Peran Penting Tipografi Dalam Desain Grafis

Seberapa penting Tipografi dalam sebuah desain? Simak artikel berikut ini untuk tahu peran penting Tipografi dalam desain!

Posted: Friday, Jul 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

| Posted: Friday, Jul 15, 2022

Share:

Peran Penting Tipografi Dalam Desain Grafis cover

Tipografi atau Typography pastinya menjadi salah satu istilah yang tidak asing di dunia desain. Tipografi adalah seni memilih dan menata huruf, kata, paragraf bahkan jarak antar huruf dengan apik pada suatu ruang yang berfungsi untuk memberikan kesan tertentu.  Di mana tipografi digunakan untuk membuat desain menjadi lebih sempurna dan eye catching. Penggunaan tipografi yang baik dan benar akan mempermudah penyampaian informasi kepada pembaca menjadi lebih tepat sasaran.

Perkembangan tipografi banyak dipengaruhi oleh faktor budaya serta teknik pembuatan. Karakter tipografi yang ditimbulkan dari bentuk hurufnya bisa dipersepsikan berbeda. Pemilihan hurufnya pun tidak semudah yang dibayangkan, jumlah hurufnya mencapai ribuan bahkan jutaan. Dalam hal ini, desainer harus cermat dalam memilih tipografi yang tepat untuk karyanya.

Rangkaian huruf dalam sebuah kata atau kalimat bukan saja bisa berarti suatu makna yang mengacu kepada sebuah objek atau gagasan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyuarakan suatu citra atau kesan secara visual. Hal ini karena terdapat nilai fungsional dan nilai estetika dalam suatu huruf, maka dari itu pemilihan jenis huruf disesuaikan dengan citra yang ingin diungkapkan.

Peran Tipografi Dalam Desain Grafis

Lalu, mengapa tipografi begitu penting dalam desain grafis? Tentunya, salah satu tujuan utamanya yaitu untuk menghasilkan visual yang menarik. Ternyata, masih ada beberapa hal lain yang membuat tipografi begitu penting.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa tipografi begitu penting, terutama dalam desain grafis.

Menarik Perhatian Pengguna

Ketika seseorang melihat sebuah iklan yang memuat tipografi di dalamnya, secara tidak langsung menarik perhatian pembaca melalui font dan penempatan tulisan beserta visual yang bagus. 

Sama halnya untuk desain antarmuka sebuah website, tipografi akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama karena rangsangan visual yang mudah diingat. Oleh karena itu tipografi memiliki peran yang sangat penting dalam suatu desain.

Memudahkan Pengguna Untuk Membaca

Selain menarik perhatian pengguna, tipografi juga harus mudah untuk dibaca oleh pengguna. Pilihan font yang kurang tepat dapat menyulitkan pengguna dalam membaca sehingga tidak tertarik untuk melihat desain lebih lanjut. Maka dari itu dalam membuat desain harus pandai dalam memilih font dan menyelaraskan font dengan desain yang tersedia agar lebih mudah dibaca oleh pengguna.

Baca Juga: Microsoft Office adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan

Memberikan Nilai Tambah Pada Brand

Setiap jenis font dapat memberikan kesan yang berbeda-beda dalam mewakili sebuah bisnis. Sebagai contoh font jenis Sans-Serif, dan jenis sans. Kedua jenis font ini memiliki kekuatan yang berbeda. Jenis Sans-Serif biasa digunakan untuk desain yang sederhana dan mudah dibaca oleh mata, sehingga tipografi ini bisa dibilang jenis tipografi yang modern. Berbeda dengan jenis Serif yang mudah dibaca namun umumnya dianggap sebagai tipografi yang konvensional dan kuno.

Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Tipografi mempunyai makna yang mendalam kepada cara pengguna mencerna dan memahami informasi yang disampaikan oleh teks. Jenis tipografi yang bagus akan jauh lebih persuasif, sehingga akan mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan atas teks tersebut.

Tips Menggunakan Tipografi Dalam Desain

Pertimbangkan Teks

Kesalahan yang biasanya terjadi adalah hanya menyalin dan langsung menampilkan teks dari file tanpa mempertimbangkan kesan dari teks yang akan dipakai pada desain nantinya.

Itu sebabnya untuk menarik perhatian pelanggan atau audiens, bacalah teks secara menyeluruh agar kamu mendapatkan ide unik tentang bagaimana teks itu harus dimasukkan dan diintegrasikan ke dalam desain, seperti di dalam situs. Pastikan kamu baca teks dengan cermat sebelum memilih elemen tipografi yang tepat.

Pilih Warna yang Tepat

Selain mempertimbangkan teks kita juga harus mempertimbangkan warna yang akan digunakan terhadap desain nantinya. Pemilihan warna yang tepat sangat penting dalam dunia desain. Hal ini bertujuan agar warna yang digunakan tidak bertabrakan dengan warna teksnya. Pemilihan warna yang kurang tepat berpotensi membuat pembaca tidak nyaman dan hilang ketertarikan terhadap desain yang kita buat.

Baca Juga: 6 Tips Belajar Desain Grafis

Atur Spasi dan Alignment

Penting untuk mengatur spasi di dalam desain agar enak dibaca oleh pengguna. Tidak hanya itu, usahakan untuk memberikan ruang spasi kosong di sekeliling desain. Jangan lupa untuk mengatur alignment-nya. Berantakan sedikit saja bisa membuat struktur desainmu hancur dan tidak enak dilihat.

Tipografi Tidak Bisa Dipisahkan Dari Desain Grafis

Teks merupakan salah satu elemen grafis selain gambar, maka desainer dapat mengolah teks agar dapat berfungsi sebagai gambar dan sebaliknya gambar dapat difungsikan sebagai pengganti karakter maupun penggalan kata. Menggabungkan teks dan gambar adalah salah satu teknik, sehingga keduanya menjadi suatu kesatuan image yang mampu menyampaikan informasi.

Selain itu pemilihan jenis huruf seringkali menentukan karakter atau mewakili konsep dari apa yang sudah ditulisnya. Misalnya, pada desain cover buku, desain kemasan, juga penggunaan dalam Movie Title. Oleh karena itu, seorang desainer dituntut untuk memahami content dari kemasan yang akan dibuatnya.

Kamu dapat mengikuti Design Challenge yang diadakan oleh MyEduSolve dengan tema ‘Glimpse of Our Childhood’ dalam rangka memperingati hari anak, MyEduSolve mengajak kamu untuk memvisualisasikan memori indah masa kecilmu.

Pemenang dari Design Challenge akan mendapatkan sertifikasi resmi dari Adobe Certified yang berlaku seumur hidup, lho MESFriends!

Article Tag:

tipografidesaintata letak

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Content Writer

Articles Info

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Peran Penting Tipografi Dalam Desain Grafis

Posted: Friday, Jul 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

tipografidesaintata letak

Category:

Pengembangan Skill

Share:

497

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.