Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pahami Apa Itu Mental Block yang Menghambat Produktivitas, dan Cara Menanganinya

Ketahui penyebab mental block yang menghambat produktivitas dan temukan solusi efektif untuk mengatasinya. Cari tahu selengkapnya di blog MyEduSolve berikut ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pahami Apa Itu Mental Block yang Menghambat Produktivitas, dan Cara Menanganinya cover

Orang yang bekerja di industri kreatif dituntut untuk selalu produktif dan dapat menghasilkan ide-ide baru. Akan tetapi, tak jarang para pekerja kreatif ini mengalami momen demotivasi yang menyebabkan kesulitan berpikir dan berkonsentrasi sehingga proses kreatif dan produktivitas mereka pun jadi terhambat.

Kondisi tersebut umumnya disebut dengan mental block. Yuk, cari tahu lebih jauh mengenai mental block mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan cara mengatasinya yang akan dijelaskan secara rinci dalam artikel ini. Simak sampai akhir, ya!

Pengertian Mental Block

Mental block merupakan sebuah kondisi psikologis yang membuat seseorang kehilangan fokus dalam bekerja dan berfikir. Jika momen ini terus dibiarkan, dapat mengakibatkan kurangnya produktivitas, malas, hingga membuat pelakunya semakin susah mencapai kesuksesan.

Ketika seseorang terkena kondisi mental block, biasanya orang tersebut tidak mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan benar. Bahkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan sederhana saja bisa memakan waktu yang cukup lama akibat sulit berkonsentrasi.

Penyebab umum orang-orang bisa terkena mental block adalah terjebak pada proses berfikir. Mereka sering merasa terlalu cemas, takut, dan kewalahan terhadap sebuah proyek yang sedang dikerjakan. Perasaan-perasaan tersebut menyebabkan kurangnya antusiasme dalam bekerja, sehingga terjadilah mental block.

Baca juga: Mental Block Adalah: Definisi, Contoh, dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Terkena Mental Block

Mungkin tanpa disadari kamu pernah mengalami kondisi mental block. Memangnya apa saja ciri-ciri mental block? Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Jadi Kurang Berenergi dan Mudah Lelah

Ciri yang paling sering muncul saat terkena mental block adalah jadi kurang berenergi dan mudah lelah. Setiap melakukan suatu aktivitas, kamu akan merasa letih dan ingin sering beristirahat. Hal ini tak jarang menyebabkan menurunnya produktivitas.

  1. Semakin Emosional

Kondisi mental block berkaitan erat dengan kondisi psikologis yang kurang baik, sehingga penderitanya jadi semakin emosional. Jadi, jika kamu mulai merasa semakin sensitif, mudah tersinggung, mudah ‘baper’, tegang, dan kurang produktif, bisa jadi kamu sedang mengalami mental block.

  1. Tidak Bisa Berpikir

Tanda-tanda lainnya yang dialami orang dengan mental block adalah kesulitan berpikir dan mudah terdistraksi. Mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan suatu proyek sederhana dan tidak jarang menunda-nunda pekerjaan.

  1. Kurang Percaya Diri

Ciri-ciri mental block juga ditunjukkan dari berkurangnya kepercayaan diri secara drastis dan meragukan kemampuan diri. Misalnya, kamu sering merasa khawatir, tidak yakin, dan merasa tidak mampu menyelesaikan suatu pekerjaan.

Meski kadang-kadang momen ini bisa menjadi wajar apalagi jika kamu sedang proses beradaptasi di lingkungan kerja baru, tapi jika kondisi ini terjadi secara berulang-ulang hingga membentuk pola, bisa jadi kamu mengalami mental block.

Baca juga: Emotional Numbness: Apa Itu, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mental Block

Setelah mengetahui ciri-ciri terkena mental block, kamu juga harus tahu penyebabnya supaya kamu jadi lebih aware dan bisa mengantisipasinya dengan baik. Beberapa penyebab mental block di antaranya:

  1. Kelelahan secara Mental

Tidak hanya fisik yang bisa lelah, tapi mental pun juga bisa lelah. Pemicu dari kelelahan mental ini bisa bermacam-macam. Mulai dari beban pekerjaan yang terlalu banyak, memiliki masalah personal, kurang hiburan, dan kurang waktu istirahat.

