Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Cepat Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi

Rumus excel yang error seringkali membuat bingung dan menjadi hambatan saat menyelesaikan pekerjaan. Simak apa saja penyebab rumus excel tidak berfungsi dan cara mengatasinya di artikel ini!

Posted: Thursday, Jul 13, 2023

Share:

Cara Cepat Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi cover

Hampir semua perkantoran memakai program Microsoft Excel untuk mengolah data karena dianggap sangat efisien. Sayangnya terkadang program Microsoft Excel mengalami error seperti rumus Excel tidak berfungsi.

Ketika rumus Excel tidak bekerja, akan muncul kode error. Pada saat rumus Excel sedang error seperti itu tentu akan menghambat produktivitas. Namun, tenang saja solusinya sangat mudah, yaitu dengan mengikuti cara cepat mengatasi rumus Excel yang tidak berfungsi berikut ini.

Penyebab Rumus Excel Mengalami Error

Rumus Excel tidak berfungsi bisa disebabkan oleh beberapa kesalahan berikut yang kerap dilakukan oleh pengguna tanpa mereka sadari. Kira-kira apa saja?

Kesalahan Penggunaan Tanda Kurung Buka dan Kurung Tutup pada Rumus

Seperti yang sudah kamu tahu jika ingin memasukkan kolom data dalam fungsi Excel, kamu harus memasukkan kolom data tersebut ke dalam tanda kurung.

Pengguna kerap melakukan kesalahan saat memasukkan data yang membutuhkan rumus kompleks. Sebab, pengguna akan memasukkan tumpukan tanda kurung.

Bentuknya seringkali membingungkan karena akan banyak tanda kurung di dalam tandang kurung. Kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh para pengguna adalah tidak teliti saat memasangkan tanda kurung.

Program Microsoft Excel akan menampilkan warna-warna berbeda di setiap pasangan tanda kurung ketika pengguna sedang memasukkan rumus. Lalu ketika kamu tidak teliti memasangkan tanda kurung pada rumus, Microsoft Excel secara otomatis akan menunjukkan kode error.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan menempatkan tanda kurung dengan benar. Setiap memasukkan tanda kurung buka, kamu harus selalu memasangkannya dengan tanda kurung tutup pada rumus.

Baca Juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja 

1. Jumlah Data yang Akan Diolah Terlalu Banyak

Supaya rumus Excel dapat mengolah data, pengguna tentu harus memasukkan satu atau beberapa sel data.  

Kamu harus memastikan memasukkan sel data yang diperlukan pada fungsi Excel dengan jumlah yang tepat.

Microsoft Excel akan menunjukkan peringatan jika kamu memasukkan kolom data terlalu banyak, sehingga program tidak dapat mengolahnya.

2. Menumpuk Fungsi Terlalu Banyak

Pengguna sebaiknya tidak memasukkan terlalu banyak fungsi dalam satu waktu. Kebanyakan terjadi saat pengguna ingin menggunakan fungsi IF yang bentuknya bertingkat.

Pada beberapa program Microsoft Excel ada pembatasan jumlah rumus yang bisa digunakan. Program Microsoft Excel keluaran tahun 2007 ke atas dapat mengolah maksimal sampai 64 fungsi, sedangkan Microsoft Excel tahun 2007 dan versi sebelumnya hanya dapat mengolah maksimal 7 fungsi.

3. Menyertakan Angka di Dalam Tanda Kutip Ganda

Di dalam rumus Microsoft Excel, nilai yang terletak di antara tanda kutip ganda terbaca sebagai string text.

Contohnya saat pengguna sedang memasukkan rumus =IF(A1.0, “1”), program akan membaca angka 1 sebagai teks. Artinya, pengguna tidak dapat mengkalkulasikan angka tersebut.

Cara mencegahnya hanya dengan menghapus tanda kutip ganda di angka tersebut, sehingga rumus menjadi: =IF(A1.0, 1).

Dengan kata lain, bila kamu ingin menuliskan nilai numerik pada sebuah rumus, jangan menyertakan tanda kutip ganda pada suatu angka kecuali ingin memasukkannya sebagai teks.

Baca Juga: Apa Itu dan Cara Pakai Rumus IF Pada Excel

4. Memasukkan Angka Tanpa Melakukan Format

Pada waktu memakai angka dalam rumus Excel, jangan menambahkan pemisah desimal (,) atau simbol mata uang ($).

Selalu ingat jika di dalam rumus Excel, simbol koma (,) dipakai sebagai pemisah argumen atau sel data pada suatu fungsi. Lalu, simbol dolar juga digunakan sebagai referensi sel absolut.  

Jadi ketika kamu ingin memasukkan data $50.000, kamu cukup menuliskan angka 50.000 saja. Kemudian gunakan format cells (Ctrl + 1) guna melakukan format agar output-nya sesuai keinginan.

5. Tidak Mengaktifkan ‘Automatic Calculation

Saat mengolah data di program Microsoft Excel, program tersebut akan mengkalkulasikan dan menunjukkan hasil akhir yang ter-update langsung secara otomatis.

