Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Bahasa Pemrograman Python

Di artikel ini akan merangkum kelebihan dan kekurangan Python. Simak artikel ini selengkapnya!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Jul 03, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Bahasa Pemrograman Python cover

Ketika memasuki era digitalisasi, pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi dan analisis data dapat terbantu dengan dukungan perangkat lunak berteknologi AI. Salah satu software yang kerap digunakan untuk penyortiran dan analisa data adalah Python.

Software Python adalah bahasa pemrograman multifungsi. Tidak hanya digunakan untuk membuat aplikasi saja, Python juga dapat digunakan untuk menganalisa data dalam jumlah besar. Oleh karena itu, bahasa pemrograman satu ini sangat populer di industri.

Di artikel ini akan merangkum kelebihan dan kekurangan Python. Jika ingin tahu lebih dalam mengenai Python, baca isi artikel ini sampai akhir!

Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman yang didesain oleh Guido van Rossum dengan menawarkan kemudahan dan keterbacaan. Guido pertama kali merilis perangkat lunak buatannya itu pada tahun 1991.

Sewaktu perilisannya, Guido mempromosikan Python sebagai bahasa pemrograman yang multiparadigma, berorientasi pada objek, prosedural, dan fungsional. Kemudian, Python juga disertakan berbagai library yang komprehensif, framework yang kuat, dan komunitas yang solid.

Tidak cukup di situ saja, sistem Python sudah terintegrasi dengan machine learning yang merupakan turunan dari teknologi artificial intelligence. Dengan penerapan machine learning, memungkinkan Python dapat membaca pola pada suatu data dan menyelesaikan masalah.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, Python menjadi bahasa pemrograman yang serbaguna dan digemari oleh banyak programmer. Bahkan pada tahun 2023 silam, bahasa pemrograman Python dinobatkan sebagai bahasa pemrograman dengan pemakai terbanyak di seluruh dunia berdasarkan website Red Witches.

Baca juga: Python: Definisi, Manfaat, dan Keunggulan

Fungsi Bahasa Pemrograman Python

Siapa sangka jika Python tidak hanya diperuntukkan app developer saja. Namun, juga banyak digunakan oleh data analyst, data scientist, hingga game developer. Supaya tidak bingung, cermati dulu fungsi-fungsi dari Python berikut ini.

  1. Pengembangan Perangkat Lunak dan Website

Python banyak digunakan oleh back end developer yang berfungsi sebagai penghubung antar server, mengolah data, URL routing, menyambung database, serta menjamin keamanan perangkat lunak dan website yang dibangun.

  1. Menguji Perangkat Lunak

Python juga berfungsi sebagai tools untuk menguji fitur baru pada sebuah software demi mengoptimalkan kualitasnya. Cara kerjanya dengan mencari kode error, mengidentifikasi bug, mengontrol sistem, dan melakukan testing.

  1. Mengembangkan Game

Selain digunakan untuk mengembangkan website dan aplikasi, Python sering juga dimanfaatkan oleh game developer untuk mengembangkan game. Alasannya Python memiliki kode sintaksis sederhana sehingga memudahkan dalam pembuatan prototipe.

  1. Membuat Algoritma dengan Cepat

Python dibekali dengan sistem machine learning yang memungkinkan penggunanya membuat algoritma secara cepat. Dengan bantuan machine learning ini, pengguna pun dapat lebih mudah ketika hendak memproses tindakan dari data yang dimasukkan ke sistem.

  1. Menganalisa Data

Python berfungsi juga sebagai tools pengolahan data yang umum dipakai oleh data analyst dan data scientist. Proses pengolahan data melingkupi ekstrak data, pembersihan data, interpretasi data, dan visualisasi data. Python juga memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasi data dalam bentuk diagram, histogram, grafik garis, dan grafik tiga dimensi.

