Interpersonal Skill: Pengertian dan Contohnya

Interpersonal skill adalah salah satu soft skills yang dibutuhkan di dalam dunia profesional saat ini. Simak pembahasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Share:

Interpersonal Skill: Pengertian dan Contohnya cover

Interpersonal skill adalah salah satu soft skills yang dibutuhkan di dalam dunia profesional saat ini. Apakah kamu tahu apa itu interpersonal skill dan mengapa kemampuan ini sangat penting untuk dikembangkan?


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan memberikan informasi lengkap yang perlu kamu ketahui seputar apa itu interpersonal skill beserta dengan contoh-contohnya. Selain itu, kami juga akan memberikan tips untuk mengembangkan interpersonal skill.

Apa Itu Interpersonal Skill?

Interpersonal skill adalah sebuah kemampuan untuk dapat berhubungan atau bersosialisasi dengan orang lain, khususnya di dalam dunia profesional. Jadi, dari sini kamu dapat memahami bahwa kemampuan interpersonal memiliki hubungan yang erat dengan komunikasi dan membangun hubungan.


Mengapa kemampuan interpersonal ini harus kamu kembangkan? Jawabannya tentu saja karena kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh setiap individu, termasuk kamu, untuk dapat bekerja sama dengan sesama rekan kerja lainnya.


Kamu tentu sudah mengetahui bahwa perusahaan saat ini mencari kandidat pekerja yang dapat bekerja sama atau memiliki kemampuan team work. Maka dari itu, untuk dapat bekerja sama di dunia profesional, kamu membutuhkan interpersonal skill.


Baca juga: Mengenal Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Di Dunia Kerja

Apa Saja Contoh Interpersonal Skill?

Setelah memahami pengertiannya, berikut ini kamu akan memahami berbagai contoh interpersonal skill yang dibutuhkan di dunia profesional, yaitu:

1. Komunikasi

Contoh interpersonal skill pertama yang kamu butuhkan adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Komunikasi sangat dibutuhkan baik antar sesama rekan kerja, maupun antar karyawan dengan atasan.


Kami paham, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik karena berbagai faktor tertentu seperti kepribadian introvert atau pemalu. Apabila kamu termasuk ke dalam salah satunya, mulailah belajar untuk berkomunikasi dengan membawa topik-topik ringan seputar perkenalan diri atau bisa langsung berdiskusi seputar hal-hal yang tidak dimengerti terkait pekerjaan. 


Baca juga: Inilah 5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik

2. Pemecahan Masalah

Kemampuan problem solving atau pemecahan masalah termasuk ke dalam interpersonal skill yang juga harus kamu miliki. Pemecahan masalah ini dibutuhkan untuk mencari solusi yang tepat atas masalah yang sedang terjadi di dalam perusahaan kamu.


Kemampuan untuk memecahkan masalah ini terdiri dari kemampuan untuk berpikir kritis, berpikir logis, hingga melakukan research. Apakah kamu sudah memiliki kemampuan problem solving ini?

3. Empati

Contoh terakhir dari kemampuan interpersonal yang harus kamu miliki adalah rasa empati. Mengapa kamu harus memiliki rasa empati di dunia profesional?


Kembali kepada pemahaman interpersonal skill yaitu untuk membangun hubungan dengan sesama rekan kerja lainnya, rasa empati ini dibutuhkan agar kamu dapat memahami perasaan orang lain. Dengan memahami apa yang dirasakan oleh orang lain, kamu secara tidak langsung dapat menjalin hubungan yang lebih erat atau bahkan saling memberikan dukungan terhadap satu sama lain.

Bagaimana Cara Mengembangkan Interpersonal Skill?

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan interpersonal skill. Apa saja caranya? Berikut ini, ada tiga cara yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  • Tumbuhkan rasa percaya diri di dalam diri kamu. Rasa percaya diri dapat membantu kamu untuk dapat berkomunikasi dan menyampaikan pendapat yang dimiliki.

  • Belajarlah untuk mendengarkan dan menerima pendapat orang lain.

  • Pepatah mengatakan “malu bertanya sesat di jalan”. Maka dari itu, untuk mengembangkan interpersonal skill, kamu dapat sering mengajukan pertanyaan untuk menambah informasi terkait dengan dunia kerja.


Jadi, itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai pengertian interpersonal skill beserta contohnya. Kamu juga dapat mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia profesional dengan mengikuti Bootcamp-Career Ready.


Baca juga: Apa Itu Bootcamp? Seperti Apa Perannya Untuk Karir Kamu?


Di dalam bootcamp tersebut, kamu akan mendapatkan kursus bersertifikat untuk Adobe Photoshop, Microsoft Excel, hingga Project Management. Yuk, persiapkan diri kamu sekarang juga di dunia profesional bersama MyEduSolve.

Article Tag:

interpersonal skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Interpersonal Skill: Pengertian dan Contohnya

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

interpersonal skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.