Ingin Dilirik Startup Besar? Yuk Kenalan dengan Project Management Skill!

Mempunyai Project Management skill sangat dibutuhkan untuk kesuksesan proyek startup besar.

Posted: Tuesday, Sep 06, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Tuesday, Sep 06, 2022

Share:

Ingin Dilirik Startup Besar? Yuk Kenalan dengan Project Management Skill! cover

Di lingkungan kerja, pasti tidak pernah lepas dari proyek-proyek yang dicanangkan oleh berbagai startup besar. Hal tersebut membuktikan bahwa startup tersebut sedang berkembang menuju ke arah yang lebih baik. Namun, bagaimana ‘kah caranya untuk bisa melaksanakan proyek-proyek besar tersebut dengan baik? Mari kita kenalan dengan Project Management skill!


Apa itu Project Management?

Menurut Investopedia, Project Management merupakan metode yang meliputi perencanaan serta pengelolaan sumber daya startup yang bertujuan untuk menyelesaikan sebuah proyek. 

Orang yang bertanggung jawab atas keberlangsungan keseluruhan proyek biasa disebut sebagai Project Manager. Apa pun industri kerjanya, seluruh tugas Project Manager itu sama, yaitu untuk membantu dan menentukan sasaran proyek dan bisa menentukan berbagai komponen harus diselesaikan waktu kapan serta oleh siapa. 


Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager 

Tahapan Penting yang Harus Dilakukan

Project Management harus melalui berbagai tahapan agar sebuah proyek bisa terlaksana dengan baik. Buku dari Project Management Institute yang berjudul, “Project Management Body of Knowledge” memberitahukan bahwa ada 5 tahapan yang harus dilakukan. Berikut tahapannya:


  1. Inisiasi (Project Initiation)

Tahapan ini adalah langkah awal untuk mencari dan membuktikan bahwa sebuah proyek punya value. Dalam tahapan ini, biasanya Project Manager akan membuatkan dokumen business case yang berisikan seluruh kebutuhan proyek serta perkiraan potensi keuntungan finansial yang akan diraup. Pembuatan dokumen tersebut bertujuan agar proyek dapat terlihat apakah layak untuk dijalankan dalam waktu dan biaya yang normal.


  1. Perencanaan (Project Planning)

Setelah melalui proses inisiasi, jika proyek telah disetujui maka proses perencanaan akan dilaksanakan. Tahapan ini sangat penting karena akan menjadi kunci keberhasilan keseluruhan Project Management.


Metode yang populer yang biasa digunakan dalam tahapan ini adalah SMART yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timebound. Hasil dari metode tersebut akan menentukan tujuan bisnis kedepannya. Tidak hanya itu, Project Manager perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana. Dokumen tersebut meliputi:


  • Work Breakdown Schedule (WBS)

  • Gantt Chart

  • Scope Statement


Baca juga: Ini Dia Cara Membuat Project Management Plan yang Baik

  1. Eksekusi (Project Execution)

Selama tahap ini produk akan dikelola, dikembangkan, serta diselesaikan dalam proyek. Project Manager perlu melakukan beberapa hal yaitu:


  • Manajemen tugas

  • Manajemen jadwal

  • Pengelolaan biaya atau anggaran

  • Pengelolaan kualitas


Selain itu, Project Manager perlu melakukan komunikasi dengan baik kepada pemangku kepentingan agar menghindari kesalahpahaman dan mendapatkan hasil sesuai harapan.


  1. Pengawasan (Project Monitoring)

Dalam tahap pengawasan, Project Manager akan memantau kemajuan serta kinerja proyek untuk memastikan semua aktivitas sudah sesuai rencana. Biasanya, seorang Project Manager menggunakan Key Performance Indicators (KPI) sebagai penilaian keberhasilan sebuah proyek.


Beberapa aspek yang akan diukur oleh Project Manager antara lain:

  • Scope proyek

  • Distribusi anggaran

  • Jadwal dan tenggat waktu proyek

  • Kualitas dari produk yang dikembangkan


Baca juga: Apa Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?

  1. Penutupan (Project Closure)

Tahapan terakhir Project Management ini akan dilakukan presentasi mengenai hasil akhir dan disajikan kepada klien atau pemangku kepentingan. Saat tahap penutupan, Project Manager akan menyelesaikan seluruh kontrak yang dilibatkan, kemudian membuat arsip dokumen penting, hingga membuat laporan.


Namun pada tahap ini, Project Management belum bisa dikatakan selesai total. Berbagai proses lanjutan seperti pemeliharaan perlu tetap dilaksanakan.


Itu dia perkenalan kepada Project Management. Bagi kalian yang tertarik untuk belajar Project Management, MyEduSolve punya sertifikat resmi dari Project Management Institute, loh! Cek di website untuk mendapatkannya ya!


Article Tag:

project managementproject management skillproject manager

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Articles Info

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Ingin Dilirik Startup Besar? Yuk Kenalan dengan Project Management Skill!

Posted: Tuesday, Sep 06, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

project managementproject management skillproject manager

Category:

Pengembangan Skill

Share:

186

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.