Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Belajar Cara Menggunakan Adobe Animate untuk Pemula

Kamu bisa memanfaatkan Adobe Animate untuk mengolah ilustrasi yang telah kamu buat dengan Adobe Illustrator menjadi animasi bergerak yang lebih atraktif. Berikut fungsi dari software Adobe Animate!

Posted: Tuesday, Sep 27, 2022

Share:

Belajar Cara Menggunakan Adobe Animate untuk Pemula cover

Masing-masing program Adobe CC memiliki fitur unggulan yang disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan visual. Adobe Animate sendiri merupakan program yang lahir untuk menggantikan Adobe Flash yang dihentikan pengembangannya. Adobe Animate menjadi software yang dapat digunakan untuk mengolah ilustrasi menjadi animasi bergerak. Namun, apa saja fitur yang bisa digunakan pada Adobe Animate untuk mengolah ilustrasi menjadi animasi tersebut? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa itu Adobe Animate?

Adobe Animate merupakan salah satu program Adobe CC yang dirilis pada bulan Desember 2020 untuk menggantikan program Adobe lainnya yaitu Adobe Flash. Sesuai dengan namanya, fungsi Adobe Animate adalah untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan animator dalam mengolah rangkaian ilustrasi yang telah dibuat menjadi gambar bergerak dalam format Flash/AIR, HTML5 Canvas, WebGL yang bisa diakses melalui seluler maupun desktop.

Baca juga: Pengertian Adobe Animate, Kekurangan dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui!

Fungsi Tools pada Adobe Animate

Untuk dapat mengoperasikan Adobe Animate, tentu kamu perlu mengenali terlebih dahulu fitur-fitur yang ada di dalamnya beserta fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang paling sering digunakan pada Adobe Animate, diantaranya:

  • Selection Tool

Untuk menyeleksi/memilih objek pada Adobe Animate menggunakan tool seleksi atau Selection Tool.

  • Brush (Kuas)

Brush tool digunakan untuk menyesuaikan bentuk dan sudut dari gambar yang kamu buat. Kamu dapat memilih, menyunting, dan membuat brush khusus melalui Property Inspector

  • Bone (Tulang)

Bone Tool ini digunakan untuk menghubungkan gerakan-gerakan yang akan saling berurutan.

  • Camera (Kamera)

Fungsi kamera pada Adobe Animate adalah mengatur stimulasi gerakan kamera yang dapat memberikan tampilan animasi yang lebih realistis. Kamu juga dapat menambahkan tween atau keyframes pada lapisan kamera. Selain itu, fitur kamera juga dapat digunakan untuk menggeser dengan subjek bingkai, memperbesar objek yang diinginkan untuk efek dramatis, memodifikasi titik fokus, menambahkan filter dan warna.

  • Ellipsis
    Ellipse tool digunakan untuk menggambar lingkaran dan oval.

  • Pencil

Pencil tool digunakan untuk menggambar dan mengedit garis tangan bebas.

  • Pen
    Pen tool digunakan untuk menggambar garis lurus dan melengkung untuk membuat objek. Shortcut yang bisa kamu gunakan adalah tombol (P).

  • Rectangle

Rectangle tool digunakan untuk menggambar persegi dan persegi panjang. Shortcut yang bisa kamu gunakan adalah tombol (M).

  • Transformation Anchor
    Transformation anchor digunakan untuk menghubungkan setiap segmen yang ada dalam aset. Kamu juga dapat memindahkan garis arah pada titik halus, segmen melengkung di kedua sisi titik disesuaikan secara bersamaan.

  • Transform

Transform tool digunakan untuk mengatur skala, memutar, atau memiringkan objek yang dipilih. Shortcut yang bisa kamu gunakan adalah tombol (E).

Belajar Cara Menggunakan Adobe Animate

Sebagai pemula, kamu perlu menerapkan strategi untuk dapat belajar mengoperasikan Adobe Animate dengan cepat. Beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mulai belajar menggunakan Adobe Animate yaitu:

  1. Kenali dan pahami fungsi dari masing-masing tools

Dalam tampilan lembar kerja Adobe Animate kamu akan menemukan banyak tools yang ditampilkan dalam bentuk ikon-ikon sederhana. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengenali nama dan fungsi tools dari ikon yang ditampilkan.

  1. Kuasai penggunaan tools dasar
    Menguasai basic tools akan berpengaruh pada kecepatan kamu dalam menggunakan Adobe Animate maupun program lainnya. Hal itu dikarenakan basic tools  merupakan alat-alat yang akan sering digunakan dalam mengolah animasi kedepannya.

  2. Praktikan terus-menerus penggunaan tools yang kamu pelajari
    Belajar sambil mempraktikkan dianggap lebih efektif sekaligus memiliki retensi daya ingat yang lebih panjang. Dengan sering mempraktikkan apa yang kamu pelajari, maka kamu juga akan terlatih bekerja lebih cepat.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran yang Menarik

MyEduSolve menyediakan layanan Adobe Certified Professional - Adobe Animate yang akan memvalidasi kemampuan kamu dalam mengoperasikan fitur-fitur dasar hingga fitur–fitur advanced. Kamu juga dapat memilih jadwal ujian sendiri. Ujian sertifikasi akan dilaksanakan secara daring dan bisa kamu akses di mana pun kamu berada asalkan terhubung dengan jaringan internet. Sebelum mengambil ujian sertifikasi Adobe Animate, kamu dapat mengukur kemampuanmu dengan ambil PRE-TEST GRATIS. Langsung cek website MyEduSolve ya!

Related Tags

Adobe Animate

8,842

Recommended Articles

20 Tools Adobe Illustrator dan Fungsinya! cover

Posted: 2 months ago

14 Min Read

Seberapa Penting Sertifikasi Untuk Fresh Graduate cover

Posted: a year ago

11 Min Read

Peran Penting Tipografi Dalam Desain Grafis cover

Posted: 2 years ago

11 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.