja akan membantumu menyelesaikan pekerjaan lebih mudah. Kamu akan meninggalkan kesan yang baik di mata atasan dan rekan kerja, sehingga visibilitasmu semakin naik. Peluang karier seperti promosi dan bonus pun datang berkat kapasitas yang selalu kamu berikan saat bekerja.

6. Rencana Pensiun

Siapa yang tidak ingin pensiun dan menikmati hari tua tanpa bekerja? Perencanaan karier yang matang juga membantumu merancang rencana pensiun di masa depan. Lengkapi rencana karirmu dengan rancangan tabungan dan investasi, maka kehidupan pensiunan nantinya akan lebih mudah dijalani dan kamu akan menikmati jerih lelahmu di hari tua.


Perencanaan karier juga harus dimodali dengan kapasitas diri yang selalu meningkat agar bisa tercapai. Apakah kamu masih merasa kesulitan dalam menentukan perencanaan kariermu? Ikuti saja program Talk to DIAN di MyEduSolve yang bisa menjadi tempat konsultasi karier mengenai perencanaan karirmu. Career consultant kami juga akan membantumu dalam persiapan dunia kerja, seperti pembuatan CV dan proses interview.


Tidak mudah memenuhi rencana karier yang telah dibuat, karena kamu harus konsisten dan fokus dalam prosesnya. Namun, kamu pasti merasakan manfaat perencanaan karir di atas apabila tetap fokus pada rencana yang telah dibuat.

Article Tag:

manfaat perencanaan karirperencanaan karirmerencanakan karir

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

6 Manfaat Perencanaan Karir yang Harus Diketahui Mahasiswa

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

manfaat perencanaan karirperencanaan karirmerencanakan karir

Category:

Pencarian Kerja

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.