Fitur dan Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai oleh Pemula

Kamu pemula? ingin menguasai Adobe Photoshop? Simak artikel berikut ini!

Posted: Monday, Jul 04, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

| Posted: Monday, Jul 04, 2022

Share:

Fitur dan Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai oleh Pemula cover

Desain grafis menjadi salah satu hal penting yang diperlukan oleh perusahaan-perusahaan saat ini. Kemampuan menyampaikan isi pesan melalui gambar menjadi tujuan utama dari desain tersebut. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk menarik perhatian audiens yang nantinya dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan tersebut.

Adobe Photoshop menjadi aplikasi yang cukup sering digunakan dalam hal pembuatan desain grafis karena cara menggunakannya yang cukup sederhana namun memiliki banyak tools yang dapat digunakan untuk membuat desain.

Namun, untuk pemula Photoshop mungkin akan sedikit membingungkan karena begitu banyak tools atau alat yang tersedia. Apa saja fitur dan tools yang harus dikuasai oleh pemula? Simak artikel berikut ini!

Fitur yang Terdapat di Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software desain yang memiliki beragam fitur dan tools. Fitur-fitur inilah yang membuat Adobe Photoshop menjadi pilihan populer bagi orang-orang yang mendalami seni desain. Berikut adalah beberapa fitur dari Adobe Photoshop:

Layers

Fitur Adobe Photoshop yang paling terkenal adalah layers. Melalui fitur layers, kamu bisa mendesain atau menggambar berbagai objek di layer atau lapisan yang berbeda-beda. Kamu juga dapat mengubah atau memperbaiki setiap layer secara terpisah tanpa mempengaruhi lapisan lainnya dan mengatur layer sesuai urutan yang kamu inginkan.

Pen Tool

Pen tool digunakan untuk membuat bentuk yang diinginkan. Bentuk bisa dijadikan sebagai shape, mask, atau selection.

Shapes

Seperti namanya, shapes memudahkan pengguna Adobe Photoshop untuk bisa membuat beragam bentuk dari template yang sudah disediakan, misalnya bentuk lingkaran, persegi, segitiga, poligon, custom shape (bisa buat template shape sendiri). 

Slice Tool

Fitur slice tool berguna untuk mempermudah pemotongan gambar dengan cepat. Fitur Adobe Photoshop yang satu ini sangat berperan dalam mendesain website.

Photoshop 3D

Bagi kamu yang senang membuat desain 3D atau tiga dimensi, fitur Adobe Photoshop ini cocok buatmu! Dengan fitur Photoshop 3D, kamu tidak perlu repot mendesain gambar 3D dan animasi.

Retouching Tool

Retouching tool membantu pengguna Adobe Photoshop dalam mengedit gambar menjadi lebih baik. Fitur Adobe Photoshop ini terdiri dari patch tool, healing tool, spot healing tool, redeye tool, pattern stamp tool, dan lain sebagainya. Tiap tools memiliki fungsinya masing-masing dalam meningkatkan kualitas gambar.

Selection

Fitur ini dapat memilih atau menyeleksi objek tertentu. Objek yang dipilih dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga: 3 Tools Adobe InDesign

Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai

Dalam Adobe Photoshop terdapat beberapa tools yang dapat kamu kamu pakai untuk berbagai kebutuhan, apa saja tool-nya?

Selection Tools

Sebelum memulai untuk mengedit, kita harus memilih bagian mana yang akan diedit. Untuk melakukannya kita harus menggunakan selection tools yang terdiri dari wand, lasso, pen tool.

Marquee Tools

Tools ini digunakan untuk selection, tools ini digunakan untuk menyeleksi dengan cepat objek berbentuk kotak atau lingkaran.

Lasso Tools

Sama seperti marquee tool, lasso tools digunakan untuk selection. Bedanya tools ini lebih fleksibel, harus membuat bentuk menyesuaikan objek yang ingin diseleksi.

Move Tools

Move tools digunakan untuk memindahkan posisi objek di dalam canvas. Cara penggunaan tool ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengarahkan kursor ke objek dan drag ke tempat yang diinginkan.

Brush Tools

Tools yang satu ini berfungsi untuk menggambar dan memberikan warna pada objek yang kita inginkan. Pada tools ini juga tersedia banyak pilihan kuas, pensil, dan lain-lain. Ini memudahkan kita untuk menggambar bentuk yang inginkan dan memberikan warna sesuai kemauan kita ke objek yang telah digambar tersebut. Di tools ini juga terdapat tools lain yaitu Pencil Tool, Color Replacement Tool, dan Mixer Brush Tool.

Baca Juga: Shortcut Dasar pada Adobe Illustrator

Eraser Tools

Seperti namanya, tools ini memiliki kegunaan untuk menghapus sebagian atau keseluruhan objek yang sedang dalam tahap pengeditan. Pada tools ini, kita juga dapat menghapus background dari objek yang kita edit tersebut. Ada pula magic eraser tool yang memiliki kegunaan untuk menghapus sebagian objek terutama yang memiliki warna yang sama.

Spot Healing Brush Tools

Bila di objek yang kita edit memiliki bagian yang ingin kita hapus, kita juga bisa menggunakan tools ini. Cara kerjanya hampir sama dengan eraser tools, namun di tools ini kita dapat menghilangkan objek dengan cara menyamarkannya dengan warna di sekitarnya. Biasanya tools ini berguna untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada pada objek seperti jerawat, bintik-bintik atau objek yang dinilai mengganggu lainnya. Tools ini terdiri dari Healing Brush Tool, Patch Tool, Content Aware Tool, dan Red Eye Tool.

Gradient Tools

Tools ini berfungsi untuk memberikan efek gradient pada layer. Tools ini juga biasa digunakan untuk melakukan layer masking dan juga untuk memberi efek dan filter pada foto. Di tools ini terdapat berbagai macam pola untuk memberikan efek gradasi warna tersebut antara lain linear, radial, diamond, dan reflected

Itulah beberapa contoh fitur dan tools yang nantinya akan berguna dan sering kamu gunakan dalam pengeditan gambar di aplikasi Adobe Photoshop yang harus dikuasai agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebenarnya masih banyak tools lain yang ada di Photoshop ini, namun seiring berjalannya waktu nantinya kita akan mulai memahami kegunaan tools lainnya. Validasikan kemampuanmu dengan mengikuti ujian sertifikasi Adobe Photoshop dari MyEduSolve.


Article Tag:

Adobe PhotoshopTools AdobePhotoshopFitur Photoshop

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Content Writer

Articles Info

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Fitur dan Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai oleh Pemula

Posted: Monday, Jul 04, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Adobe PhotoshopTools AdobePhotoshopFitur Photoshop

Category:

Pengembangan Skill

Share:

606

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.