Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pelajari Rumus Fungsi Max di Excel Beserta Contohnya

Pelajari rumus fungsi MAX di Excel beserta contohnya untuk memudahkan Anda dalam menghitung nilai maksimum dari kumpulan data. Dapatkan tips dan trik praktis di blog MyEduSolve!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 26, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pelajari Rumus Fungsi Max di Excel Beserta Contohnya cover

Kebanyakan perusahaan menggunakan program Microsoft Excel untuk mengolah data perusahaan yang dinilai mudah digunakan dan fiturnya terbilang lengkap. Maka dari itu tidak heran jika banyak perusahaan mewajibkan karyawannya untuk menguasai Microsoft Excel. 

Dalam Microsoft Excel terdapat berbagai jenis rumus, salah satu rumus yang sering digunakan adalah Max. Yuk, pahami lebih dalam mengenai fungsi rumus Max di Excel yang akan dibahas di artikel ini.

Fungsi Rumus Max di Microsoft Excel

Microsoft Excel mempunyai banyak sekali rumus yang bisa dipakai untuk mempercepat proses pengolahan data agar menampilkan hasil yang diinginkan.

Rumus-rumus yang paling sering digunakan di Microsoft Excel salah satunya adalah Max yang berasal dari kata maximum. Rumus Max ini masuk dalam kategori fungsi statistik. Rumus Max ini digunakan untuk menghitung nilai tertinggi dalam suatu rentang data.

Secara umum rumus Max digunakan untuk menghitung data dengan satu kriteria. Namun rumus Max juga bisa digunakan untuk mencari nilai tertinggi di kumpulan data kompleks yang memiliki banyak kriteria.

Nah, jika kamu ingin mencari nilai tertinggi dalam suatu kumpulan data dengan banyak kriteria, kamu harus menambahkan formula lain dalam sintaksisnya.

Kemudian, rumus Max dalam Excel juga bisa digunakan untuk menganalisa rentang data dalam kondisi khusus.

Caranya dengan memasukkan rumus Max IF dalam sel data. Rumus tersebut akan memproses evaluasi kondisi logika dari suatu data dan memberikan hasil berupa TRUE (nilai yang mendekati) atau FALSE (nilai yang sesungguhnya).  

Rumus Max ini kebanyakan digunakan dalam laporan analisis keuangan. Akan tetapi, rumus Max juga bisa dipakai untuk menghitung skor tertinggi, waktu tercepat, jumlah pengeluaran tertinggi, jumlah pendapatan tertinggi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Rumus Max di Microsoft Excel

Bagi pemula yang belum lama belajar Microsoft Excel, salah satu hal tersulitnya adalah menghafalkan rumus. Di bawah ini akan dijelaskan macam-macam rumus Max yang tersedia di Excel beserta kegunaannya.

  1. Rumus Max Umum

Sudah dijelaskan di atas bahwa rumus Max dasar umumnya dipakai untuk menghitung nilai tertinggi dalam kumpulan data dengan satu kriteria. Sintaks rumus Max dasar adalah =MAX(number1;number2;number3;…).

Dengan menggunakan rumus dasar Max di atas, kamu dapat menggunakannya untuk mencari nilai skor tertinggi pada setiap kumpulan data. Misalnya mencari nilai tertinggi di antara para siswa kelas 10, mencari pendapatan tertinggi di bulan Januari, dan sebagainya. Supaya kamu lebih mudah memahaminya, bisa melihat contoh di bawah.

  • Apabila memakai tabel data di atas sebagai sumber data dan kamu ingin mencari skor tertingginya, maka kamu bisa memasukkan rumus: =MAX(C5:C11).

  • Kemudian sistem Microsoft Excel akan menghitungnya dan menampilkan hasilnya secara instan.

