Mufidah Muthmainah: Betah Jadi Career Mentor di Studi Independen MyEduSolve!

Seperti apa sih tugas seorang Career Mentor di Studi Independen MyEduSolve? Apa yang membuat mentor satu ini betah sampai lanjut menjadi mentor hingga dua batch program?

Posted: Tuesday, May 24, 2022

Updated: Friday, May 27, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Tuesday, May 24, 2022

Share:

Mufidah Muthmainah: Betah Jadi Career Mentor di Studi Independen MyEduSolve! cover

Program Studi Independen MyEduSolve tidak hanya terdiri dari kegiatan pembelajaran hard skills, tetapi juga soft skills dan persiapan karier. Dalam mempersiapkan peserta untuk meraih karier impiannya, terdapat beberapa Career Mentor yang sangat berperan dalam mendampingi perjalanan pembelajaran mereka.

Hal-hal yang berkaitan dengan persiapan karier mulai dari CV, job interview, hingga goal setting termasuk ke dalam materi pembelajaran bersama Career Mentor. Salah satu Career Mentor yang telah berkontribusi di Studi Independen MyEduSolve adalah Muthmainah Mufidah. 

Mentor yang kerap disapa kak Fida ini ternyata sudah menjadi Career Mentor sejak Studi Independen batch I di tahun 2021 lalu. Apa yang membuat kak Fida memutuskan untuk melanjutkan perannya ini sampai ke batch II?

Mari kita simak cerita kak Fida berikut ini!

Studi Independen: Jawaban Bagi Banyak Orang?


Fida memiliki background pendidikan di bidang psikologi klinis. Selain menjadi Career Mentor, beliau juga membuka praktik konseling seperti para Psikolog lainnya.

Awalnya, Fida mengetahui program Studi Independen MyEduSolve dari rekannya semasa kuliah, Hidayati, yang juga merupakan seorang Career Consultant di MyEduSolve. Karena pada saat itu MyEduSolve sedang mencari sejumlah Career Mentor, Fida merasa tertarik untuk menjadi bagian dari program ini.

Yang membuat aku tertarik itu menurutku programnya menarik ya, soalnya career mentoring di Indonesia sepertinya belum banyak. Aku ngerasain juga banyak orang-orang di sekitarku yang punya kesulitan soal persiapan karier, jadi ketika ada program ini, aku rasa ini jawaban dari kesulitan mereka.

Fida juga menyebutkan bahwa selain dari cerita klien-kliennya, ia juga pernah merasakan sendiri bingungnya memutuskan jalur karier pada saat kuliah dahulu. Jadi, ia merasa bahwa pendampingan karier ini merupakan hal yang dibutuhkan oleh para mahasiswa terutama calon fresh graduate.

Baca Juga: Sempat Gagal, Gina Berhasil Raih Juara 3 ACA World Championship 2021

Dari segi program Studi Independen MyEduSolve, Fida merasa program ini sudah cukup baik, terutama dengan adanya sertifikasi internasional yang menunjang kompetensi peserta di bidang pilihan mereka masing-masing.

Dari segi programnya sendiri aku sangat appreciate, sertifikasi juga bisa jadi nilai jual mereka yang sangat baik. Di Career Mentoring juga so far tanggapan dari mereka (peserta) juga baik. 

Tentang Tantangan dan Perjalanan Mereka

Fida menyebutkan bahwa ia bisa dibilang 'betah' menjalani perannya sebagai Career Mentor di Studi Independen MyEduSolve, bahkan sampai berlanjut di batch kedua. Selama dua batch ini, ia telah melihat bagaimana setiap peserta menghadapi tantangan mereka masing-masing, serta progres yang mereka berhasil capai selama program.

Salah satu tantangan yang tidak bisa dihindari adalah kendala teknis. Pelaksanaan kelas yang masih harus diadakan secara online membuat peserta terkadang mengalami kendala jaringan. Ditambah lagi dengan jadwal kegiatan peserta yang cukup padat. Sebagai Career Mentor, Fida berusaha hadir untuk membantu peserta menghadapi tantangan yang mereka hadapi.

