Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ketahui Lebih Dalam Perbedaan Web Designer Dan Graphic Designer

Ketahui lebih dalam perbedaan web designer dan graphic designer, simak artikelnya hingga habis dan temukan jawaban untuk menjadi bagian dari industri kreatif digital.

Posted: Thursday, Jun 22, 2023

Share:

Ketahui Lebih Dalam Perbedaan Web Designer Dan Graphic Designer cover

Hai dan selamat datang MESFriend semua! Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang perbedaan antara seorang web designer dan graphic designer? Kedua profesi ini memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan sebuah website yang enak dilihat. Kedua profesi ini juga membuat desain menawan dan elemen visual yang berfungsi baik tentunya. 

Lalu, mungkin kamu bertanya-tanya, “Apa perbedaan antara web designer dan graphic designer?Graphic designer, atau desainer grafis adalah seniman digital yang menghadirkan imajinasi mereka melalui visual dan ilustrasi yang memukau. Di sisi lain, web designer bertanggung jawab untuk membangun fondasi yang solid di balik keindahan itu, mereka adalah arsitek yang lebih fokus dalam mendesain tampilan sebuah website. Lebih dari itu, masih ada perbedaan-perbedaan lain yang harus kamu ketahui agar semakin melek akan literasi digital. Mau tahu ulasan lengkapnya? Simak artikel ini hingga selesai ya!

Keahlian Web Designer

Web designer adalah seorang yang bertanggung jawab untuk merancang dan membuat tampilan visual dari halaman web. Mereka menggunakan kreativitas dan pemahaman tentang desain untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan fungsional. Selain pemahaman mengenai desain, pemahaman mengenai coding merupakan sebuah skill yang harus dimiliki bagi seorang web designer. 

Meski web designer tidak harus menjadi ahli dalam pemrograman, memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript akan sangat penting dalam merancang dan mengembangkan halaman web yang fungsional dan responsif

Baca juga: UI dan UX: Perbedaan, Tujuan Hingga Prospek Pekerjaan

Tugas Web Designer

Berikut adalah beberapa tugas utama dari seorang web designer:

  1. Merancang tampilan visual: Web designer menciptakan tata letak, warna, dan elemen desain lainnya untuk menciptakan tampilan halaman web yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan klien atau proyek.

  2. Membuat prototype: Sebelum mengembangkan halaman web secara penuh, web designer sering kali membuat prototipe interaktif untuk memvisualisasikan desain dan fungsionalitas yang diinginkan.

  3. Menerapkan desain ke dalam kode: Setelah desain disetujui, web designer akan menggunakan bahasa pemrograman dan alat pengembangan web seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk mengimplementasikan desain tersebut ke dalam halaman web yang fungsional.

  4. Memastikan responsivitas: Web designer harus memastikan bahwa desain yang mereka buat responsif, dimana desain tersebut dapat beradaptasi dan terlihat baik pada berbagai perangkat dan ukuran layar yang berbeda.

  5. Berkolaborasi dengan tim: Dalam proyek yang lebih besar, web designer akan bekerja sama dengan pengembang web, desainer grafis, dan mungkin juga klien untuk memastikan kebutuhan dan tujuan proyek terpenuhi.

  6. Memperbarui dan memelihara situs web: Setelah situs web diluncurkan, web designer mungkin juga ditugaskan untuk bertanggung jawab memperbaharui dan memelihara halaman web dan melakukan perubahan desain jika diperlukan.

Keahlian Graphic Designer

Graphic designer adalah seorang yang bertugas dalam menciptakan dan menggabungkan elemen-elemen visual, seperti gambar, ilustrasi, dan teks, untuk menciptakan desain grafis yang kreatif dan menarik. Mereka menggunakan keahlian desain mereka untuk menyampaikan pesan, membangun merek, dan menciptakan karya seni visual.

Baca juga: 5 Tren Graphic Design 2023 yang Wajib Diketahui Desainer Grafis

Tugas Graphic Designer

Berikut adalah beberapa tugas utama dari seorang graphic designer:

  1. Membuat desain visual: Graphic designer menciptakan desain visual yang meliputi poster, brosur, majalah, logo, kemasan produk, dan berbagai materi pemasaran lainnya. Mereka menggunakan elemen desain seperti warna, tipografi, ilustrasi, dan komposisi untuk menciptakan desain yang menarik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

  2. Membangun brand identity: Graphic designer sering terlibat dalam proses pembuatan identitas brand atau merek, termasuk merancang logo, panduan gaya brand, dan elemen desain lainnya yang mencerminkan kepribadian dan visi dari brand.

  3. Menggunakan perangkat lunak desain: Graphic designer menggunakan berbagai perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, atau CorelDRAW untuk menciptakan karya desain grafis.

  4. Berkolaborasi dengan klien atau tim: Graphic designer sering kali berkolaborasi dengan klien atau tim marketing untuk memahami kebutuhan dan tujuan proyek, serta menanggapi feedback dan revisi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  5. Menghasilkan konten visual untuk media sosial dan web: Tidak hanya “website” graphic designer juga bertanggung jawab untuk menciptakan grafik dan ilustrasi yang menarik untuk digunakan di media sosial dan platform online lainnya.

Baca juga: 10 Profesi yang Paling Dicari di Abad 21

Seperti itulah perbedaan antara web designer dan graphic designer. Kedua profesi tersebut makin hari makin banyak dicari, hal ini berkaitan dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang mana pelayanan pada jaringan mobile semakin dikembangkan. 

Untuk kamu yang berminat menjadi seorang profesional di bidang desain akan tetapi bingung harus belajar ke mana, jangan khawatir kamu bisa mengembangkan kemampuan kemampuan desainmu dengan mengambil program sertifikasi Adobe dari MyEduSolve

Program Adobe Certified Professional ini bisa kamu gunakan sebagai validasi dan menunjukkan kemampuan di berbagai platform media sosial profesional seperti LinkedIn, e-mail dan portofolio online untuk menarik client dan calon pengguna jasa kreatif. 

Setelah lulus ujian, kamu akan menerima sertifikat internasional resmi dari Adobe sehingga kamu memiliki nilai jual dan lebih unggul dalam bursa kerja yang kompetitif. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang juga!


 Reference:

https://www.phpbbstyles.com/perbedaan-dasar-graphic-designer-dan-web-designer/

https://www.tebar.co.id/perbedaan-desain-website-dan-desain-grafis/

https://toffeedev.com/blog/untuk-design-website-perlu-graphic-designer-atau-web-designer/


Related Tags

Web Designer
Graphic Designer
Adobe Certification
Career
Fresh Graduate

1,181

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.