Inilah Cara Membuat Grafik Di Excel yang Mudah Untuk Kamu Pelajari

Apakah kamu paham cara membuat grafik di Excel? Jika belum, maka tidak ada salahnya untuk mempelajari hal yang tersebut. Mari kita pelajari caranya di sini.

Posted: Thursday, Apr 14, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 14, 2022

Share:

Inilah Cara Membuat Grafik Di Excel yang Mudah Untuk Kamu Pelajari cover

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satunya menyampaikan data dalam bentuk grafik. Mengetahui bagaimana cara membuat grafik di Excel tentunya akan bisa menjadi salah satu skill yang berguna untuk kamu. Kehadiran grafik ini bisa mempermudah orang-orang dalam memahami data yang ingin kamu sajikan. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita pelajari cara membuat grafik pada Excel yang mudah berikut ini.

Cara Membuat Grafik Di Excel

Grafik akan bisa memudahkan orang banyak untuk membaca data kamu dengan memberikan visualisasi dan nilai numerik yang mudah dipahami. Grafik adalah cara paling dasar untuk merepresentasikan data secara visual, dan biasanya menampilkan nilai titik data selama durasi waktu tertentu. 

Sehingga tidak heran jika ada banyak orang sering menggunakan grafik dalam presentasi. Membantu untuk memberikan gambaran singkat kepada manajemen, klien, atau anggota tim tentang kemajuan atau hasil yang akan dicapai atau yang sudah dicapai. Kamu dapat membuat grafik untuk mewakili hampir semua jenis data kuantitatif, menghemat waktu dan pikiran.

Sangat mudah untuk membuat grafik di Excel, apa lagi kita dapat menyimpan data secara langsung di Workbook Excel, sehingga tidak harus mengimpor data dari program lain. Excel juga memiliki berbagai jenis preset grafik, sehingga kamu dapat memilih salah satu yang bisa mewakili hubungan data yang ingin kamu highlight.

Untuk membuat sebuah grafik, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masukkan Data ke dalam Worksheet

Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja yang baru. Masukkan data yang ingin kamu gunakan untuk membuat grafik. Pastikan untuk menyertakan label untuk kolom dan baris. Hal ini bisa mempermudah untuk menerjemahkan data ke dalam grafik dengan label yang jelas.

2. Tentukan Jarak Data yang Akan Digunakan

Highlight data yang akan kamu gunakan dalam grafik dengan metode click and drag. Pastikan data yang akan digunakan sudah benar-benar ter-highlight. Cell yang terpilih akan berubah warna menjadi abu-abu, kamu bisa dengan jelas melihatnya.

Baca juga: Cara Menghitung Standar Deviasi di Excel Biar Efektif

3. Pilih Jenis Grafik yang Ingin Digunakan

Setelah memilih data yang ingin diubah dalam bentuk grafik, klik tab Insert di bagian atas. Kamu akan melihat berbagai macam template grafik yang bisa digunakan. Kamu bisa memilih mana yang sesuai untuk menyajikan data yang sudah dibuat. Excel akan secara otomatis membuat grafik dari data yang sudah kamu pilih. Grafik ini akan muncul di tengah dari Workbook kamu. Untuk memberikan nama pada grafik tersebut, klik dua kali teks “Judul Grafik” dan ketikkan judul yang diinginkan.

4. Tambahkan Elemen pada Grafik Kamu

Menambahkan elemen ke grafik akan menyempurnakannya. Hal ini bisa membantu untuk memperjelas data atau memberikan konteks tambahan. Kamu bisa memilih elemen-elemen tambahan dengan mengklik menu dropdown “Add Chart Element” yang berada di sudut kiri atas.

5. Mengubah Estetika Grafik

Kamu bisa mengganti warna, bentu, hingga gaya dari grafik yang kamu gunakan. Menu ini bisa kamu temukan di Toolbar. Ubah grafik sesuai kebutuhan kamu dan buat menjadi lebih menarik.

Baca juga: 3 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel

Itulah cara membuat grafik di Excel yang bisa kamu pelajari. Semoga hal ini bisa membantu kamu. Jika kamu ingin menguasai berbagai macam skill lainnya yang berhubungan dengan Microsoft Office, kami menyediakan program Microsoft Office Specialist. Di sini kamu bisa belajar berbagai macam skill untuk Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Hubungi MyEduSolve sekarang juga di +62 878-5706-7313 untuk informasi lebih lanjut terkait sertifikasi yang kamu butuhkan! Atau bisa juga cek website kita untuk menemukan informasi dan berbagai macam program sertifikasi lainnya!

Article Tag:

cara membuat grafik di excel

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Inilah Cara Membuat Grafik Di Excel yang Mudah Untuk Kamu Pelajari

Posted: Thursday, Apr 14, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

cara membuat grafik di excel

Category:

Pengembangan Skill

Share:

585

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.