  1. Kurang Asupan Makanan Bergizi

Terlalu sering makan makanan tidak sehat juga dapat menyebabkan mental block. Nutrisi dan vitamin yang terdapat di makanan bisa memperbaiki kondisi mental. Orang yang kekurangan vitamin D dan vitamin B12 cenderung memiliki kondisi mental yang menurun.

  1. Mengonsumsi Obat

Kondisi mental block juga bisa dipengaruhi oleh kandungan dalam obat yang diminum. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Universitas Harvard di tahun 2014, konsumsi obat penurun tekanan darah dan anti-alergi dapat memberikan efek samping seperti penurunan kemampuan kognitif dan kesehatan mental.

  1. Pesimis

Tahukah kamu jika perasaan pesimis merupakan emosi negatif yang sebaiknya dihindari? Sebab, perasaan pesimis dapat menjadi cikal bakal mental block. Berakar dari perasaan pesimis ini, kamu jadi meragukan potensi, mempersempit peluang, dan kurangnya motivasi.

  1. Perfeksionis

Meskipun sifat perfeksionis tidak sepenuhnya buruk, tapi jika tidak berhati-hati sifat ini dapat menyebabkan mental block. Perfeksionis dapat memicu keraguan pada diri sendiri, proses berpikir yang terlalu rumit, dan menyalahkan diri sendiri sehingga terjadi mental block.

Baca juga: Layoff: Definisi, Penyebab, dan Cara Menyikapinya

Cara Mengatasi Mental Block

Apabila kamu sudah mulai merasakan tanda-tanda terkena mental block, sebaiknya segera ditangani agar kamu tidak terjebak dalam mental block yang berimbas pada masa depanmu. Berikut ini tips-tips menangani mental block.

  1. Membuat To-Do-List Pekerjaan

Tips pertama yang cukup efektif untuk menghalau mental block adalah dengan memecah dan membagi pekerjaan besar, kemudian mencatatnya di to-do-list.

Orang-orang dengan kesibukan tinggi dan punya banyak pekerjaan akan cenderung lebih mudah melacak progres pekerjaannya dengan memecah pekerjaan dan menulisnya dalam bentuk daftar atau to-do-list.

  1. Membangun Suasana Baru

Salah satu penyebab mental block adalah kurangnya istirahat dan hiburan, sehingga kamu akan merasa cepat bosan dan suntuk saat bekerja. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa membangun suasana baru agar motivasimu kembali terpacu.

Caranya bisa dengan membersihkan meja kerja, mengatur dan menata ulang posisi meja kerja, hingga sesekali bekerja di luar ruangan.

  1. Beristirahat Sejenak

Apabila kedua cara sebelumnya masih belum berhasil, mungkin yang kamu butuhkan adalah istirahat dan liburan. Kamu bisa ambil cuti satu hari gunakan khusus untuk short escape tanpa diganggu oleh deadline pekerjaan.

Biasanya setelah meluangkan waktu khusus untuk istirahat dan liburan, energimu dan semangat bekerja akan kembali lagi.

Itu dia pemaparan lengkap mengenai mental block yang perlu kamu ketahui. Kondisi mental block ini sudah menjadi kondisi psikologis yang umum terjadi di lingkungan kerja. Kalau kamu sedang mengalami mental block tapi masih kesulitan dalam menanganinya, kamu bisa berkonsultasi pada ahli melalui fitur #TalkToDIAN tanpa biaya sepeserpun. Yuk, cobain!

Sumber:

Mental Block: Definisi, Penyebab, Cara Mengatasinya https://glints.com/id/lowongan/mental-block/ (Diakses Februari 2024)

Tips on How to Overcome Mental Blocks https://www.wrike.com/blog/how-overcome-mental-blocks/ (Diakses Februari 2024)

Is your medication affecting your thinking skills? https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/is-your-medication-affecting-your-thinking-skills (Diakses Februari 2024)



Related Tags

DIAN
Mental block

226

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.