Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Excel

Bagaimana cara menampilkan data dengan cepat di Excel? Gunakan saja fungsi VLOOKUP. Baca artikel MyEduSolve ini untuk memahami lebih dalam tentang VLOOKUP.

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Updated: Wednesday, Jun 15, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Share:

Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Excel cover

Hampir semua rumus atau fungsi Microsoft Excel berguna untuk pekerjaan kita. Salah satunya fungsi VLOOKUP yang memudahkan kita dalam mencari sebuah data. Rumus VLOOKUP juga mudah dipelajari sehingga kamu bisa mengaplikasikannya dalam pekerjaanmu.

Kamu ingin tahu lebih lanjut tentang fungsi ini serta rumus penggunaannya? Baca artikel MyEduSolve ini sampai selesai.

Mengenal Fungsi VLOOKUP

VLOOKUP adalah rumus dasar Microsoft Excel yang berguna dalam pencarian data. Ketika menggunakan rumus ini, pengguna mencari data secara vertikal berdasarkan kata kunci tertentu.

VLOOKUP berfungsi untuk mencari sebuah nilai atau data dari basis data atau tabel secara keseluruhan. Jika sudah ditemukan, Excel akan menampilkan nilai tersebut pada kolom lainnya yang diurutkan secara vertikal.

VLOOKUP digunakan saat kamu membaca sumber data yang dibuat sebelumnya pada worksheet yang sama atau berbeda. Kegunaan ini diterapkan saat kita ingin mengisi data sebuah tabel dengan menggunakan tabel lain sebagai referensinya berbekal nilai kunci yang spesifik.

Baca juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

Selain VLOOKUP, ada juga rumus HLOOKUP yang dipakai untuk mencari data secara horizontal. Selain itu, Excel juga memiliki rumus LOOKUP. Perbedaannya terletak pada jenis data yang dicocokkan dengan kata kuncinya. 

Rumus LOOKUP bisa digunakan untuk mencocokkan data numerik dan teks, sedangkan VLOOKUP dan HLOOKUP hanya terbatas pada data numerik.

Elemen dalam Fungsi VLOOKUP

Layaknya rumus Excel lainnya, rumus VLOOKUP pun terdiri dari berbagai elemen di dalamnya. Sebelum mengetahuinya, mari kita kenali dulu rumus VLOOKUP: =VLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup]).

Dari formula tersebut, ada empat elemen yang digunakan dalam rumus VLOOKUP, yaitu:

1. NilaiYangDicari

NilaiYangDicari alias lookup_value merupakan nilai yang akan kamu cari pada kolom pertama sebuah tabel. Nilai ini bisa juga terletak di kolom paling kanan dari TabelReferensi yang digunakan.

Elemen pertama ini berisi data sel dalam format apa pun, seperti angka, teks, tanggal, dan format lainnya. Kolom datanya bisa pula berupa nilai hasil penghitungan rumus Excel lainnya yang digunakan, contohnya SUM, AVG, dan sebagainya.

2. TabelReferensi

Disebut juga table_array, tabel referensi merupakan sel berisi kata kunci yang digunakan untuk mencari sebuah data. Tabel ini terdiri dari dua kolom atau lebih. 

Kolom pertama pada tabel ini berisi NilaiYangDicari atau kata kunci yang digunakan untuk mencari sebuah data.

Baca juga: Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

3. NomorKolom

Dalam bahasa Inggris, nomor kolom ditulis sebagai col_index_num. Elemen ini merupakan nomor kolom dari tabel referensi yang digunakan sebelumnya. 

Nomor kolom terdiri dari nilai data yang akan diambil secara vertikal. Data tersebut berada pada posisi baris yang sama dengan NilaiYangDicari di kolom pertamanya. 

4. RangeLookup

Elemen terakhir ini berupa logika benar atau salah (TRUE/FALSE) yang digunakan untuk menunjukkan tipe pencarian. Logika ini bekerja sebagai patokan untuk menetapkan hasil VLOOKUP yang kamu mau, apakah ingin menemukan hasil sama persis atau hanya menemukan nilai yang mendekati.


RangeLookup diisi dengan argumen TRUE atau FALSE. Berikut ini penjelasannya.

a. TRUE

Saat argumen ini dimasukkan, VLOOKUP akan mencari barisan data (NilaiYangDicari) di tabel referensi secara sama persis atau hasilnya mendekati. Apabila tidak ditemukan, Excel akan menampilkan nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDicari tersebut.

b. FALSE

Kalau kamu mengetik argumen ini, VLOOKUP hanya akan mencari hasil yang sama persis. Jika datanya tidak ditemukan, Excel akan memunculkan pesan error berkode #NA! pada selnya.

Kesimpulannya, fungsi VLOOKUP digunakan ketika kamu ingin mencari sebuah nilai atau data dari tabel referensi. Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Kamu bisa mempelajarinya sendiri menggunakan contoh soal yang tersebar di internet.

Apabila kamu sudah menguasai fungsi VLOOKUP serta rumus lainnya, tidak ada salahnya mengikuti ujian sertifikasi Microsoft Excel dari MyEduSolve. Ada dua level yang bisa kamu ikuti sesuai kemampuanmu, yaitu Associate dan Expert

Ujian sertifikasi ini setara dengan 150 jam penggunaan Microsoft Excel sehari-hari. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari Microsoft yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Raih masa depan gemilang dalam karier hanya dengan mengikuti ujian sertifikasi Microsoft Excel. Daftarkan dirimu dengan menghubungi MyEduSolve melalui WhatsApp (+6287857067313).

Article Tag:

fungsi vlookup

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Excel

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Updated: Wednesday, Jun 15, 2022

Article Tag:

fungsi vlookup

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.