Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pelajari Apa Itu Rumus Count di Excel dan Kegunaannya!

Rumus fungsi COUNT masuk ke dalam kategori fungsi statistika yang diterapkan untuk menghitung banyaknya data numerik dalam barisan sel di worksheet. Simak selengkapnya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Jul 03, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pelajari Apa Itu Rumus Count di Excel dan Kegunaannya! cover

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena dinilai sangat multifungsi dan user friendly.

Segala bidang pekerjaan saat ini umum memanfaatkan Microsoft Excel untuk melakukan pendataan barang, pencatatan keuangan, administrasi, dan masih  banyak kegunaan lainnya. Selain multifungsi, Microsoft Excel juga memiliki fitur rumus fungsi yang memudahkan pekerjaan pengguna untuk merekap dan menghitung data.

Salah satu rumus fungsi yang sering dipakai adalah COUNT. Nah, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai rumus COUNT di Excel. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Rumus COUNT di Microsoft Excel?

Rumus fungsi COUNT masuk ke dalam kategori fungsi statistika yang diterapkan untuk menghitung banyaknya data numerik dalam barisan sel di worksheet.

Dengan kata lain, kamu dapat menggunakan rumus ini jika ingin mencari jumlah entri pada data yang berupa angka dalam sebuah baris atau array secara cepat.

Rumus COUNT meliputi angka, tanggal, dan waktu dalam perhitungannya. Jadi sel yang kosong atau sel yang berisi data teks tidak akan terbaca oleh fungsi ini.

Penggunaan rumus COUNT cukup luas dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Umumnya digunakan dalam menganalisis data, pembuatan laporan, hingga proses validasi pada suatu kumpulan data.

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi

Perbedaan Rumus COUNT dengan SUM

Namun, pengguna banyak yang berpikir jika rumus COUNT sama dengan rumus SUM karena sering digunakan untuk menjumlahkan data dan keduanya masuk ke dalam kategori fungsi math and trig (mathematics and trigonometri), padahal keduanya berbeda. Letak perbedaannya ada pada nilai yang dihitung.

Jika rumus fungsi COUNT menghitung banyaknya pemilik atau jumlah kemunculan data dalam suatu tabel, di sisi lain rumus fungsi SUM digunakan untuk menghitung jumlah total nilai data.

Perbedaan Rumus COUNT dengan COUNTA

Selain itu, di Excel juga tersedia rumus COUNTA. Rumus ini juga sering disalahpahami sebagai rumus COUNT padahal keduanya punya fungsi yang berbeda.

Jika rumus COUNT hanya dapat menjumlahkan data berupa nilai numerik dan mengabaikan data berisi teks, nilai logika (TRUE dan FALSE), nilai eror, data string kosong, dan data tanpa numerik lainnya.

Contoh: Di dalam sel berisi data {10, “Apple”, TRUE, 5, “”, #VALUE!}. Lalu, kamu menggunakan rumus COUNT, rumus akan mengembalikannya dengan hitungan 2, karena hanya menghitung nilai numerik (10 dan 5).

Sebaliknya, COUNTA adalah rumus untuk menghitung jumlah sel pada rentang tertentu yang tidak kosong. Nilai data yang  bisa dihitung lebih luas, termasuk teks, angka, nilai logika (TRUE dan FALSE), kode eror, bahkan data string kosong (“”).

Contoh: Mirip seperti contoh sebelumnya, pada sebuah tabel berisi data {10, “Apple”, TRUE, 5, “”, #VALUE!}. Ketika menggunakan rumus COUNTA, rumus akan mengembalikannya dengan hitungan 5, karena menghitung semua tipe data di luar sel kosong.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Perbedaan Rumus COUNT dengan COUNTIF

Rumus Excel COUNTIF adalah rumus fungsi turunan dari COUNT. Jika rumus COUNT bertujuan menghitung jumlah entri pada sekumpulan data, rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah entri data dengan kriteria tertentu sesuai yang diinginkan pengguna. Berikut rumusnya:

=COUNTIF(Range;criteria)

Keterangan:

  • Range: Deretan sel yang akan dihitung.

  • Criteria: Operasi logika, teks, dan numerik yang diuji pada deret data yang dipilih.

Dengan melihat contoh gambar di atas. Tabel menunjukkan daftar barang dan jumlah penjualan masing-masing barang. Kemudian, pengguna ingin mencari jumlah item printer yang terjual. Maka, rumus yang dimasukkan adalah =COUNTIF(A2:A9, “Printer”). Maka, hasil yang keluar angka 3.

Bagaimana Cara Menggunakan Rumus COUNT di Excel?

Kalau kamu masih di tahap pemula dalam belajar Microsoft Excel, yuk belajar cara menggunakan rumus COUNT di Excel. Caranya tidak terlalu sulit, kok, kamu bisa langsung ketik rumus di bawah ini:

COUNT(value1; [value2];...)

Keterangan:

  • Value 1: Item pertama dari sel atau range yang akan dihitung jumlah data numeriknya.

  • Value 2: Item bersifat opsional dengan jumlah maksimal 225 item sel atau range lain yang juga akan dihitung jumlah data numeriknya.

Misalnya, dalam sebuah tabel data A2:A6 berisi data {1,2,hello,#DIV/0!,3/3/2012}. Ketika memasukkan rumus =COUNT(A2:A6), maka akan keluar angka 3 karena sistem hanya menghitung sel yang memuat data numerik pada tabel.

Rumus COUNTBLANK di Microsoft Excel

Rumus COUNTBLANK juga termasuk turunan dari rumus COUNT. Rumus ini berguna untuk menghitung jumlah sel yang kosong dalam range tertentu.

Sering digunakan oleh data analyst untuk merapikan data, mengidentifikasi sel yang belum lengkap, atau menghitung jumlah sel yang belum teris dalam dataset dalam volume besar. Rumus COUNTBLANK dapat diterapkan dengan mengetik:

=COUNTBLANK(range).

Keterangan:

  • Range: Rentang sel yang ingin dihitung jumlah sel kosongnya.

Umpamanya dalam tabel A2:A499, kamu ingin mencari sel yang masih kosong, daripada membuang waktu untuk mencari satu-persatu, kamu bisa lebih menghemat waktu dengan memakai rumus =COUNTBLANK(A2:A499). Nantinya angka yang keluar adalah jumlah sel yang masih belum terisi.

 Baca juga: Pelajari Rumus Fungsi Max di Excel Beserta Contohnya

Itu dia ulasan tentang rumus COUNT di Excel yang umum dipakai oleh profesional untuk menyaring dan membersihkan data dalam jumlah besar secara praktis.

Kalau kamu juga ingin semakin mahir dalam mengoperasikan Microsoft Excel atau bahkan mengincar pekerjaan profesional di bidang pengolahan data, bisa ikuti kelas sertifikasi Microsoft Excel Associate dari MyEduSolve yang akan membantu kamu mempersiapkan diri menjadi tenaga ahli di industri. Dapatkan info menarik lainnya di MyEduSolve.

Sumber:

How to Use Excel COUNTIF Function (Examples + Video) https://trumpexcel.com/excel-countif-function/ (Diakses Juni 2024)

What Is Count in Excel and How to Use Count Function? https://www.simplilearn.com/tutorials/excel-tutorial/count-in-excel (Diakses Juni 2024)

Related Tags

Rumus Count
Microsoft Excel

73

Recommended Articles

Kenali 5 Tanda-tanda Kamu Gagal Interview Kerja cover

Posted: 2 years ago

6 Min Read

Apa Itu Portofolio dan Bagaimana Cara Membuatnya? cover

Posted: 2 years ago

8 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.