Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

FOMO Adalah: Pengertian dan Cara Mengatasinya

Apa itu FOMO? Dan bagaimana cara mengatasi FOMO? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Posted: Thursday, Oct 06, 2022

Share:

FOMO Adalah: Pengertian dan Cara Mengatasinya cover

Istilah FOMO makin populer seiring dengan perkembangan media sosial seperti Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi momen bahagia atau rutinitasnya dalam bentuk foto maupun video. Konten yang diunggah tersebut dapat memicu kecemasan jika kita terjebak untuk selalu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain yang terlihat lebih baik dan menyenangkan.

Pengertian FOMO

FOMO singkatan dari Fear of Missing Out. FOMO adalah perasaan takut “tertinggal” yang muncul akibat dari tidak melakukan atau mengikuti aktivitas atau tren tertentu dan menganggap orang lain menjalani maupun mengalami hal-hal yang lebih baik dibandingkan dengan kehidupan yang sedang kita jalani. Perasaan ini cenderung memicu kita untuk merasa rendah diri dan merasa gagal. Efek dari FOMO yang berlarut-larut akan mempengaruhi kesehatan mental kita menurunkan tingkat kepuasan akan hidup yang kita jalani saat ini.

Baca juga: Kenali 5 Tanda-tanda Kamu Gagal Interview Kerja

Cara Mengatasi FOMO

Tenggelam dalam perasaan tertinggal dan tidak segera bangkit untuk memperbaiki apa yang bisa kamu perbaiki akan dapat mempengaruhi kesehatan mental kamu, MESFriend! Dilansir dari VeryWelMind, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari rasa takut tertinggal yang berlarut-larut:

  1. Mengurangi dan Membatasi Diri Mengakses Media Sosial

Kebutuhan untuk mengecek akun media sosial kita adalah bagian dari gaya hidup manusia modern dan tidak dapat terelakkan. Namun, apabila kamu sulit untuk mengurangi kebiasaan mengecek media sosial, kamu bisa melatih diri lebih dulu untuk lebih mindful saat hendak membuka Instagram, Twitter, dan lain sebagainya, dengan menetapkan tujuan atau apa yang ingin kamu cari disana. Jika penting dan memang sangat diperlukan, maka bukalah, akan tetapi jika tidak, lebih baik kamu menunda untuk membukanya karena tanpa tujuan yang ditetapkan di awal, kita bisa saja terlena dan berakhir dengan men-scrolling konten-konten yang sebenarnya tidak kamu butuhkan hingga berjam-jam lamanya.

  1. Mencoba Digital Detox

Jika perasaan cemas karena merasa tertinggal ini semakin memburuk, ada baiknya kamu mencoba Digital Detox. Digital Detox adalah periode dimana kamu secara sadar menahan diri atau memilih untuk menghentikan sementara kegiatan yang menggunakan perangkat digital seperti smartphone, komputer, dan juga media sosial.

  1. Menulis Gratitude Journal

Bersyukur merupakan cara untuk terhindar dari perasaan negatif yang paling mudah dilakukan namun sering dilupakan. Sering kali kita lupa dan mengabaikan hal-hal kecil yang kita dapatkan dan meminta hal-hal lain yang belum kita capai hanya karena orang lain sudah mendapatkannya. Maka untuk melatih diri bersyukur lebih banyak, kamu bisa memulai dengan menulis tiga hal yang paling kamu syukuri di hari ini dan melakukannya setiap hari!

  1. Berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayang

Relasi dalam kehidupan nyata tentu akan lebih memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan kehidupan dunia maya. Tetaplah menjalin komunikasi dengan teman atau orang-orang yang memberikan energi positif.

Baca juga: Job Hopping: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apabila kamu sedang mengalami kesulitan atau masalah terkait karier dan dunia kerja, kamu bisa berbagi cerita di #TalktoDIAN secara anonim dan mendapatkan validasi sekaligus saran dari pakar ahli secara GRATIS tanpa dipungut biaya!

Related Tags

FOMO

3,642

Recommended Articles

Mengenal Managerial Skill yang Penting untuk Promosi Jabatan cover

Posted: 2 years ago

8 Min Read

Apa Itu Fatigue Management dan 5 Tips Melakukannya cover

Posted: a year ago

7 Min Read

3 Cara Mengatur Spasi Di Word Agar Sesuai Kebutuhan cover

Posted: 2 years ago

7 Min Read

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.