Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

AutoCAD, Ini Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

AutoCAD adalah perangkat lunak desain dan drafting yang dikembangkan oleh Autodesk. Program ini memungkinkan pengguna untuk membuat gambar teknis yang presisi dalam dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). Simak selengkapnya mengenai software AutoCad di artikel ini!

Posted: Monday, Nov 27, 2023

Share:

AutoCAD, Ini Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya cover

AutoCAD adalah salah satu software desain grafis yang digunakan untuk menggambar desain digital secara 2D dan 3D. Namun, mungkin banyak di antara kamu yang masih asing dengan tools AutoCAD dibandingkan Adobe Illustrator. Hal tersebut tidak mengherankan karena AutoCAD memang lebih sering digunakan untuk keperluan desain arsitektur dan pemodelan di teknik konstruksi bangunan. 

Meski begitu, AutoCAD dapat digunakan oleh siapa saja untuk menggambar berbagai desain digital. Yuk, cari tahu penjelasan lengkap mengenai AutoCAD yang akan diulas di artikel ini.

Apa itu AutoCAD?

AutoCAD (Computer Aided Design) adalah sebuah aplikasi desain digital yang digunakan untuk menggambar dan mendesain gambar dalam format dua dimensi dan tiga dimensi.

Selain itu, AutoCAD juga memungkinkan untuk menggambar desain geometris yang dapat dikembangkan menjadi berbagai tipe struktur dan objek. Oleh karena fitur tersebut, AutoCAD kebanyakan dipakai sebagai tools desain untuk bidang arsitektur dan teknik konstruksi.

Aplikasi ini dibuat pada tahun 1982 oleh seorang programmer bernama John Walker dengan nama Interact. Kemudian, versi pertama Interact dikembangkan kembali oleh Michael Riddle dan akhirnya resmi diluncurkan di publik sepuluh tahun kemudian dengan nama ‘AutoCAD’.

Fungsi AutoCAD

Sejak pertama kali dirilis, fitur unggulan dari AutoCAD adalah mendesain gambar dalam format dua dimensi. Bahkan hingga saat ini banyak arsitek dan engineer lebih senang memakai AutoCAD untuk menggambar desain dua dimensi, karena dinilai menghasilkan gambar yang akurat dan presisi.

Sementara itu, AutoCAD juga menawarkan beberapa fitur menarik untuk desain gambar tiga dimensi. Misalnya desainer bisa membuat visualisasi yang lebih halus karena ada banyak pilihan tampilan, bisa rendering langsung di cloud, dan ada banyak opsi pencahayaan sehingga hasil desain tampak lebih realistis.

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD 

Penggunaan AutoCAD

AutoCAD memang lebih umum dipakai oleh orang-orang di bidang teknik untuk mendesain arsitektur rumah, interior rumah, hingga desain konstruksi bangunan.

Meski begitu, AutoCAD dapat digunakan sebagai alat untuk mendesain gambar digital seperti software desain grafis pada umumnya, sebab pada prinsipnya AutoCAD juga menggunakan layers dan gambar vektor layaknya di Photoshop dan Adobe Illustrator  

  1. Tools AutoCAD

Apabila kamu masih di tahap awal mempelajari AutoCAD, sebaiknya pahami dulu daftar tools pada AutoCAD agar nantinya kamu tidak kebingungan lagi saat mulai praktek. Yuk, simak daftarnya!

  • Graphic Area

Graphic area adalah lembar kerja untuk kamu menggambar desain.

  • Options Ribbon

Option ribbon adalah lokasi perintah dalam software AutoCAD.

  • Pull-Down Menu Bar

Tools satu ini berfungsi untuk menampilkan berbagai opsi menu yang bisa dipilih pengguna.

  • Toolbox

Toolbox merupakan panel yang menampilkan pilihan alat untuk mendesain.

  • Status Bar

Status bar adalah tempat koordinat, grid control, dan masih banyak fungsi lainnya. 

  • Command Line

Command line merupakan tools untuk berinteraksi dengan program.

  1. Command AutoCAD

Kemudian, supaya kamu makin mahir mengoperasikan AutoCAD, kamu juga harus mempelajari beberapa perintah (command) untuk meningkatkan efisiensi kerja saat mendesain. Setidaknya kuasai beberapa command berikut:

  • Area

Untuk menghitung area dan perimeter dari objek yang diseleksi.

