3 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel

Tinggalkan cara manual dalam membuat nomor di Excel yang kurang efisien dan pelajari cara membuat nomor otomatis di Excel untuk kemudahan pekerjaanmu.

Posted: Monday, Feb 14, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Monday, Feb 14, 2022

Share:

3 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel cover

Pernahkah kamu memasukkan nomor secara berurutan di Excel secara manual atau melakukan drag hingga mencapai angka yang dibutuhkan? Langkah ini cukup mudah, tapi bagaimana jika nomornya berjumlah hingga ratusan atau ribuan? Kurang efektif, bukan? Kamu harus tahu cara membuat nomor otomatis di Excel agar pekerjaanmu cepat tuntas.

Pilihan Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel

Excel menyediakan berbagai opsi untuk membuat penomoran secara otomatis, mulai dari AutoFill sampai memanfaatkan formula atau rumus khusus. Kamu tidak perlu lagi mengisi nomor secara manual setelah mempelajari cara otomatis tersebut. Penomoran manual justru berpotensi menciptakan kesalahan data, apalagi kalau kamu kurang konsentrasi saat mengisinya.

Tidak perlu berlama-lama lagi, MyEduSolve akan memberikan tips penomoran (numbering) secara otomatis yang bisa kamu terapkan.

1. Metode AutoFill

AutoFill adalah metode yang familier digunakan untuk membuat penomoran. Ya, metode ini sama seperti kamu melakukan drag hingga mencapai angka terakhir. Namun, tahukah kamu kalau metode ini berguna untuk membuat bilangan berpola seperti ganjil atau genap?

Baca juga: Terapkan 11 Skill Marketing Ini untuk Bantu Kejar Target!

Caranya sama, hanya saja kamu harus memasukkan pola angka yang dibutuhkan. Misalnya, kamu hendak membuat pola bilangan ganjil. Kamu harus memasukkan angka 1 dan 3 terlebih dahulu, baru kemudian melakukan drag seperti biasa sampai angka terakhir. Kekurangannya, cara ini tidak efektif kalau kamu ingin memasukkan angka hingga ratusan atau ribuan.

2. Lewat Menu Fill

Cara inilah yang efektif kalau kamu ingin membuat penomoran hingga ribuan. Kamu akan membutuhkan menu ini jika ingin membuat database yang berisi ribuan data. Berikut ini langkah-langkah membuat penomoran menggunakan menu ‘Fill’.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill yang Penting Di Dunia Kerja
  1. Mulailah dengan memasukkan nomor awal di sel yang akan dimasukkan. Setelahnya, blok atau seleksi sel tersebut.
  2. Beralihlah ke tab Home yang terletak di atas. Pilih menu ‘Fill’ yang ada di submenu ‘Group Editing’, kemudian klik ‘Series…’. Tunggu kotak dialognya.
  3. Pada bagian ‘Series In’, pilih ‘Columns’ jika arah penomoran yang diinginkan menurun atau ke bawah, atau ‘Rows’ jika arahnya mendatar atau ke kanan.
  4. Pilih ‘Linear’ di bagian Type.
  5. Pada bagian ‘Step Value’, isi penambahan urutan penomoran sesuai pola yang diinginkan. Value default-nya adalah 1 sebagai jumlah minimal.
  6. Pada bagian ‘Stop Value’, isi nomor terakhir dalam sel kita. Kamu bisa memasukkan angkanya hingga ribuan di bagian ini.
  7. Klik ‘OK’. Kamu akan melihat halaman Excel sudah terisi nomor hingga 1000, sesuai dengan langkah di atas.

Rumus Excel

Langkah terakhir, kamu bisa mempelajari rumus-rumus Excel untuk melakukan penomoran otomatis. Rumus yang sering digunakan untuk penomoran adalah IF, ROW, COUNT, COUNTA, dan COUNTIF. 

Rumus atau formula tersebut sangat membantu saat kamu ingin membuat penomoran dengan kasus tertentu. Misalnya, membuat penomoran berulang, menambahkan nomor berdasarkan isi kolom di sebelahnya, dan sebagainya. Contohnya, kombinasi formula IF dan ROW untuk membuat penomoran berselang, alias kolom nomor terisi otomatis hanya jika kolom di sebelahnya terisi. 

Baca juga: 6 Macam-Macam Rumus Excel Sederhana untuk Pekerjaanmu

Kalau tertarik mempelajari penomoran berbasis formula ini lebih lanjut, kamu bisa mengikuti program Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve. Program sertifikasi ini setara penggunaan Microsoft Office selama 150 jam, membuatmu lebih mahir di bidang tersebut. Ada dua level sertifikasi Microsoft Excel yang bisa kamu ikuti sesuai kemampuan, yaitu level associate dan level expert. Tidak rugi mendaftarkan dirimu untuk mengikuti sertifikasi ini, justru bisa meningkatkan kariermu saat bekerja nanti.

Banyak sekali cara membuat nomor otomatis di Excel yang bisa diterapkan. Semakin sering latihan dan mempelajari penomoran otomatis di atas, skill Excel-mu semakin terasah. Pekerjaanmu jadi lebih cepat dan praktis dengan mempraktekkan cara di artikel ini.

Article Tag:

cara membuat nomor die excel,excel,microsoft excel

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

3 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel

Posted: Monday, Feb 14, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

cara membuat nomor die excel,excel,microsoft excel

Category:

Pengembangan Skill

Share:

1,612

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.