Mengenal Kompetensi Profesional dalam Dunia Kerja

Kompetensi profesional adalah kemampuan yang harus dimiliki agar tugas-tugas dapat diselesaikan dengan optimal. Apa saja indikator dari kompetensi profesional?

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Share:

Mengenal Kompetensi Profesional dalam Dunia Kerja cover

Setiap individu pasti akan memasuki dunia kerja ketika sudah siap dengan beberapa kemampuan yang dimiliki. Namun sebenarnya tidak hanya harus memiliki kemampuan tertentu saja. Kamu juga harus memiliki kompetensi profesional. Kompetensi profesional adalah kemampuan yang harus dimiliki agar tugas-tugas dapat diselesaikan dengan optimal.


Ada penjelasan lebih detail mengenai kompetensi profesional yang sebaiknya kamu ketahui sebelum memasuki dunia kerja. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama MyEduSolve.


Pengertian Kompetensi Profesional


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kompetensi profesional adalah kemampuan yang harus dimiliki agar tugas-tugas dapat diselesaikan dengan optimal. Setiap profesi atau jabatan sudah pasti memiliki tugas masing-masing. Untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan, tentu saja harus ada kemampuan tertentu. Itulah yang harus dimiliki oleh kamu ketika ingin masuk ke dunia kerja. Hal ini dijelaskan secara lengkap dari sisi kompetensi profesional.


Keterampilan atau kemampuan yang dimiliki sudah pasti bersifat teknis. Hal ini langsung berkaitan dengan kinerja kamu ketika sudah mulai bekerja. Jadi, jangan sampai melupakan kompetensi profesional ini di dalam diri kamu.

Indikator Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional yang dimiliki memiliki fungsi penting. Di dalamnya juga terdapat indikator yang dapat dijadikan materi penting dalam memiliki kompetensi profesional. Apa saja indikatornya?

1. Menguasai Pekerjaan

Pekerjaan yang diberikan kepada kamu harus dapat dipahami secara mendalam. Dimulai dari konsep hingga pola pikir dalam menyelesaikannya. Memang ini bukanlah hal yang mudah. Kamu tidak akan langsung menguasai pekerjaan yang diberikan. Namun bukan berarti kamu harus berhenti belajar. Sebaliknya, kamu harus mau terus belajar agar dapat menguasai pekerjaan tersebut.


Baca Juga: Tantangan Literasi Digital di Tahun 2022

2. Memahami Tujuan Pekerjaan

Apakah kamu bekerja di sebuah perusahaan atau mendirikan usaha sendiri, intinya sama saja. Kamu harus memahami tujuan pekerjaan yang dilakukan. Tujuan ini harus dipahami agar kamu memiliki semangat dan arah dalam bekerja. Jika tidak memahami tujuan pekerjaan, alih-alih termotivasi untuk bekerja, kamu malah tidak mengerti mengapa harus melakukan pekerjaan tersebut. 

3. Mengembangkan Diri

Kompetensi profesional tidak hanya berbicara tentang hari ini saja, tetapi juga masa depan. Kamu harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan diri. Setiap orang pasti ingin berkembang, bukan? Kamu sendiri juga harus mengenal diri sendiri mengenai apa yang harus dikembangkan. Kekurangan yang dimiliki namun dapat mendukung pekerjaan sebaiknya segera dikembangkan.

4. Evaluasi Diri

Saat kamu melihat diri kamu pada saat ini dan segala bentuk pekerjaan yang sudah dilakukan, kira-kira apakah sudah berada di jalur yang benar atau tidak. Pertanyaan tersebut memang hanya bisa dijawab oleh diri kamu sendiri. Evaluasi diri kamu agar bisa lebih berkembang lagi. 

5. Memanfaatkan Teknologi dan Keterbukaan Informasi

Pada akhirnya, kamu harus memanfaatkan teknologi dan keterbukaan informasi yang semuanya ada di internet. Tentunya untuk mengembangkan diri dan belajar hal-hal baru untuk membuat diri kamu semakin berkembang sehingga dapat meningkatkan karier pada waktu mendatang.


Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Itu Programmer dan Beragam Kompetensi yang Dibutuhkan


Untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri, baik dari segi hard skill dan soft skill, kamu bisa langsung melihat berbagai program dari MyEduSolve yang dapat dicoba, termasuk Webinar yang bisa kamu tonton secara gratis. Selain itu masih ada berbagai program lainnya yang dapat kamu coba. Dengan program sertifikat yang pasti didapatkan, selain kamu bisa meningkatkan skill, value kamu di dalam industri menjadi lebih baik. Kunjungi MyEduSolve untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Article Tag:

kompetensi profesional adalah

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Mengenal Kompetensi Profesional dalam Dunia Kerja

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

Article Tag:

kompetensi profesional adalah

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.