Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Jangan Tertukar! Kenali Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

VR dan AR merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun akses menuju dunia virtual (metaverse). Apakah perbedaan keduanya? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Thursday, Mar 14, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Jangan Tertukar! Kenali Perbedaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) cover

Kamu pasti sudah sering mendengar kata Virtual Reality (VR) dan juga Augmented Reality (AR). Seiring dengan berkembangnya era digital, penggunaan kedua teknologi ini sudah semakin merajalela, loh!

Hadirnya VR dan AR telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Kini, kita dapat merasakan dunia digital dalam bentuk tiga dimensi, yang akan terasa sangat nyata.

Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk memasuki dunia metaverse, namun VR dan AR memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mari kita pelajari perbedaan keduanya!

Apa Perbedaan VR dan AR?

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk mengubah pengalaman interaksi dengan lingkungan dalam dunia virtual (metaverse). Keduanya memiliki ciri khas tersendiri yang akan dibahas di bawah ini: 

  1. Pengertian VR dan AR

Sebelum membahas perbedaanya, MyEduSolve akan menjelaskan secara singkat pengertian dari keduanya. 

VR adalah teknologi yang menciptakan lingkungan digital berbentuk tiga dimensi.  Ketika seseorang menggunakan teknologi VR, mereka akan merasa seolah-olah berada di dalam dunia maya yang sebenarnya. 


Baca juga: Virtual Reality: Definisi, Jenis, dan 3 Fungsinya


Sedangkan AR adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia digital dengan dunia nyata. Teknologi AR mengubah cara kita melihat dunia nyata dengan menambahkan elemen digital, memberikan pengalaman baru bagi penggunanya namun masih tetap di dalam lingkungan nyata.

  1. Perangkat Keras VR dan AR

Untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan VR, dibutuhkan perangkat khusus seperti headset VR, contohnya Oculus Quest atau Valve Index supaya pengguna dapat merasakan sensasi bergerak, melihat, dan mendengar di dalam lingkungan virtual. 

Sebaliknya, AR lebih sederhana dan hanya memerlukan perangkat / gadget yang mendukung teknologi AR serta aplikasi yang sesuai.


Baca juga: Apa Itu Teknologi Augmented Reality dan Apa Saja Contohnya?

  1. Penggunaan VR dan AR

Penggunaan VR dan AR telah merambah ke berbagai bidang. VR sering dimanfaatkan dalam game, pelatihan dan simulasi, di mana pengguna dapat sepenuhnya terlibat dalam lingkungan virtual yang diciptakan. 

Berikut contoh penggunaan VR:

  • Dalam game, VR menciptakan pengalaman bermain yang lebih menarik dan realistis.

  • Di sektor militer, VR digunakan untuk simulasi latihan penerbangan, pertempuran, dan lainnya.

  • Di bidang olahraga, VR digunakan sebagai alat pelatihan digital untuk melacak dan menganalisis performa atlet.

Mirip dengan VR, penggunaan AR juga dimanfaatkan oleh berbagai aplikasi, seperti dalam games Pokemon Go, di mana objek digital dapat muncul di dunia nyata melalui kamera ponsel.

Tak hanya dalam games, teknologi AR telah mendorong banyak industri untuk memanfaatkannya dalam berbagai konteks, mulai dari pemasaran produk bahkan hingga di bidang pendidikan.

Berikut contoh penggunaan AR:

  • AR membantu dalam pengembangan game 3D secara real-time.

  • Industri percetakan dan periklanan menggunakan AR untuk menampilkan konten digital di atas majalah atau media cetak lainnya.

  • Menambahkan teks, gambar, dan video ke aplikasi AR.

  1. Sistem Kerja

VR membantu pengguna untuk merasakan realitas yang maya, mengubah yang nyata menjadi dunia maya, 75% virtual dan 25% nyata. 

Sedangkan AR menggabungkan objek maya dengan objek yang nyata, menampilkan konten digital tambahan di dunia nyata, 25% virtual dan 75% nyata.


Baca juga: 5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

  1. Kelebihan dan Kekurangan

VR dapat menciptakan pengalaman yang lebih imersif dan nyata. Namun, penggunaan VR memerlukan perangkat yang lebih mahal dan kompleks seperti headset khusus dan perangkat tambahan lainnya.

Sedangkan AR dapat diakses dengan lebih mudah karena dapat digunakan dengan perangkat seluler atau desktop yang umum dimiliki orang, tetapi AR memiliki kemampuan yang lebih terbatas.


Demikianlah 5 perbedaan antara VR dan AR. Sekarang, kamu jadi paham kan perbedaannya? 


Di dunia yang semakin terdigitalisasi ini, VR dan AR akan memainkan peran penting loh!

Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang tersebut, kamu bisa memulainya dari sekarang dengan mengikuti sertifikasi Unity Certified Programmer dari MyEduSolve!


Yuk, persiapkan karirmu dan kunjungi halaman web MyEduSolve untuk mendapatkan informasi lainnya yang akan memperluas kemampuanmu di dunia kerja!

Related Tags

virtual reality
augmented reality
perbedaan vr ar

234

Recommended Articles

Cara Mudah Belajar Rumus Vlookup untuk Pemula cover

Posted: 3 months ago

12 Min Read

3 Cara Cepat Membuat Mind Map Sederhana Di Microsoft Word cover

Posted: 8 months ago

13 Min Read

Belajar Menambahkan Gambar di Program Adobe InDesign cover

Posted: 8 months ago

11 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.