Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pengertian Virtual Job Fair, Kelebihan, dan Tips Daftarnya

Simak apa itu virtual job fair, dan kenapa kamu harus mengikutinya untuk mendapatkan pekerjaan impianmu dengan cara yang lebih mudah tanpa harus melamar ke lokasi kerja!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Jun 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pengertian Virtual Job Fair, Kelebihan, dan Tips Daftarnya cover

Saat ini kamu sudah tidak perlu lagi datang ke perusahaan satu-persatu untuk menyerahkan CV dan surat lamaran.

Memasuki era digital saat ini, kamu dapat menggali informasi dan melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan sekaligus dalam acara virtual job fair yang tentunya dapat menghemat waktu, uang, dan tenaga kamu.

Mari ketahui lebih jauh tentang virtual job fair yang akan dibahas lengkap dalam artikel berikut.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mengikuti Virtual Job Fair

Apa yang Dimaksud dengan Virtual Job Fair

Virtual job fair adalah acara bursa kerja yang diadakan secara online. Mirip dengan acara job fair offline, penyelenggara acara juga mengumpulkan berbagai perusahaan dan organisasi dalam booth virtual agar calon pelamar bisa bertukar informasi sebanyak-banyaknya dengan perwakilan perusahaan.

Meski diadakan secara daring, tapi pelamar juga dapat mendaftar dan menyerahkan CV serta surat lamaran ke booth perusahaan yang diincar. Jika sempat, biasanya perwakilan perusahaan akan langsung melakukan screening CV dan menyeleksi lamaran-lamaran yang masuk untuk diproses lebih lanjut oleh tim HRD.

Supaya tidak mengurangi esensi acara, pada acara virtual job fair, peserta yang hadir akan mendapat fasilitas seperti webinar, masuk ke group chat yang memberikan kesempatan para peserta saling berbagi informasi seputar karir dan pekerjaan, menjalin koneksi dengan peserta lain atau alumni, hingga tanya-jawab dengan recruiter perusahaan.

Penyelenggara acara virtual job fair seringnya diadakan oleh sebuah organisasi, universitas, atau laman pencari kerja seperti Jobstreet. Sayangnya acara virtual job fair terhitung spesial karena hanya diadakan di momen-momen tertentu.

Oleh karena itu, para jobseeker wajib cari informasi tentang acara-acara webinar dan virtual job fair yang biasanya dipromosikan di internet dan sosial media agar tidak ketinggalan.

Baca juga: Tips & Trik Dapat Pekerjaan dari Virtual Job Fair

Manfaat Bergabung ke Virtual Job Fair

Acara seminar dan job fair tentu saja sangat menguntungkan bagi fresh graduate dan job seeker. Sebab, memudahkan mereka dalam menemukan lowongan pekerjaan dan memasukkan lamaran ke perusahaan. Supaya lebih jelas, berikut ini deretan manfaat mengikuti acara virtual job fair yang dapat kamu rasakan. Simak, yuk!

  1. Lebih Efisien

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan virtual job fair lebih efisien dibandingkan menghadiri event job fair yang diselenggarakan offline karena hemat waktu, pengeluaran transportasi, dan juga tenaga.

Hal itu disebabkan kamu perlu menyiapkan dana untuk perjalanan, akomodasi, serta cetak CV dan surat lamaran. Belum lagi kamu juga akan keluar keringat untuk datang ke satu kantor ke kantor lainnya yang memakan waktu banyak dan melelahkan.

  1. Membangun Koneksi

Dengan ikut acara virtual job fair, kamu punya kesempatan untuk bertemu dengan perwakilan perusahaan yang biasanya masih bagian dari tim recruiter. Jadi, kamu dapat gunakan peluang ini untuk menjalin koneksi dan bertanya lebih jauh tentang perusahaan yang kamu harapkan untuk bekerja di sana. Biasanya mereka akan dengan senang hati berbagi informasi dan tips agar bisa lulus seleksi.

