Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ekonomi Digital: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Apa itu ekonomi digital? Bagaimana potensi ekonomi digital Indonesia dikembangkan? Berikut penjelasan selengkapnya!

Posted: Tuesday, Oct 18, 2022

Share:

Ekonomi Digital: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya cover

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia akan diuntungkan dengan adanya bonus demografi, di mana sebagian besar penduduk berada pada usia produktif yang saat ini sering dikenal sebagai Generasi Millennial dan Gen-Z. Banyaknya bisnis konvensional beralih menggunakan teknologi digital sebagai salah satu media untuk promosi dan untuk menjalin relasi dengan customer mereka, merupakan salah satu contoh bagaimana ekonomi digital telah menjadi bagian dari kehidupan kita dalam sektor operasional bisnis. 

Ekonomi digital di masa pandemi pada tahun 2019 hingga 2020 semakin berkembang pesat sebagai bentuk adaptasi antara konsumen untuk berinteraksi secara langsung akibat limitasi akses untuk keluar rumah. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait pengertian, karakteristik, dan juga manfaat ekonomi digital!

Pengertian Ekonomi Digital

Ekonomi digital adalah istilah yang muncul karena adanya fenomena aktivitas perekonomian yang ada dengan memanfaatkan teknologi digital seperti menggunakan internet atau juga kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Baca juga: 5 Cara Mengelola Stres Saat Bekerja

Karakteristik Ekonomi Digital

Dikutip dari SAP, terdapat 5 karakteristik ekonomi digital yang secara signifikan mengubah bagaimana manusia dan bisnis berinteraksi selama beberapa dekade terakhir. Beberapa karakteristik tersebut diantaranya:

  • Interaksi Langsung (Direct)

Ekonomi digital menciptakan hubungan yang lebih langsung antara pembeli dan penjual tanpa adanya perantara.

  • Personalisasi Produk/Layanan (Personalized)

Ciri lain dari ekonomi digital adalah personalisasi pelanggan yang berarti pelanggan dapat mengkostumisasi sesuai dengan seleranya.

  • Serba digital dan terukur (Digitization & Tracked)

Dalam ekonomi digital, seluruh kegiatan digital dapat diukur, dilacak, dan dianalisis untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

  • Selalu Terhubung (Connected)

Komunikasi dapat dilakukan oleh seluruh pihak yang dapat membantu untuk pengambilan keputusan berdasarkan data, sehingga meningkatkan efisiensi dan visibilitas perusahaan.

  • Terbuka pada Kolaborasi (Shared)

Ekonomi digital membuat perusahaan dapat beroperasi dengan berkolaborasi dengan pihak ketiga menurunkan biaya operasional.

Contoh Ekonomi Digital

Contoh ekonomi digital di Indonesia yang bisa kita lihat adalah:

  • Bidang Transportasi

Kamu bisa memesan ojek hanya dengan ponselmu. Kamu hanya tinggal mengetik alamat tujuan dan penjemputan, maka setelahnya sistem pada aplikasi tersebut akan memilihkan driver secara otomatis berdasarkan dari posisi terdekat mereka dari titik penjemputan. Selain itu ada banyak layanan lain yang bisa kamu gunakan dalam satu aplikasi yang sama.

  • Bidang Perbankan

Kemudahan ekonomi digital pada bidang perbankan bisa dilihat dari banyaknya bank yang berlomba-lomba membuat aplikasi mobile yang dapat memberikan pelayanan sederhana seperti transfer uang hingga layanan membuka rekening baru yang bisa dilakukan hanya dari rumah. Dengan ada layanan tersebut kamu dapat menghemat banyak waktu dan tenaga untuk mengantri.

  • Bidang Kesehatan

Konsultasi dengan dokter atau membeli obat sekarang dapat dengan mudah dilakukan secara daring. Sangat menghemat energi dan biaya tanpa perlu ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit.

  • Bidang Perdagangan

Lahirnya e-commerce mempermudah pertemuan antara penjual dan pembeli meski tanpa adanya toko fisik. Kemudahan pembayaran di e-commerce juga didukung dengan berbagai layanan keuangan yang terintegrasi dan mudah untuk digunakan.

Manfaat Ekonomi Digital

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dengan adanya perkembangan ekonomi digital, yaitu:

  • Konsumen dapat menemukan lebih banyak informasi seperti ulasan dari konsumen lain di forum untuk membuat keputusan pembelian tentang barang dan jasa yang mereka butuhkan.

  • Saluran layanan pelanggan (live chat) memungkinkan pelanggan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan atau menyelesaikan masalah dengan produsen dengan lebih cepat.

  • Teknologi digital, seperti otentikasi pembayaran online yang kuat dan terintegrasi dengan sistem, membuat transaksi lebih aman.

Baca juga: Mengenal Manajemen Waktu dan Cara Melakukannya

Itulah dia penjelasan terkait ekonomi digital dan hal-hal apa saja yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar keinginan atau permasalahan dalam berkarier di bidang ekonomi digital, kamu bisa mengirimkan pertanyaan kamu ke #TalktoDIAN, ya, MESFriend!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Ekonomi Digital: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Posted: Tuesday, Oct 18, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Ekonomi Digital

4,249

Recommended Articles