Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ketahui Apa Saja Fitur di Microsoft Excel Beserta Fungsinya

Microsoft Excel menyediakan berbagai macam fitur untuk membantu pengguna melakukan operasi pengolahan data dan angka. Simak apa saja fitur dari Microsoft Excel beserta fungsinya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Apr 16, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Ketahui Apa Saja Fitur di Microsoft Excel Beserta Fungsinya cover

Microsoft Excel umum digunakan untuk pengolahan data numerik. Misalnya seperti laporan keuangan, data statistik, catatan jual-beli, dan masih banyak lagi. Lembar kerja yang tersedia di Microsoft Excel memuat sel dan kolom dalam jumlah yang sangat banyak.

Jadi, pengguna bisa membuat tabel data hingga berjumlah ratusan hingga ribuan. Supaya kamu bisa lebih paham cara kerja Microsoft Excel, artikel ini akan membahas fitur Microsoft Excel dan fungsinya. Yuk, simak artikel ini baik-baik!

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah software pengolah data yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. Dengan dukungan berbagai fitur canggih, Microsoft Excel hadir untuk memudahkan pekerjaan mengolah data, mengisi data, menghitung data, dan visualisasi data.

Namun, agar sistem Microsoft Excel dapat pekerja secara otomatis, pengguna harus memasukkan rumus dan fungsi yang sudah disediakan. Masing-masing rumus tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda dan pengguna dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

Ada beberapa alasan mengapa banyak perusahaan memilih Microsoft Excel sebagai software pengolah data perusahaan, yaitu:

  1. Bisa memuat banyak data karena jumlah sel di dalam spreadsheet tak terbatas.

  2. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memulihkan data.

  3. Proses pengolahan data sangat cepat karena dibantu rumus dan formula dari sistem Excel, sehingga hemat waktu dan efisien.

  4. Keamanan data terjamin.

  5. Dinilai lebih praktis karena satu spreadsheet dapat memuat lebih dari satu worksheet.

  6. Data yang ditampilkan mudah terbaca sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan analisa.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Fitur-Fitur di Microsoft Excel

Banyak perusahaan menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data karena pemakaiannya mudah dan dilengkapi macam-macam fitur serbaguna. Di bawah ini akan dijelaskan deretan fitur canggih yang ditawarkan Microsoft Excel. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Quick Access Toolbar

Quick access toolbar adalah fitur dari Excel yang berisi kumpulan shortcut untuk memberikan perintah. Contohnya untuk menyimpan dokumen, membatalkan perintah, menambah sel, mengurangi sel, dan masih banyak lainnya.

  1. Ribbon

Ribbon merupakan deretan tab yang telah ditata yang dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu tab home, insert, formulas, page layout, data, dan review. Lalu, setiap tab berisikan sejumlah sub-menu yang bisa memberikan perintah dan mengatur format dokumen.

  1. Title Bar

Title Bar terletak di kolom paling atas pada dokumen. Berfungsi untuk menunjukkan judul dokumen yang sedang dibuka.

  1. Name Box

Fitur name box terletak di bawah ribbon, fungsinya untuk menunjukkan lokasi dan nama sel yang sedang di-klik.

  1. Cell

Cell atau sel adalah sebuah fitur berbentuk persegi panjang yang berfungsi untuk memasukkan data primer ke dalam spreadsheet agar kemudian bisa diolah.

  1. Row

Row atau umum dikenal baris adalah kumpulan sel yang dibaca secara horizontal dari kiri ke kanan. Jumlah row yang tersedia di lembar kerja Excel sangatlah banyak. Untuk memudahkan pengguna, setiap row diberi penomoran yang bisa dilihat di bagian paling kiri spreadsheet.

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi

  1. Column

Sementara itu, column (kolom) merupakan deretan sel yang dibaca secara vertikal dari atas ke bawah. Sama dengan row, jumlah column juga sangat banyak. Maka, fitur column diberi kode huruf yang bisa dilihat di bagian atas spreadsheet untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasinya.

  1. Formula Bar

Formula bar termasuk fitur utama dalam Microsoft Excel yang berfungsi untuk memasukkan perintah dalam bentuk rumus dan formula.

  1. Scroll Between Worksheet

Tampilan spreadsheet sangat besar dengan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak, sehingga tidak memungkinkan pengguna melihat keseluruhan worksheet sekaligus.

Pengguna memerlukan bantuan fitur scroll between worksheet yang berfungsi menggeser worksheet, sehingga pengguna dapat membaca data-data di lembar kerja secara keseluruhan.

  1. Click to Add a New Worksheet

Untuk menambahkan worksheet baru, pengguna juga dapat menggunakan fitur click to add a new worksheet yang berada di bagian kiri bawah.

  1. Normal View

Normal view adalah fitur untuk menampilkan mode standar yang akan menunjukkan jumlah baris dan kolom yang jumlahnya tidak terbatas.

  1. Page Layout View

Selain normal view, Microsoft Excel juga memiliki fitur page layout view yang bisa membagi worksheet menjadi halaman sehingga mudah dibaca.

  1. Page Break View

Fitur page break view berfungsi untuk memberi pemisah antar halaman. Biasanya fitur ini digunakan jika pengguna ingin mencetak worksheet.

  1. Scroll Bar

Scroll bar adalah fitur untuk menggeser tampilan di lembar kerja baik dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri.

  1. Pivot Table

Pivot table merupakan fitur unggulan Microsoft Excel. Fungsinya untuk mengorganisir data dan memindahkannya ke dalam bentuk tabel supaya pengguna bisa lebih baik dalam memahami dan membaca data.

  1. Chart

Sangat penting untuk membuat visualisasi data dari data numerik agar dapat meningkatkan pemahaman dan keterbacaan data. Maka dari itu, Excel menyediakan fitur chart agar pengguna bisa membuat visualisasi data sesuai kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis tampilan grafik atau diagram yang disediakan Microsoft Excel. Mulai dari diagram batang (bar chart), diagram garis (linek chart), diagram lingkaran (pie chart), hingga scatter plot.

  1. Protect

Untuk mengatasi plagiasi, pencurian, dan manipulasi data, pengguna dapat memproteksi dokumen dengan fitur protect. Jadi pengguna dapat mengunci dokumen dan membatasi akses ke dokumen dengan memasang kata sandi.

Baca juga: Rumus Excel untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

Itu dia ulasan mengenai definisi serta fitur-fitur Microsoft Excel dan fungsinya. Kamu dapat memperdalam skill Microsoft Excel dengan mengikuti sertifikasi Microsoft Excel Associate dari MyEduSolve. Kamu juga bisa melihat program sertifikasi lainnya di MyEduSolve.

Sumber:

An Introduction to MS Excel https://byjus.com/govt-exams/ms-excel-basics/ (Diakses April 2024)

Related Tags

Fitur Microsoft Excel
Microsoft Excel

1,415

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.