Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pengertian Project Manager dan Tugasnya Di Dalam Perusahaan

Project manager adalah salah satu profesi yang hampir dibutuhkan di segala macam bidang perusahaan atau bisnis, Simak apa saja tanggung jawab, skill dan pendapatan atau gaji seorang project manager!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pengertian Project Manager dan Tugasnya Di Dalam Perusahaan cover

Dalam sebuah perusahaan, jabatan project manager menjadi posisi yang cukup krusial. Jika tidak ada project manager, program-program yang sudah direncanakan perusahaan tidak akan berjalan dengan baik.

Yuk, ketahui apa itu project manager, apa saja skill yang dibutuhkan, dan berapa besaran gajinya yang akan dibahas tuntas di artikel berikut. Baca artikel ini sampai akhir, ya!

Pengertian Project Manager

Project manager adalah pekerjaan yang tugas utamanya mengorganisir, merencanakan jadwal proyek, membuat rancangan budget, serta melaksanakan proyek yang diminta perusahaan.

Posisi project manager sebagai pemimpin tim memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Mereka harus mengawasi penyelenggaraan proyek dari awal sampai akhir, berkomunikasi dengan stakeholder, dan menentukan tujuan dari proyek yang diadakan. Bahkan, mereka jugalah yang bertanggung jawab pada keberhasilan dan kegagalan acara.

Apabila proyek yang diselenggarakan lancar, tentunya akan mendatangkan keuntungan yang besar pada perusahaan. Akan tetapi, jika ternyata jalannya acara tidak sesuai harapan dan mengakibatkan kerugian, project manager harus bisa mengatasinya dengan baik.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager

Lingkup Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Posisi project manager ini dibutuhkan di hampir semua industri. Di bawah ini akan dijelaskan peran project manager secara rinci agar kamu yang mengincar posisi ini bisa mendapatkan gambaran.

  1. Merancang anggaran biaya dan memastikan penyelenggaraan acara tidak melebihi budget.

  2. Mengawasi progres persiapan proyek agar bisa selesai tepat waktu dan sesuai target.

  3. Sebagai koordinator yang bertanggung jawab menjembatani tim dengan vendor agar proyek bisa berjalan efisien.

  4. Membuat laporan ke jajaran direksi perusahaan.

  5. Berkomunikasi dengan klien dan stakeholder.

  6. Menerapkan manajemen risiko demi menekan risiko kerugian.

  7. Menjaga relasi dengan vendor.

  8. Mendokumentasikan pelaksanaan dan progres proyek.

  9. Mengelola sumber daya, baik di dalam tim maupun pihak eksternal.

Baca juga: 5 Tugas Project Manager Dalam Bisnis

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan oleh Project Manager?

Kinerja project manager sangat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan sebuah proyek, karena project manager bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan sebuah proyek dari awal sampai akhir. Nah, supaya kinerja project manager maksimal, sebaiknya seorang project manager sudah memenuhi beberapa skill di bawah ini.

  1. Leadership

Leadership merupakan soft skill yang wajib dimiliki project manager, sebab mereka yang memimpin dan mengelola tim. Kalau pemimpin tim mempunyai jiwa leadership yang baik, tim dapat mewujudkan proyek yang sukses dan memberi keuntungan pada perusahaan.

  1. Komunikasi

Project manager bekerja dengan banyak orang, mulai dari rekan satu tim, vendor, stakeholder, dan klien. Skill komunikasi yang mumpuni akan menunjang pekerjaan project manager. Mereka dapat menyampaikan ide, tujuan, dan kendala secara komunikatif ketika sedang melaksanakan sebuah project.

  1. Negosiasi

Skill negosiasi dibutuhkan oleh project manager agar dapat berdiskusi dengan klien, stakeholder, rekan kerja, dan vendor. Dengan skill negosiasi ini, project manager dapat mengkomunikasikan argumen, keluhan, atau permintaan kepada pihak lain dengan baik.

  1. Manajemen Waktu

Seorang project manager bertanggung jawab pada pengawasan progres proyek agar bisa selesai sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, project manager harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik, caranya dengan memiliki manajemen waktu yang disiplin.

