Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ketahui Fungsi Array di Aplikasi AutoCAD dan Jenis-Jenisnya

Ketahui Fungsi Array di Aplikasi AutoCAD dan Jenis-Jenisnya. Artikel ini menjelaskan fungsi dan berbagai jenis array dalam AutoCAD. Pelajari lebih dalam dengan membaca selengkapnya di sini.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Jun 27, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Ketahui Fungsi Array di Aplikasi AutoCAD dan Jenis-Jenisnya cover

AutoCAD merupakan software desain tiga dimensi yang sering digunakan oleh arsitek atau engineer dalam mendesain interior rumah, konstruksi bangunan, hingga rangka mesin. Dalam perangkat lunak satu ini, terdapat fitur command array yang memungkinkan pengguna menyalin objek.

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang fitur satu ini yang akan dirangkum pada artikel berikut.

Fungsi Array di Aplikasi AutoCAD

Array merupakan salah satu command yang terdapat di aplikasi AutoCAD berfungsi untuk menyalin objek gambar. Hanya dengan satu langkah, pengguna dapat menduplikat objek gambar dalam berbagai pola. Objek gambar yang diperbanyak tidak terbatas pada gambar dua dimensi saja, gambar tiga dimensi pun bisa diduplikat.  

Untuk yang sudah mahir mengoperasikan aplikasi AutoCAD, mungkin tidak ada masalah ketika menggunakan command array. Namun, untuk pemula, command array kerap membingungkan. Oleh karena itu, sebelum mulai menerapkannya, sebaiknya pelajari dulu command array langkah demi langkah.

Di samping itu, pengguna juga wajib mengetahui tiga metode penggunaan command array yang meliputi rectangular array, path array, dan polar array. Setiap metode memiliki ciri khas masing-masing dalam menyusun objek gambar karena memperlihatkan pola tertentu.

Jika fungsi command array untuk memperbanyak objek gambar, lantas apa yang membedakan array dengan copy? Mengutip dari laman Jawa at Point, copy adalah perintah yang digunakan untuk menyalin objek dengan urutan yang ditentukan oleh pengguna.

Sebaliknya, perintah array kerap digunakan untuk menyalin objek dengan sudut dan indikator yang ditentukan dalam perhitungan yang terukur dan presisi serta membentuk pola tertentu (persegi, melingkar, dan memanjang).

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

Jenis-Jenis Array

Sudah dijelaskan sebelumnya jika command array terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan arah polanya. Berikut penjelasannya.

  1. Rectangular Array

Rectangular array adalah perintah yang memungkinkan pengguna menduplikasi dan menyusun objek gambar dalam bentuk baris dan kolom. Menariknya, pengguna juga dapat mengatur jarak antar objek sesuai kebutuhan.

  1. Polar Array

Selanjutnya, polar array adalah perintah array untuk memperbanyak objek gambar ke dalam pola melingkar di sekitar titik poin. Pengguna dapat mengontrol jarak setiap objek gambar dengan menentukan jumlah jaraknya.

  1. Path Array

Terakhir, path array merupakan perintah untuk memperbanyak objek gambar dengan pola kurva tunggal yang memanjang. Sama seperti jenis lainnya, jika menggunakan path array, pengguna dapat mengatur kerapatan setiap objeknya.

Kegunaan Command Array

Command array menjadi fitur unggulan dari program AutoCAD. Dengan fitur ini, dapat menguntungkan pengguna dalam mendesain. Memangnya apa saja kegunaan command array? Simak penjabarannya berikut ini.

  1. Pengguna bisa menghemat waktu ketika pengguna ingin mendesain pola yang berulang, karena command array dapat menggandakan objek gambar dalam satu waktu.

  2. Pengguna bisa memanfaatkan command array untuk menduplikasi objek dengan berbagai pola melalui satu titik pusat. Mulai dari pola melingkar, pola persegi, dan pola memanjang.

  3. Ketika menggunakan command array, pengguna tinggal memasukkan indikator dan memasang titik pusat objek. Lalu, pengguna bisa memperbanyak objek gambar yang diseleksi dan membentuk pola sesuai keinginan.

Baca juga: AutoCAD, Ini Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Mengoperasikan Command Array

Terdapat cukup banyak cara jika ingin mengoperasikan perintah array. Berikut akan dijelaskan mengaktifkan command array melalui menu bar, ribbon panel, command text, hingga menggunakan shortcut di keyboard. Selengkapnya, simak langkah-langkah berikut!

  1. Cara Menggunakan Command Array dari Menu Bar

  • Klik menu Modify.

  • Klik opsi Array.

  • Kemudian akan muncul tiga pilihan perintah array yang bisa dipilih, yaitu rectangular array, path array, dan polar array.

  • Pilih salah satu perintah yang diinginkan.

  • Secara otomatis perintah array akan aktif dan kamu bisa mulai memperbanyak pola objek yang diinginkan.

 

  1. Cara Menggunakan Command Array dari Ribbon Panel

  • Pertama, klik ikon array di bagian ribbon panel atau tool bar yang ada di bagian atas lembar kerja.

  • Lalu, pilih ikon perintah yang diinginkan. Rectangular array 

  • path array  

  • atau ikon polar array 

.

  • Setelah memilih salah satu, perintah array otomatis akan aktif dan kamu bisa melanjutkan pekerjaanmu dalam menduplikasi pola gambar.

 

  1. Cara Mengaktifkan Command Array dari Command Text (Baris Perintah)

  • Kamu juga bisa menggunakan command array melalui command text denganq mengetik ARRAYRECT untuk rectangular array, ketik ARRAYPATH untuk polar array, atau ketik ARRAYPOLAR untuk mengaktifkan polar array.

  • Klik tombol Enter pada keyboard.

  • Fitur array pun dapat langsung kamu gunakan secara otomatis.


  1. Cara Mengaktifkan Command Array dari Shortcut

  • Ada cara cepat mengaktifkan command array, yaitu dengan memakai tombol shortcut. Klik tombol AR atau ketik kata ARRAY.

  • Klik tombol Enter.

  • Kemudian, akan muncul panel yang menawarkan beberapa opsi array untuk dipilih dan kamu juga bisa mengisi angka indikator untuk mengatur kerapatan objek.

  • Klik opsi Select Objects yang ada di bagian kanan atas.

  • Pilih opsi array yang diinginkan dan isi angka indikator.

  • Sistem akan mengaktifkan array dan kamu bisa mulai memperbanyak objek sesuai kebutuhan.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD

Itu dia ulasan lengkap tentang command array dan fungsi array pada AutoCAD. Bisa menguasai aplikasi AutoCAD menjadi nilai plus tersendiri, apalagi kalau kamu mengincar pekerjaan di sektor engineering dan arsitektur. Kamu bisa perdalam lagi ilmu kamu dalam mengoperasikan aplikasi satu ini dengan ikut kelas sertifikasi Autodesk AutoCAD Certification yang ditawarkan MyEduSolve. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan mengunjungi laman MyEduSolve.

 Sumber:

AUTOCAD TUTORIAL SIMPLE https://cadtutorialz.blogspot.com/2016/02/cara-menggunakan-perintah-array-di-autocad.html (Diakses Juni 2024)

The Array Command: Free AutoCAD Tutorial https://www.nobledesktop.com/learn/autocad/the-array-command (Diakses Juni 2024)

Rectangular Arrays in AutoCAD https://www.javatpoint.com/rectangular-arrays-in-autocad (Diakses Juni 2024)


Related Tags

Array
AutoCAD
Autodesk

84

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.