Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft Excel atau Spreadsheet

Bagaimana cara menampilkan data dengan cepat di Excel? Gunakan saja fungsi VLOOKUP. Baca artikel MyEduSolve ini untuk memahami lebih dalam tentang VLOOKUP.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft Excel atau Spreadsheet cover

Program Microsoft Excel sudah jadi salah satu software pengolah data andalan yang dipakai oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Mulai untuk keperluan perkantoran hingga akademis.

Microsoft Excel menjadi program pengolah data unggulan karena mudah digunakan dan sangat fungsional. Pengguna dapat mengolah data untuk berbagai keperluan dengan menggunakan rumus-rumus tertentu.

Salah satu rumus yang kerap digunakan adalah vlookup. Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang fungsi vlookup dalam Excel dan cara menggunakannya untuk pemula. Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Pengertian Rumus Vlookup

Dalam program Excel tersedia banyak sekali rumus yang dapat mempermudah user mengolah data. Rumus vlookup adalah termasuk rumus yang wajib dikuasai karena umum dipakai di perkantoran baik untuk urusan administrasi ataupun pembukuan keuangan.

Rumus vlookup berasal dari singkatan vertical lookup yang artinya pencarian nilai data tertentu yang disajikan secara vertikal. Kebanyakan vlookup dipakai ketika pengguna ingin menyatukan beberapa data dari sejumlah tabel, menemukan jenis produk menggunakan kode barang, atau mencari data melalui daftar referensi.

Mengutip dari laman Kompas.com, terdapat beberapa fungsi vlookup pada program Microsoft Excel, beberapa di antaranya:

  1. Memeriksa Nilai dari Suatu Data

Rumus vlookup sering dipakai untuk memeriksa nilai pada tabel data satu dengan tabel data lainnya dengan kategori tertentu.

  1. Menyatukan Data

Rumus satu ini juga dapat digunakan untuk menyatukan data dari beberapa tabel dalam kolom yang sama.

  1. Memindahkan Data dari Tabel Referensi

Jika kamu ingin mengambil dan memindahkan suatu data di tabel referensi ke tabel baru dengan kategori atau kata kunci tertentu, kamu dapat menggunakan rumus vlookup.

 Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Manfaat Menguasai Rumus Vlookup di Excel

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan apabila kamu dapat menguasai rumus vlookup di Excel, yaitu:

  1. Dapat mencari data secara akurat dan tanpa waktu lama.

  2. Proses pengolahan data real-time sehingga efisien waktu.

  3. Tidak mengubah data asli.

  4. Mempermudah dalam membuat grafik atau visualisasi data.

  5. Data dapat terangkum dengan baik yang memudahkan pembacaan data.

Belajar Rumus Vlookup

Sintaksis dasar dari rumus vlookup meliputi nilai yang ingin dicari, rentang data pencarian, nomor kolom, dan nilai pencocokan menggunakan kode TRUE atau FALSE. Kemudian diringkas dalam bentuk rumus berikut: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Keterangan:

  • Lookup value

Nilai data yang ingin dicari pada kolom pertama di dalam tabel.

  • Table Array

Letak tabel atau rentang data yang ingin dicari, data yang akan ditemukan harus berada di rentang tabel ini.

  • Col IndexIndeks Num

Nomor kolom pada rentang tabel yang terdapat nilai yang hendak dikembalikan. Umpamanya, kamu ingin mencari nilai di kolom pertama pada rentang data dan hendak mengembalikan nilai dari kolom ketiga, kamu harus menentukan nomor tiga.

  • Range Lookup

Argumen terakhir yang dimasukkan dalam sintaks dasar rumus vlookup adalah TRUE atau FALSE. Argumen ini berperan untuk mencocokkan nilai data persis ataukah hampir sama dengan nilai data yang diinginkan. Jika kamu mengatur nilai TRUE, maka hasil akan menunjukkan nilai perkiraan, sedangkan jika memasang nilai FALSE maka hasil akan mencari nilai data yang sama persis.

 Baca juga: Pelajari Rumus Fungsi Max di Excel Beserta Contohnya

Bagaimana Cara Menggunakan Rumus Vlookup untuk Pemula?

Rumus vlookup wajib dikuasai sebelum kamu mulai bekerja di kantor, terutama jika kamu memang mengincar jabatan di bidang administrasi, gudang, atau keuangan. Untuk menguasainya memang membutuhkan latihan dan pembiasaan.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan rumus vlookup yang mudah diikuti sehingga dapat membantu kamu belajar sebagai pemula.

  1. Persiapkan tabel data yang akan diolah dengan membuka dokumen kerja Excel di perangkat komputermu. Misalnya menggunakan contoh gambar di bawah, yaitu daftar nama pokemon beserta nomor ID-nya.

  2. Tentukan nilai yang ingin dicari, identifikasi melalui kolom paling kiri pada tabel data. Jika melihat contoh gambar di bawah, umpamanya kamu ingin mencari nama pokemon berdasarkan nomor ID.

  1. Pilih letak sel yang kamu inginkan untuk menampilkan hasil dari pencarian vlookup. Lalu, dari contoh foto di bawah, kamu ingin menampilkan tabel data baru di sel H4.

  1. Masukkan fungsi vlookup seperti di atas dan sesuaikan dengan kebutuhan. Maka, masukkan fungsi vlookup di sel H4 dengan rumus =VLOOKUP(H3;A2:E21;2;1).

Keterangan:

  • Sel H3 sebagai data referensi.

  • Kemudian rentang data diisi dengan A2:E21 yang mewakili keseluruhan tabel.

  • Lalu, nomor kolom diisi angka 2 karena data yang hendak dicari berada di kolom nomor dua dari kiri.

  • Terakhir, argumen diisi angka 1 karena ingin mencari nilai yang sama mirip (TRUE). Namun, jika kamu ingin mencari nilai yang sama persis maka masukkan angka 0 (FALSE).

  1. Tekan tombol Enter pada keyboard agar program Excel bisa langsung memproses fungsi vlookup dan menunjukkan hasilnya. Gambar di bawah menunjukkan kode eror karena kamu belum memasukkan kode ID ke sel H3.

Misalnya kamu ingin mencari nama pokemon dengan nomor ID 7, maka masukkan H3(7) di sel H3. Setelah itu, akan muncul nama pokemon seperti gambar di bawah.

  1. Jika kamu ingin menggunakan formula yang sama di sel lainnya, kamu bisa menyalin formulanya atau klik titik sebelah kanan bawah sel dan gulir ke bawah. Maka, sel secara otomatis akan menunjukkan hasilnya.

Baca juga: 5 Tips Cara Belajar Excel Dengan Cepat dan Tepat 

Itu dia ringkasan mengenai fungsi vlookup dalam Excel mulai dari definisi, manfaat, dan langkah-langkah mempelajarinya secara cepat untuk pemula. Jika kamu ingin makin mahir dalam bermain Excel, bisa segera daftarkan diri ke kelas sertifikasi Microsoft Excel Associate dari MyEduSolve. Dapatkan tawaran menarik lainnya di MyEduSolve.

 

Sumber:

How to Use VLOOKUP in Excel? A Step-by-Step Guide https://www.simplilearn.com/tutorials/excel-tutorial/vlookup-in-excel  (Diakses Juni 2024)

Excel VLOOKUP Function https://www.w3schools.com/excel/excel_vlookup.php  (Diakses Juni 2024)

Related Tags

fungsi vlookup

8,002

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.