Lolos Beasiswa Magang Bank Indonesia, Ali Daffa: Sangat Terbantu dengan Mentoring Class

Meski memilih pathway yang berbeda dengan apa yang dipelajari di kampus, Ali merasa lingkungan yang positif seperti adanya teman seperjuangan dan mentor berpengalaman adalah faktor yang membantunya melewati kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama Program MSIB Cycle 2 berlangsung.

Posted: Wednesday, Aug 31, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

| Posted: Wednesday, Aug 31, 2022

Share:

Lolos Beasiswa Magang Bank Indonesia, Ali Daffa: Sangat Terbantu dengan Mentoring Class cover

MyEduSolve berpartisipasi kembali menjadi mitra Kampus Merdeka dalam Program Studi Independen Bersertifikat pada Cycle 3. Terselenggaranya kembali program ini tidak lepas dari banyaknya antusiasme mahasiswa yang ingin mengembangkan skills dan pengetahuannya dalam bidang teknologi bersama mentor-mentor ahli dan berpengalaman pada bidangnya.

Dengan adanya Program Studi Independen Kemendikburistek, kini mahasiswa dimudahkan untuk menambah pengetahuannya pada bidang-bidang yang berkaitan dengan minat karier mereka di masa depan. Seperti yang dilakukan oleh Ali Daffa–mahasiswa jurusan Ekonomi Keuangan dan Perbankan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya–yang merupakan salah peserta Studi Independen Cycle 2 yang memilih pathway Data Science di MyEduSolve.

Baca juga: Cerita Menarik Studi Independen batch 1 versi Danu Ruliansah

Mentoring Class Sangat Bermanfaat untuk Persiapan Interview

Mentoring class ditujukan untuk membantu mahasiswa peserta studi independen untuk mengetahui hal-hal yang biasanya ditanyakan saat menjalani interview kerja dan juga softskills set yang wajib dimiliki agar memikat di mata rekruiter. 

“Di kelas mentoring kita diajari banyak hal softskills penting seperti bagaimana cara cepat belajar, terus bagaimana mempersiapkan interview dengan HR, dan bagaimana cara show up skills kita agar dilirik oleh rekruiter.”

Pathway Mentoring Didampingi oleh Mentor yang Berpengalaman

Mahasiswa yang mendaftar program studi independen dibebaskan untuk memilih bidang yang ingin dipelajari, termasuk bidang yang tidak diajarkan di bangku perkuliahan. Termasuk juga Ali Daffa yang berlatar belakang pendidikan dalam bidang ekonomi dan perbankan yang memilih Data Science sebagai pathway-nya. Banyak kendala yang dihadapi termasuk saat pertama kali belajar menggunakan aplikasi pengolahan data dengan bahasa Syntax-Based. Namun, adanya pathway mentoring, membuat Ali dapat berkonsultasi terkait kendala yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran kepada mentor yang ahli dalam bidang tersebut.

“Saat di kelas pathway-nya kalau mentor saya  itu Kak Suwarti. Beliau expert banget di data, nggak cuman diajari dari materi yang di handbook aja tapi juga dikasih pengalaman untuk meng-combine data dari perkuliahanku juga. Jadi, cukup impactful terhadap kemampuan ku dalam menggunakan tools yang ada.”

Ali Daffa Memiliki Lima Sertifikat Berstandar Internasional 

Salah satu benefit yang akan didapatkan oleh peserta studi independen adalah mengikuti ujian sertifikasi berstandar internasional. Sertifikat yang akan didapatkan dalam sertifikasi tersebut dapat menjadi bukti yang kredibel di dunia profesional. Ali mengaku telah mendapatkan beberapa  sertifikat yang akan menunjang perjalanan karirnya.

“Sampai saat ini dari MyEduSolve saya dapat lima sertifikat resmi yaitu Excel Associate, Excel Expert, Microsoft Azure Data Fundamentals: DP-900, IT Specialist: Python, dan Microsoft Azure Fundamentals: AZ-900.”

Persiapan yang Ali Daffa Lakukan Sebelum Mendaftar Magang 

Ali merasa selama menjalani program studi independen bersama MyEduSolve membuat dia memiliki persiapan-persiapan yang mungkin tidak dimiliki oleh pesaingnya untuk melamar di posisi sebagai Researcher Intern,  seperti:

  1. Membangun Portofolio

Mempersiapkan portofolio yang sesuai dengan bidang karier yang dipilih merupakan hal yang penting. Menurut Ali, selama kegiatan studi independen yang ia jalani sangat berperan besar dalam membangun portofolio sebagai Data Scientist meskipun datang dari latar belakang pendidikan yang berbeda. “Agak berat jujur, terutama di bagian Python dan tentang coding karena aku baru banget disitu. Tapi karena suasana belajarnya mendukung, terus banyak tempat buat diskusi, itu jadi lebih memudahkan dalam memahami materi.” ungkap Ali Daffa.

  1. Pendampingan Karier

Pendampingan karier diberikan secara privat yang dibimbing oleh konsultan karier dengan latar belakang Human Resource atau Psikologi. Selama pendampingan karier ini, mahasiswa akan mendapatkan arahan yang sesuai dengan, minat, dan kepribadian mereka. Hal ini akan bermanfaat untuk menyusun rencana karier agar mendapat value lebih di mata rekruiter.

  1. Memperoleh Sertifikat Berstandar Internasional

Pada akhir masa studi, mahasiswa akan diminta mengerjakan Capstone Project yang menerapkan konsep dan materi yang telah dipelajari. Tujuan dari projek ini adalah menghasilkan solusi dan/atau inovasi yang dihasilkan secara berkelompok dan sekaligus menganalisis kekurangan dan kelebihan dari project outcomes yang dihasilkan.

Itulah dia pendapat Ali Daffa yang mengaku mendapatkan banyak manfaat yang menunjang persiapan karirnya maupun membantunya menjadi lebih siap saat mendaftar magang di Bank Indonesia sebagai Researcher Intern. Bagi kamu yang tertarik juga untuk mendapatkan sertifikat profesional berstandar internasional, kamu dapat mengunjungi Program MyEduSolve untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Baca juga: MyEduSolve & Kampus Merdeka Buat Program Sertifikasi Studi Independen

Kamu juga bisa follow akun Instagram MyEduSolve untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Program Studi Independen di MyEduSolve dan promo-promo menarik seputar sertifikasi berstandar internasional.


Article Tag:

InspirasiMagangStudi Independen

Category:

Inspirasi

Written By

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Articles Info

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

Lolos Beasiswa Magang Bank Indonesia, Ali Daffa: Sangat Terbantu dengan Mentoring Class

Posted: Wednesday, Aug 31, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

InspirasiMagangStudi Independen

Category:

Inspirasi

Share:

238

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.