 Baca juga: 5 Tips Cara Belajar Excel Secara Cepat dan Tepat 

  1. Rumus Max IF

Selanjutnya, rumus Max IF merupakan turunan dari rumus Max yang lebih kompleks. Dengan rumus Max IF ini kamu dapat mencari data nilai tertinggi dengan menambahkan kriteria tertentu. Kemudian, sistem menggunakan sistem logika TRUE dan FALSE untuk memberikan hasilnya pasa user. Berikut sintaks rumus Max IF: {=MAX(IF(criteria_range=criteria,max_range))}.

Rumus Max IF bisa membantu kamu mencari nilai tertinggi yang diikuti kondisi tertentu. Contohnya kamu ingin mencari nilai tertinggi seorang anak secara spesifik di antara kelas 10, mencari skor nilai tertinggi di kelas 10 yang dengan kategori nilai KKM 75, dan sebagainya. Di bawah ini akan diberikan contoh kasusnya agar kamu lebih mudah memahaminya.

  • Dengan menggunakan tabel data di atas sebagai sumber data, kamu ingin mencari daerah manakah yang memiliki angka penjualan tertinggi. Untuk mencarinya kamu bisa memasukkan rumus: =MAX(IF(A2:A9=D2,C2:C9)).

  • Kemudian sistem Microsoft Excel akan langsung menghitungnya dan menunjukkan hasil yang diinginkan dengan cepat.

 Baca juga: Rumus Excel untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

  1. Rumus Large IF Excel

Selain mempelajari rumus fungsi Max, kamu juga perlu mempelajari rumus Large IF di Microsoft Excel yang merupakan kombinasi antara fungsi Max dan IF. Rumus Large IF ini bisa dipakai apabila kamu ingin mencari nilai terbesar dalam sebuah urutan tertentu.

Untuk menggunakan rumus ini, kamu bisa memasukkan sintaks berikut: {=LARGE(IF(criteria_range=criteria,value),n)}. Dengan catatan, n sebagai jumlah data yang ingin dicari.

Misalnya kamu ingin mendapatkan nilai tertinggi pada tiga siswa perempuan dan nilai tertinggi pada tiga siswa laki-laki. Atau bisa juga mencari tiga anak dengan nilai tertinggi di mata pelajaran tertentu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami contoh di bawah ini.

  • Jika memakai data tabel di atas sebagai sumber data dan kamu ingin mencari tiga nilai tertinggi dalam setiap mata pelajaran. Maka, pertama-tama kamu bisa memasukkan rumus =LARGE(IF($B$2:$B$15=F$2, $C$2:$C$15), $E3) untuk mencari nilai tertinggi di pelajaran sejarah.

  • Setelahnya, kamu bisa tarik sel F3 ke bawah agar hasil lainnya langsung muncul. Gunakan cara yang sama pada kolom sastra dan sains. Tabel data yang kamu inginkan pun sudah selesai.

Itu dia penjelasan mengenai rumus fungsi Max di Excel yang wajib kamu ketahui dan bisa dipelajari. Untuk memperdalam kemampuan Microsoft Excel, tidak ada salahnya kamu mengikuti program sertifikasi.

Selain bisa meningkatkan skill, kamu juga bisa bersaing di dunia kerja yang semakin ketat. Yuk, segera daftarkan diri di program sertifikasi Microsoft Excel Associate yang ditawarkan MyEduSolve. Kamu akan mendapatkan materi tentang skill dasar Excel yang harus dikuasai. Jika kamu berhasil lulus tes, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Microsoft. Untuk info mengenai program sertifikasi lainnya silakan kunjungi website MyEduSolve.

Sumber:

MAX Function https://corporatefinanceinstitute.com/resources/excel/max-function/ (Diakses Februari 2024)

MAX IF In Excel https://www.excelmojo.com/max-if-in-excel/ (Diakses Februari 2024)

LARGE IF formula in Excel: find highest values with criteria https://www.ablebits.com/office-addins-blog/large-if-formula-excel/ (Diakses Februari 2024)


Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

Pelajari Rumus Fungsi Max di Excel Beserta Contohnya

Posted: Monday, Feb 26, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

rumus excel
rumus max
microsoft excel

294

Recommended Articles

Relevant Certifications

Excel Expert (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0

Excel Associate (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0