Ternyata jaringan cukup menggangu dan time management menjadi hal yang perlu diasah lagi sama para mentee. Kalo dari sisi kepadatan materi, peserta kelihatannya tidak terlalu kesulitan, justru aku senang mereka bisa dikatakan cukup aktif ya.
Aku berusaha kasih tips tentang mengatur skala prioritas dan pentingnya komunikasi. Apa yang aku lakukan sebenarnya lebih banyak sharing pengalamanku dan orang-orang di sekitarku, tapi aku juga berusaha walk the talk.

Momen terbaik yang dirasakan Fida adalah ketika para mentee-nya merasa bahwa materi yang ia bagikan bisa dipahami dengan baik, apalagi bisa mereka praktikkan di kehidupan sehari hari.

Baca Juga: Dari HR Jadi Creative Lead, Ini Cerita Hobby Putra Ikuti Pelatihan Adobe di MyEduSolve

Bahkan ketika program batch pertama sudah selesai, Fida menceritakan bahwa para mentee-nya masih kerap memberi kabar kepadanya, seperti saat berhasil mendapatkan kesempatan magang. Momen-momen seperti inilah yang Fida sangat syukuri; ia merasa bisa bermanfaat bagi para peserta.

Ketika Mentee Menemukan 'Meaning' Mereka Sendiri

Ketika ditanya bagaimana definisi mentor yang baik menurutnya, Fida mengungkapkan bahwa mentor yang baik adalah mentor yang bisa memberikan contoh. Hal ini pula yang berusaha ia tunjukkan kepada para peserta.

Sebagai mentor, Fida lebih memilih untuk membimbing mereka untuk identifikasi metode yang terbaik untuk diri mereka sendiri, bukan 'menyuapi' dengan cara langsung memberikan jawaban.

Career Mentoring kan kebanyakan bahas soft skill ya. Kalau dijelasin doang kan kurang nangkep, jadi aku sebagai mentor berusaha gimana caranya supaya mereka bisa paham dengan cara pandang mereka sendiri and find  what works for them. 

Meskipun begitu, sebagai manusia, Fida tetap takut akan satu hal. Ia khawatir membuat kesalahan apalagi jika membuat para mentee-nya secara tidak sengaja mengulangi kesalahan tersebut.

Namun, di sisi lain, Fida juga tetap merasa bersyukur karena ia bisa belajar banyak hal dari peserta Studi Independen MyEduSolve ini. Sebagai Career Mentor, Fida tidak merasa paling benar. Ia tetap meminta maaf jika membuat salah dan untungnya, para mentee juga bisa mengerti bahwa mentor also makes mistakes.

Yang bikin pekerjaan ini jadi meaningful itu justru ketika mereka (mentee) bisa menemukan meaning untuk diri mereka sendiri. Mereka bisa menemukan sesuatu dalam proses perjalanan mereka masing-masing, mulai dari magang, ujian sertifikasi, dan lain-lain. Jadi what matters itu adalah journey mereka, ketika mereka bisa menemukan bahwa 'oh, this one works for me, this one does not' and that's enough for me.

Baca Juga: Jadi Pendidik Inovatif dengan Sertifikasi Resmi Microsoft Certified Educator

Melalui program Studi Independen MyEduSolve, kami--penyelenggara, Career Mentors, Pathway Mentors, dan semua pihak yang terlibat--tentunya berkomitmen untuk mencapai tujuan kami bersama; memberdayakan talenta muda Indonesia melalui peningkatan kompetensi dan kapasitas diri mereka. Jika kamu merupakan mahasiswa Indonesia, kamu bisa juga lho bergabung di program Studi Independen MyEduSolve batch III dan mulai perjalananmu melalui program sertifikasi, pendampingan karier, dan aktivitas pembelajaran lainnya di MyEduSolve!

Nantikan informasi selengkapnya di akun media sosial MyEduSolve, ya!

Article Tag:

studi independen,studi independen batch II,studi independen myedusolve,cara daftar studi independen

Category:

Inspirasi

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Mufidah Muthmainah: Betah Jadi Career Mentor di Studi Independen MyEduSolve!

Posted: Tuesday, May 24, 2022

Updated: Friday, May 27, 2022

Article Tag:

studi independen,studi independen batch II,studi independen myedusolve,cara daftar studi independen

Category:

Inspirasi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.