  1. Sistem Scripting

Dalam sistem Python terdapat automasi yang memungkinkan sistem menulis kode algoritma dengan sendirinya, sehingga Python jadi jalan pintas pengguna ketika ingin menyelesaikan sebuah tugas, seperti mengecek data yang terduplikat, memasukkan data, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Framework Python Terbaik Saat Ini

Kelebihan Bahasa Pemrograman Python

Dari banyaknya pilihan bahasa pemrograman yang ada, Python menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya. Berikut alasan-alasan kamu harus belajar Python:

  1. Dipakai banyak perusahaan besar, seperti Netflix, Quora, Facebook, Spotify, dan masih banyak lagi.

  2. Python salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari pemula karena memiliki kode sintaks yang sederhana dan memakai bahasa Inggris.

  3. Multi-platform, artinya bahasa pemrograman Python sangat inklusif karena bisa digunakan di berbagai sistem operasi komputer, seperti Linux, Windows, dan MacOS.

  4. Sangat serbaguna, tidak terbatas untuk membuat dan mengembangkan aplikasi saja, tapi juga dapat digunakan sebagai alat analisa data.

  5. Mempunyai banyak pilihan library yang sangat berpengaruh pada tingkat kinerja Python.

  6. Python dinilai sangat fleksibel karena dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.

  7. Programmer yang sudah menguasai Python berkemungkinan besar direkrut perusahaan dan digaji tinggi.

  8. Sudah dilengkapi dengan sistem scripting dan automation yang memungkinkan penggunanya dapat membaca dan menginterpretasikan kode dan menyelesaikan masalah.

  9. Dilengkapi dengan teknologi mutakhir berbasis AI.

  10. Mempunyai komputer grafik berkualitas, sehingga dapat dimanfaatkan juga dalam pembuatan dan pengembangan game.

  11. Python sering dipakai sebagai tools untuk memvalidasi produk untuk perusahaan besar, karena punya bermacam-macam opsi framework yang dapat menangani proses debug dan proses kerjanya cepat.

  12. Framework yang tersedia untuk Python sangat banyak. Jadi pengguna bisa bebas memilih framework yang cocok.

  13. Pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya saat memakai Python karena sifatnya yang open source dan dapat distribusikan di mana-mana secara gratis.

Baca juga: Pelajari Rangkuman Materi Ujian Untuk Tes Sertifikasi Python di MyEduSolve

Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

Meskipun memiliki deretan kelebihan, tetapi tentu saja bahasa pemrograman Python juga memiliki kekurangan. Kira-kira apa saja kekurangan dari Python?

  1. Python memiliki batas kecepatan, karena Python mengeksekusi kode secara baris per baris.

  2. Relatif lemah dalam komputasi seluler dan browser web.

  3. Desain Python lebih terbatas, sehingga dapat sedikit menghambat kerja developer.

  4. Lapisan akses pada database Python kurang kuat dan optimal dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

  5. Kurang matang ketika memproses data berskala besar dan kompleks, karena didesain lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Itulah kelebihan dan kekurangan Python yang wajib diketahui. Kalau kamu tertarik belajar lebih dalam lagi tentang bahasa pemrograman Python, segera daftarkan diri ke kelas sertifikasi IT Specialist: Python Certification yang akan mempersiapkan kamu bekerja di industri sebagai data analyst atau app developer profesional. Dapatkan kelas menarik lainnya di MyEduSolve.

 

Sumber:

Python Unveiled: Advantages and Disadvantages of Python Programming Language https://www.redswitches.com/blog/advantages-and-disadvantages-of-python/ (Diakses Juni 2024)

12 Reasons Why You Should Learn Python (2024) https://www.geeksforgeeks.org/reasons-why-you-should-learn-python/ (Diakses Juni 2024)

Related Tags

Python
IT Specialist
Literasi Digital

79

Recommended Articles

5 Tugas Project Manager Dalam Bisnis cover

Posted: 2 years ago

10 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.