  • CHSPACE

Untuk memasukkan objek ke dalam model dari lembar kerja dan secara otomatis dapat menghitung skalanya.

  • Multiple

Untuk mengulang perintah yang sama sampai pengguna membatalkannya.

  • OOPS

Untuk mengembalikan elemen terakhir yang dihapus.

  • Extend

Untuk memperpanjang objek hingga mencapai tepi di ujung objek.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD 

Contoh Pemakaian AutoCAD

Walaupun AutoCAD lebih sering digunakan untuk bidang teknik dan arsitektur, tapi software satu ini dapat dipakai di industri lainnya. Berikut ini contoh pemakaian AutoCAD di berbagai industri.

  1. Arsitektur

Bidang arsitektur menggunakan software AutoCAD untuk merancang desain denah lantai, blueprint, dan desain bangunan yang dibuat berdasarkan penghitungan skala secara presisi.

Di samping itu, AutoCAD juga memungkinkan arsitek untuk memeriksa data granular tentang desain bangunan. Dengan begitu mereka dapat mengidentifikasi kelemahan dalam desain untuk diperbaiki sebelum mulai ke tahap konstruksi.

  1. Desain Interior

AutoCAD juga kerap dipakai oleh desainer interior untuk merancang desain interior bangunan dalam format tiga dimensi. Tujuannya agar model desain mereka tampak realistis.

Fitur-fitur yang ada pada AutoCAD dapat mendukung pratinjau di berbagai angle, sehingga desainer dapat memamerkan desain mereka dengan maksimal.

  1. Teknik Mesin

Tidak hanya teknik sipil dan arsitektur saja yang memakai AutoCAD, ternyata teknik mesin juga memerlukan bantuan AutoCAD untuk menyiapkan model dan blueprint terkait rancangan mesin yang sedang dikerjakan.

  1. Desainer Pakaian

Ternyata seorang desainer mode atau fashion designer menggunakan AutoCAD untuk merancang pakaian lebih rinci. Fashion designer dapat menambahkan pola, sketsa, dan detail lainnya pada rancangan mereka di AutoCAD.

Menariknya lagi, fashion designer dapat menambah iterasi berbeda dalam satu desain pakaian berkat bantuan dari fitur AutoCAD.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Membuat Template AutoCAD 

Kelebihan dan Kekurangan AutoCAD

Sama seperti software desain pada umumnya, AutoCAD memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk, simak apa saja kelebihan dan kekurangan AutoCAD yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk mempelajarinya.

  1. Kelebihan AutoCAD

  • Penggunaan AutoCAD lebih praktis dan efisien sehingga tidak membuang banyak waktu.

  • Mudah dipelajari oleh pemula, karena tampilan antar-muka AutoCAD tergolong user-friendly.

  • Tidak perlu menggambar secara manual, jadi kamu tidak perlu kerja dua kali dalam mendesain.

  • Dapat menghitung dan mendesain secara akurat, terutama yang memerlukan hitungan skala.

 

  1. Kekurangan AutoCAD

  • AutoCAD cukup mahal jika dibandingkan dengan software desain grafis lainnya, sehingga desainer harus memiliki cukup modal untuk menggunakan software ini.

  • Memerlukan perangkat keras yang ‘bandel’ agar bisa mengoperasikan AutoCAD dengan lancar.

  • Memiliki banyak fitur yang bisa dipakai, sehingga pengguna baru perlu waktu untuk belajar dan menyesuaikan.   

Itu dia ulasan lengkap seputar AutoCAD yang wajib kamu ketahui. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mempelajarinya? MyEduSolve menawarkan berbagai program sertifikasi berkualitas yang sudah diakui secara internasional, salah satunya adalah program Autodesk AutoCAD Certification yang penting untuk meningkatkan kualitas dirimu. Dapatkan informasi menarik lainnya di laman MyEduSolve.

Sumber:

What is AutoCAD and what is it for? https://stacbond.com/en/what-is-autocad-and-what-is-it-for/ (Diakses November 2023)

Related Tags

AutoCad
Pengembangan Skill

1,066

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.