  1. Manajemen Risiko

Keberhasilan dan kegagalan suatu project menjadi tanggung jawab project manager. Untuk menghindari kegagalan dan kerugian, seorang project manager sebaiknya paham tentang manajemen risiko. Dengan memiliki pemahaman yang kuat soal manajemen risiko, project manager dapat memprediksi proyek-proyek yang berpotensi gagal dan mencari solusi untuk mengantisipasinya.

  1. Mampu Mengoperasikan Komputer dan Teknologi Terkini

Project manager kerap menggunakan bermacam-macam tools dan sosial media untuk menunjang produktivitas mereka. Jadi, jika kamu ingin bekerja sebagai project manager, kamu wajib menguasai komputer dan mengikuti perkembangan teknologi.

  1. Observasi dan Riset

Ketika sedang melaksanakan tugasnya, project manager akan sering melakukan observasi dan riset. Sebab, terkadang project manager membutuhkan informasi terkait suatu proyek yang belum dimengerti. Selain itu, ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah proyek. Maka, skill observasi dan riset perlu dikuasai seorang project manager.

  1. Problem Solving

Kemampuan menyelesaikan masalah diperlukan oleh project manager demi keberhasilan sebuah proyek, karena kadang-kadang muncul kendala yang menghambat proyek. Ketika hal itu terjadi, project manager harus bergerak cepat mencari solusi agar masalah bisa segera tertangani dan penyelenggaraan proyek tidak terganggu.

  1. Manajemen Keuangan

Pada saat mengadakan sebuah proyek, biasanya perusahaan akan menyiapkan sejumlah budget untuk memenuhi segala kebutuhan dan menyerahkannya pada project manager. Supaya budget yang diberikan perusahaan cukup, project manager akan bertanggung jawab pada pengelolaannya. Diharapkan project manager dapat mengelola keuangan dengan baik agar anggaran biaya tak membengkak.

Baca juga: Mau Jadi Project Manager? Kenali Apa Itu Sertifikasi Project Management Ready

Kualifikasi Project Manager

Project manager termasuk pekerjaan yang dicari banyak perusahaan. Ketika kamu hendak melamar posisi project manager, pastikan jika kamu sudah memenuhi kualifikasinya yang biasanya menitikberatkan pada dua hal, yakni pendidikan dan sertifikasi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah.

  1. Pendidikan

Kebanyakan perusahaan menetapkan pendidikan minimal seorang project manager di level sarjana. Kabar baiknya semua jurusan dapat melamar di posisi project manager. Meski begitu, biasanya perusahaan mencari pelamar yang memiliki latar belakang pendidikan selinier dengan industri yang digeluti perusahaan.

  1. Sertifikasi

Untuk memperkuat daya tawar di tengah kompetisi dunia kerja, sebaiknya sering ikut program sertifikasi di bidang project management. Program project management yang umum diikuti project manager adalah PMP (Project Management Professional) dan PMR (Project Management Ready).

Gaji Project Manager di Indonesia

Gaji project manager terbilang cukup tinggi, bahkan dapat mencapai dua digit. Hal itu disebabkan banyaknya permintaan jasa project manager oleh perusahaan dan beban kerjanya yang besar.

Mengutip dari laman JobStreet, gaji rata-rata posisi project manager di Indonesia berada di rentang 10 juta sampai 13 juta.

Itu dia ulasan mengenai profesi project manager yang sedang diminati karena banyak industri membuka lowongan untuk posisi project manager. Jika kamu mengincarnya juga, yuk gabung ke program sertifikasi Project Management Ready dari MyEduSolve. Dapatkan juga info menarik lainnya dengan mengakses laman MyEduSolve.

Sumber:

https://www.coursera.org/articles/what-is-project-manager (Diakses April 2024) 

https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-project-manager/ (Diakses April 2024)

https://www.jobstreet.co.id/id/career-advice/role/project-manager/salary (Diakses April 2024)

Related Tags

project manager adalah

4,614

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.