Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

Microsoft Excel merupakan salah satu software yang sering dipakai oleh perusahaan dalam menyusun serta menganalisis data. Oleh karena itu, kamu harus belajar Excel secara mendasar. Ketahui cara belajar Excel untuk pemula melalui artikel ini!

Posted: Saturday, Dec 04, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Saturday, Dec 04, 2021

Share:

Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula cover

Sebagian besar orang dapat mengoperasikan Microsoft Excel untuk kegiatan sehari-harinya, tapi untuk bisa terjun ke dunia kerja, kamu perlu belajar Microsoft Excel secara menyeluruh dan tidak hanya sekedar bisa membuat tabel atau memasukkan angka saja.

Nah, kalau kamu sedang ingin belajar Excel secara mendasar, seperti belajar rumus-rumus Excel yang biasa digunakan, maka kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan menjadi panduan belajar Excel untuk para pemula!

Mengenal Microsoft Excel

Sebenarnya Microsoft Excel tidak hanya sekedar software untuk merapikan dan mengatur data, tapi juga merupakan salah satu alat bantu yang kerap kali dipakai oleh perusahaan untuk menghitung dan menganalisis data-data yang dimiliki.

Selain itu, Microsoft Excel juga sering digunakan sebagai database perusahaan, data-data ini bisa berupa angka ataupun kata. Software yang dibuat oleh Microsoft ini tak hanya dipakai dalam bidang bisnis dan keuangan saja, tapi juga di bagian human resource, marketing, dan teknologi.

Biasanya, Microsoft Excel digunakan untuk mengatur data-data keuangan, informasi karyawan, informasi pribadi dan nomor kontak, serta untuk mengalkulasi data.

Oleh karena itu, kamu setidaknya perlu belajar Excel secara mendasar agar dapat mengikuti alur kerja dalam perusahaan.

Baca juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

Belajar Fitur-Fitur Microsoft Excel untuk Pemula

Belajar Excel dasar untuk pemula

Sumber: FatehMuhammadRaja di Pixabay

Untuk bisa menggunakan Microsoft Excel secara maksimal, kamu perlu memahami cara memakai fitur-fitur software ini. Berikut adalah beberapa fitur-fitur dasar dari Microsoft Excel yang perlu kamu pelajari:

Membuat Workbook dan Spreadsheet

Masih ada beberapa orang yang bingung dengan perbedaan antara Workbook dan Spreadsheet. Secara sederhana, Workbook adalah file Excel yang kamu buka, sementara Spreadsheet adalah dokumen-dokumen yang berada dalam satu file.

Untuk membuat Workbook baru, kamu tinggal menekan tombol File yang berada di bagian atas Excel dan dilanjutkan dengan mengklik tombol New lalu Blank Workbook.

Kalau kamu ingin menambah Spreadsheet baru, cukup tekan tombol '+' yang terletak di bagian bawah Excel, tepatnya di daerah Spreadsheet. Setelahnya, kamu bisa menyusun Spreadsheet dengan menekan dan menggesernya ke kiri atau kanan.

Memasukkan Data

Belajar memasukkan angka atau kata dalam Excel sangatlah mudah, kamu tinggal mengklik sel atau kotak yang kosong pada Spreadsheet. Setelahnya kamu bisa mengetik angka atau kata yang diinginkan. Kalau kamu ingin berpindah sel, tinggal tekan tombol enter atau tab yang ada di keyboard.

Mengatur Tabel

Di Microsoft Excel, kamu bisa mengatur tipe border dan warna dalam tabel. Ada banyak jenis border yang bisa kamu pilih hanya dengan mengklik tombol Borders yang berbentuk kotak seperti sawah yang terletak di bagian Font pada bagian atas Excel.

Jika kamu ingin memberikan warna pada tabel, cukup pilih sel, kolom, atau baris dari tabel yang ingin diberi warna sebelum mengklik tombol Fill Color yang memiliki simbol seperti kaleng cat di bagian atas Excel pada daerah Font. Setelahnya, kamu tinggal memilih warna yang kamu inginkan.

Baca juga: Apa Saja Sertifikasi Microsoft yang Berskala Internasional?

Menyusun Data

Supaya data bisa terlihat lebih rapi, kamu dapat belajar cara menyusun data-data dalam Excel berdasarkan abjad atau dari angka yang paling kecil ke paling besar dan sebaliknya.

Untuk meyusunnya, kamu tinggal memilih baris atau kolom yang ingin diatur datanya, kemudian klik tombol Sort & Filter yang ada pada bagian atas Excel di daerah Data. Nantinya kamu bisa memilih untuk menyusun data dari angka terbesar atau terkecil.

