Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pentingnya Memahami Cyber Security di Era Modern

Cyber security adalah sistem perlindungan yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Kenali apa itu cyber security, manfaat dan jenis ancamannya di sini!

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Share:

Pentingnya Memahami Cyber Security di Era Modern cover

Di era yang semakin canggih ini, proses mengirim dan menyimpan data digital semakin dimudahkan. Namun, pengiriman dan penyimpanan data digital juga tidak 100% aman, sehingga kamu perlu melakukan perlindungan terhadap data tersebut. Cyber security adalah perlindungan yang bisa kamu andalkan untuk melindungi data-data digital yang kamu miliki.

Untuk mencegah kejahatan dunia maya atau cyber crime yang dapat terjadi kepadamu, sebaiknya kamu memahami apa itu cyber security, manfaat dan juga jenis ancamannya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Cyber Security?

Pengertian cyber security adalah tindakan atau upaya yang dilakukan untuk melindungi perangkat, sistem, data, program ataupun jaringan dari ancaman atau serangan-serangan digital yang berbahaya.

Serangan berbahaya tersebut biasanya dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai macam tujuan yang dapat merugikan si korban. Contohnya, mengakses informasi rahasia, mengubah, mencuri, atau bahkan menghancurkan data-data penting.

Serangan digital ini tidak hanya menyerang perorangan, tapi juga perusahaan besar hingga UMKM atau bisnis kecil. Maka dari itu, penting sekali memahami apa itu cyber security bagi kamu yang memiliki bisnis.

Baca juga: Apa Itu Programmer dan Beragam Kompetensi yang Dibutuhkan

Manfaat Cyber Security untuk Bisnis

Ini dia beberapa manfaat cyber security untuk bisnis yang dapat membuatnya tetap berjalan dengan lancar.

1. Meningkatkan Keamanan Data

Manfaat yang paling utama tentu untuk meningkatkan keamanan data. Penerapan cyber security pada sebuah bisnis dapat mencegah terjadinya peretasan data dan kebocoran informasi penting seperti data pribadi pelanggan.

Data yang berhasil diretas dan dicuri sangat berbahaya karena dapat disalahgunakan untuk kejahatan.

2. Pemulihan Kerusakan Lebih Cepat

Manfaat selanjutnya dari penerapan cyber security adalah bisa membuat proses pemulihan kerusakan lebih cepat ditangani apabila terkena serangan siber. Penanganan yang lebih cepat ini dapat membuat perusahaan meminimalisir kerugian yang dialami.

3. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Reputasi sebuah bisnis adalah hal yang penting untuk dijaga. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga reputasi suatu bisnis adalah menerapkan sistem keamanan yang baik.

Jika para customer mengetahui sistem keamanan pada bisnismu pernah diretas oleh hacker, maka itu dapat menurunkan kepercayaan customer hingga membuat bisnismu mengalami kerugian.

Jenis Ancaman Siber

Berikut ini beberapa jenis serangan atau ancaman siber yang perlu kamu ketahui.

1. Malware

Ancaman jenis ini merupakan yang paling umum ditemui. Malware biasanya berbentuk software atau perangkat lunak yang berbahaya yang dapat mengganggu atau merusak perangkat komputer atau PC.

Ancaman malware ini dilakukan dengan menyebarkan virus ke dalam komputer/PC. Malware biasanya berasal dari aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak sah. 

2. Ransomware

Ransomware ini merupakan salah satu jenis perangkat lunak berbahaya yang tidak hanya menyebarkan virus saja. Ransomware ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker untuk memblokir akses pada komputer atau suatu file penting.  

Pelaku yang melakukan serangan siber ini akan meminta sejumlah uang untuk membuka akses tersebut.

3. Injeksi SQL (Structured Query Language)

Ancaman siber ini adalah jenis ancaman yang digunakan untuk mencuri data-data penting dari pusat data. Serangan siber ini memanfaatkan kerentanan pada suatu aplikasi data dengan memasukkan kode berbahaya pada bahasa pemrograman SQL.

Kode berbahaya tersebut dapat memberikan akses pada data sensitif yang terdapat pada pusat data, sehingga bisa dicuri.

Baca juga: Mari Pahami Apa Itu Cloud Computing, Teknologi Mutakhir Terkini

Jadi, itu dia pengertian, manfaat dan jenis ancaman cyber security yang bisa untuk menambah wawasan kamu. Jika kamu ingin mempelajari mengenai cyber security lebih dalam lagi, kamu bisa mengikuti program Certified IT Specialist di MyEduSolve. Ayo, segera daftarkan dirimu dan jadilah ahli cyber security yang andal!

Semoga pembahasan mengenai cyber security pada artikel ini bisa dipahami dengan baik dan bermanfaat ya!

Articles Info

author:undefined
myedusolve

Pentingnya Memahami Cyber Security di Era Modern

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Updated: Sunday, Apr 21, 2024

Related Tags

cyber security adalah

4,877

Recommended Articles