Pengertian Project Manager dan Tugasnya Di Dalam Perusahaan

Project manager adalah salah satu posisi yang sering dicari oleh perusahaan-perusahaan saat ini. Apa itu project manager? Cek info lengkapnya di sini.

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Share:

Pengertian Project Manager dan Tugasnya Di Dalam Perusahaan cover

Project manager adalah salah satu posisi yang sering dicari oleh perusahaan-perusahaan saat ini. Apa itu project manager dan tugasnya di dalam perusahaan?


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan memberikan informasi penting kepada kamu seputar pengertian dari project manager. Selain itu, kamu juga akan memahami apa saja tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang project manager.

Apa Itu Project Manager?

Project manager merupakan pemimpin dari berjalannya sebuah proyek. Misalnya, di suatu perusahaan sedang ingin mengadakan proyek campaign melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook, maka akan dibuka lowongan untuk siapa pun yang ingin memimpin proyek tersebut.


Dari sini, kamu tentu sudah bisa melihat bahwa seorang project manager memiliki tanggung jawab pekerjaan yang sangat besar. Project manager harus dapat memastikan bahwa proyek yang dipegangnya dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager

Apa Saja Tugas Project Manager?

Seorang project manager memiliki setidaknya empat tugas yang harus dijalankan, yaitu:


1. Planning (Perencanaan)

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang project manager adalah perencanaan atau planning. Tugas ini mengharuskan project manager untuk menyusun strategi yang paling tepat agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Coordinating (Koordinasi)

Seluruh strategi yang telah disusun harus didelegasikan oleh project manager kepada setiap anggota tim yang terlibat di dalam sebuah proyek yang sedang diusung. Project manager juga harus dapat menjelaskan secara rinci apa saja deskripsi pekerjaan yang perlu dilakukan oleh setiap orang atau setiap divisi.


Di sini, seorang project manager harus mampu mengenal setiap anggotanya agar proses berjalannya koordinasi dapat berjalan dengan lancar. Koordinasi merupakan kunci penting dalam keberlangsungan komunikasi di dalam berjalannya sebuah proyek.

3. Implementation (Pelaksanaan)

Project manager harus terus mengikuti perkembangan berjalannya sebuah proyek hingga pada saat pelaksanaannya nanti. Dalam tahapan ini, seorang project manager harus memastikan bahwa pelaksanaan proyek dapat berlangsung sesuai dengan strategi yang telah disusun di tahap perencanaan.


Baca juga: Cara Praktis Membuat Project Management Plan

4. Supervision (Pengawasan)

Tugas terakhir yang perlu dilakukan oleh seorang project manager adalah mengawasi berjalannya proyek. Seorang project manager harus mencatat bagaimana proses keberlangsungan proyek tersebut untuk nantinya dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Skill Apa Saja yang Dibutuhkan Project Manager?

Untuk menjalankan tugas-tugas di atas, apakah kamu tahu skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang project manager? Berikut ini, ada lima skill yang harus dimiliki apabila kamu ingin menjadi seorang project manager, yaitu:

  • Kepemimpinan: Leadership atau kepemimpinan merupakan skill terpenting yang harus dimiliki oleh seorang project manager. Hal ini dikarenakan project manager harus dapat mengarahkan anggota timnya untuk dapat bekerja sama dalam menjalankan sebuah proyek.

  • Komunikasi: Tanpa adanya komunikasi, sebuah proyek tidak akan dapat berjalan dengan baik atau bahkan kacau. Oleh karena itu, seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

  • Manajemen: Seorang project manager harus memiliki skill manajemen. Kamu harus dapat mengelola tim, waktu, uang, hingga risiko yang dapat terjadi ketika sebuah proyek sedang berlangsung

  • Negosiasi: Sebuah proyek pasti membutuhkan keputusan-keputusan yang harus diambil oleh banyak pihak mulai dari para pemegang saham, pimpinan, client, dan pihak lainnya. Maka dari itu, seorang project manager harus memiliki kemampuan negosiasi untuk mendapatkan hasil keputusan terbaik demi mencapai tujuan bersama.

  • Interpersonal: Skill terakhir yang dibutuhkan oleh seorang project manager adalah kemampuan interpersonal. Skill ini dapat membantu meningkatkan motivasi anggota tim dan seluruh pihak yang terlibat di dalamnya untuk dapat bekerja sama dengan efektif.


Baca juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager


Jadi, itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai pengertian project manager serta tugas-tugasnya di dalam perusahaan. Ayo kembangkan skill yang kamu miliki agar dapat menjadi seorang project manager dengan mengikuti kursus bersertifikat di MyEduSolve.


Kami menyediakan berbagai sertifikasi yang dapat menunjang kebutuhan kamu untuk menjadi seorang project manager, salah satunya dengan program Project Management Ready. Kunjungi website MyEduSolve sekarang juga untuk mencari program sertifikasi yang kamu butuhkan!

Article Tag:

project manager adalah

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pengertian Project Manager dan Tugasnya Di Dalam Perusahaan

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

project manager adalah

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.