Menyaring Data

Selain menyusun data, kamu juga bisa menggunakan tombol Sort & Filter untuk menyaring atau mencari data-data yang diinginkan. Cukup pilih kolom atau baris yang ingin disortir, lalu tekan tombol Sort & Filter, kemudian klik Filter. Setelahnya, kamu bisa menyaring data sesuai kriteria yang diinginkan.

Menerapkan Penjumlahan yang Otomatis

Kalau kamu belum belajar rumus Excel untuk menjumlahkan angka, kamu bisa menambah angka-angka tersebut secara otomatis dengan memilih kolom atau baris yang ingin dijumlahkan kemudian menekan tombol Auto Sum yang berlokasi di bagian atas Excel pada daerah Editing.

Belajar Rumus-Rumus Excel yang Dasar

Untungnya, kamu tidak memerlukan pengetahuan berhitung yang tinggi untuk bisa belajar rumus-rumus Excel yang mendasar di dunia kerja. Sebenarnya belajar rumus Excel tidak sulit, kamu hanya perlu mengingat dan mengetik formulanya saja.

Berikut adalah beberapa rumus Excel yang biasanya digunakan dalam mengalkulasi data:

  • =SUM() Kamu bisa menggunakan rumus Excel ini untuk menjumlahkan angka di satu kolom atau baris

Belajar rumus Excel penjumlahan

  • =COUNT() Berbeda dengan rumus =SUM(), formula =COUNT() dipakai saat kamu ingin mengetahui berapa jumlah sel yang berisi angka di dalamnya pada satu baris atau kolom.
  • Belajar rumus Excel count


  • =COUNTA() Kalau =COUNT() hanya memberitahukan jumlah sel yang terisi angka dalam satu kolom atau baris, maka formula =COUNTA() menginformasikan seluruh jumlah sel yang terisi dalam satu kolom atau baris. Jadi, sel yang berisi huruf ataupun simbol lainnya juga akan terhitung dengan rumus Excel ini.

Belajar rumus Excel counta

=AVERAGE() Rumus Excel ini dipakai saat kamu ingin mencari angka rata-rata dari satu kolom atau baris

Belajar rumus Excel rata-rata

=MAX() Saat kamu ingin mencari angka paling besar pada sebuah kolom atau baris, kamu bisa menggunakan formula =MAX().

Belajar rumus Excel max

  • =MIN() Sebaliknya, kalau kamu ingin mengidentifikasi angka paling kecil di sebuah kolom atau baris, kamu dapat memakai rumus =MIN().

Belajar rumus Excel min

  • =IF() Kamu bisa menggunakan rumus IF() untuk mencari tahu kolom atau baris mana yang angkanya sudah sesuai dengan kriteria atau persyaratan yang kamu buat. Misalnya, kalau sel A1 lebih kecil dari sel B2, maka tulisan "BENAR" akan muncul, tapi kalau tidak, maka kata "SALAH" yang akan muncul.

Belajar rumus Excel identifikasi data

  • TRIM() Adanya spasi berlebih dalam sel dapat membuat perhitunganmu menjadi error. Untuk mengakalinya, kamu bisa memakai formula TRIM() pada sel untuk menghilangkan spasi berlebih.

Belajar rumus Excel hilangkan spasi

Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

Cara Belajar Excel untuk Pemula

Tidak perlu pusing melihat semua rumus dan istilah-istilah rumit dalam Excel, kamu bisa belajar Excel yang ramah untuk pemula dengan mengikuti kelas online Learn Microsoft Excel From Scratch: Basic Excel bersama Jeddika Ciangga.

Kelas online ini akan berisi materi online tentang dasar-dasar Microsoft Excel. Selain itu, kamu juga akan diberikan sertifikat setelah mengikuti kelas tersebut.

Tunggu apalagi?

Ayo belajar Excel untuk pemula di MyEduSolveX!

Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Referensi:

Corporate Finance Institute. A "Dummies" Guide to Excel for Beginners. Diakses pada 11 November 2021.

Corporate Finance Institute. Basic Excel Formulas. Diakses pada 11 November 2021.

Microsoft. (n.d). Basic tasks in Excel. Diakses pada 11 November 2021.

Langmann, K. (n.d). How to Use Excel: A Beginner's Guide To Getting Started. Spreedsheetto. Diakses pada 11 November 2021.

Article Tag:

belajar excel pemula,belajar excel dasar,belajar rumus excel,belajar Excel untuk pemula

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

Posted: Saturday, Dec 04, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

belajar excel pemula,belajar excel dasar,belajar rumus excel,belajar Excel untuk pemula

Category:

Pengembangan Skill

Share:

8,313

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.