Namun pada beberapa kasus, program tidak dapat mengkalkulasikan secara otomatis dan hal ini kerap membuat bingung pengguna.

Cukup banyak pengguna terutama yang masih awam, tidak mengetahui jika program Microsoft Excel memiliki beberapa opsi kalkulasi, yaitu:

a. Automatic

Program akan mengkalkulasikan seluruh nilai dalam rumus Excel secara otomatis. Bahkan, jika ada perubahan data, nilai akhir akan berubah secara otomatis.

b. Automatic Except for Data Table

Microsoft Excel hanya melakukan update otomatis pada sel yang berubah nilainya, sedangkan sel lain yang tak berkaitan, tidak akan mengalami perubahan nilai.

c. Manual

Opsi kalkulasi ini tidak akan bekerja sebelum pengguna mengerjakannya secara manual, yakni dengan menekan F9.

Nah, biasanya rumus fungsi excel tidak berfungsi karena pengguna memilih Calculation Setting dengan mode manual.

Jadi rumus Excel bukannya tidak berfungsi, melainkan program sedang menghentikan proses kalkulasi karena pengguna belum memasukkan perintah kalkulasi dengan mode manual.

Cara mengubah Calculation Setting dari mode manual ke mode automatic bisa dengan cara berikut: klik menu tab Formulas, pilih Calculation Options, kemudian klik Automatic.

6. Terjadi ‘Circular Reference

Banyak pengguna mengalami error saat mengolah data di Microsoft Excel akibat terjadi circular reference. Pada kasus ini, error terjadi karena ada typo waktu mengetik atau copy rumus.

Jadi, formula pada sel data menerapkan referensi dari sel itu sendiri entah secara langsung atau tidak.

Misalnya jika pengguna memasukkan rumus =SUM(A1:A20) pada sel A2, maka data tersebut akan mengalami circular reference. Sebab, sel data A2 masuk ke dalam rentang sel A1:A20. Biasanya program Microsoft Excel akan memberikan kode error berikut:

Microsoft Office Excel cannot calculate a formula. Cell references in the formula refer to the formula’s result, creating a circular reference. Try one of the following:

  • If you accidentally created the circular reference, click OK. This will display the Circular Reference toolbar and help for using I to correct your formula

  • For more information about circular reference and how to work with them, click help

  • To continue leaving the formula as its, click Cancel

Kemudian untuk mengatasinya bisa dengan mencari sel yang mengalami circular reference pada rumusnya. Caranya dengan: pilih tab Formulas, lalu klik Error Checking, pilih Circular Reference, saat sistem menunjukkan sel-sel dengan rumus circular reference segera perbaiki dan program Excel akan kembali mengolah data dengan benar.

Bagaimana Cara Mengembalikan Rumus Excel yang Hilang?

Selain rumus Excel yang error, pengguna juga kerap mengalami kendala rumus Excel yang hilang.

Tapi tak usah bingung, ada cara simpel mengembalikan rumus Excel yang hilang, yaitu dengan: pilih sel yang rumusnya menghilang, lalu klik kanan, pilih menu format cells, klik tab protection, dan hilangkan simbol centang pada menu hidden.

Baca Juga: 5 Tips Cara Belajar Excel Dengan Cepat dan Tepat 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Microsoft Excel ‘Not Responding’?

Beberapa pengguna kadang kala mengalami kebingungan karena program Microsoft Excel tiba-tiba berhenti atau mengalami Not Responding.

Jika Microsoft Excel kamu mengalami Not Responding, artinya software sedang error dan tidak bisa berfungsi. Ada beberapa alasan software terjadi error. Misalnya karena mesin perangkat tidak kuat memproses software, perangkat multitasking berlebih, program belum terunduh sempurna, dan sedang ada system update.

Untuk mengatasinya kamu bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Memastikan memakai perangkat dengan spek yang memadai.

2. Hentikan paksa software lewat Task Manager dengan klik End Task.

3. Re-Start perangkat.

4. Hentikan aplikasi AntiVirus.

5. Membuka Microsoft Excel dengan Safe Mode, yaitu dengan menekan Windows + R, lalu panel Run akan muncul, masukkan kode “excel /safe”, lalu klik enter.

6. Menonaktifkan Add-Ins di Microsoft Excel dengan memilih tab File, lalu pilih Option, nanti akan muncul menu Excel Option, pilih Add-Ins, klik bagian Manage, klik COM Add-Ins, klik Go. Kamu tinggal hilangkan centang di semua Add-Ins lalu klik OK.

Saat ini kebanyakan perkantoran memakai software Microsoft Excel sehingga penting buatmu untuk memahami dan menguasainya. Yuk, tingkatkan keterampilan Microsoft Excel-mu dengan mengikuti kursus Microsoft Excel yang sudah bersertifikasi resmi hanya di platform MyEduSolve!


Sumber:

Support Microsoft 

ablebits.com

Related Tags

rumus excel
microsoft excel
rumus excel error

14,333

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.