Selain itu, jika beruntung kamu bisa juga berjumpa dengan alumni kampusmu. Kamu bisa meminta bertanya dan meminta saran pada kakak alumni terkait perusahaan dan posisi yang ingin kamu lamar supaya kamu lebih siap ketika seandainya dipanggil  ke tahap wawancara.

  1. Peluang Ikut Wawancara Lebih Besar

Siapa sangka jika rajin ikut acara virtual job fair dapat membuka peluang lebih besar untuk dipanggil interview. Sebab, kamu dapat berinteraksi langsung dengan perwakilan perusahaan dan menyerahkan resume pada orang yang bersangkutan.

Jika CV kamu lolos tahap screening dan memenuhi kualifikasi yang diminta, seringnya mereka akan langsung menghubungi kandidat dan mengundang untuk ikut sesi interview.

Kelebihan dan Kekurangan Job Fair Virtual Dibanding Offline

Kalau kamu masih bingung akan mengikuti acara job fair secara virtual atau offline, coba simak keuntungan dan kekurangan dari virtual job fair berikut.

  • Keuntungan Virtual Job Fair

  1. Tidak mengeluarkan biaya akomodasi dan transportasi, cocok untuk kamu yang punya dana terbatas.

  2. Perusahaan yang membuka booth biasanya banyak membuka tawaran pekerjaan remote.

  3. Dapat bergabung di job fair yang diselenggarakan di luar negeri, sehingga berkesempatan melamar di perusahaan internasional.

  4. Lebih efisien dalam segi waktu.

  5. Tidak perlu berdesak-desakan dengan banyak orang.

  • Kekurangan Virtual Job Fair

  1. Sesi diskusi kurang efektif karena tidak berinteraksi tatap muka.

  2. Forum diskusi berisiko terhambat apabila jaringan internet tidak stabil.

  3. Pemahaman terhadap materi yang disampaikan kurang optimal, karena sering kali peserta yang hadir di acara virtual jangka konsentrasinya pendek dan kerap terdistraksi hal lain akibat kurangnya pengawasan.

Baca juga: Rangkaian Acara Virtual Job Fair MyEduSolve Jangkau Lebih Dari 1.000 Talenta Kerja Tersertifikasi

Bagaimana Cara Daftar Virtual Job Fair

Kalau kamu tertarik mengikuti acara virtual job fair tapi belum tahu caranya, yuk, simak tips-tips berikut!

  1. Banyak kunjungi situs-situs lowongan kerja atau forum alumni karena biasanya    banyak mengadakan dan berbagi informasi seputar seminar dan job fair.

  2. Jika sudah menemukan virtual job fair yang cocok dan waktunya sesuai dengan jadwalmu, segera daftarkan diri melalui contact person atau langsung mengisi tautan untuk isi formulir.

  3. Bayar tiket acara ke nomor rekening yang dicantumkan.

  4. Tunggu konfirmasi pendaftaran yang seringnya dikirim lewat e-mail atau pesan Whatsapp.

  5. Setelah itu, persiapkan diri untuk hadir ke virtual job fair dan pastikan kamu berada di area dengan jaringan internet yang stabil agar tak menghambat sesi virtual job fair yang kamu hadiri.

Itu dia rangkuman lengkap seputar virtual job fair yang perlu kamu ketahui. Virtual job fair cocok diikuti oleh kamu yang ingin mengincar perusahaan luar negeri atau kamu yang tidak punya banyak waktu dan ingin hemat budget.

Jika kamu memiliki kekhawatiran di personal life maupun kendala di dunia kerja tetapi tidak punya tempat bercerita, kamu bisa mencurahkannya secara anonim pada profesional melalui #TalkToDIAN. Yuk, coba sekarang karena fitur ini gratis!

Sumber:

What is a Virtual Job Fair? https://www.linkedin.com/pulse/what-virtual-job-fair-mary-southern (Diakses Juni 2024)

Related Tags

Virtual Job Fair

132

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.