Dari Data Analyst Jadi People Analyst, Firli: Ilmu Data Analyst Bisa Dikombinasikan!

Firli Atika merupakan salah satu peserta Studi Independen di MyEduSolve pathway Data Analyst. Simak keseruan ceritanya pada artikel berikut ini!

Posted: Friday, Nov 25, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Friday, Nov 25, 2022

Share:

Dari Data Analyst Jadi People Analyst, Firli: Ilmu Data Analyst Bisa Dikombinasikan! cover

Firli Atika merupakan salah satu mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Firli merupakan salah satu peserta Studi Independen Cycle 3 yang saat ini juga sedang menjalani magang di Accenture sebagai Recruitment Intern. Yuk, kita dengarkan cerita Firli selama belajar di MyEduSolve!


Baca juga: Bermimpi Menjadi Dosen, Afri Candra: Termotivasi Karena Ikut Studi Independen!


Prospek Data Analyst yang Cerah di Masa Depan

Pathway Data Analyst merupakan salah satu pathway yang ramai peminat di MyEduSolve. Hal ini tidak bisa lepas dari adanya potensi kebutuhan tenaga kerja di masa yang akan datang pada bidang ini. Firli pun mengungkapkan alasannya mengapa ia memilih pathway Data Analyst di MyEduSolve.


“Alasan aku memilih pathway Data Analyst itu karena ilmunya masih general jadi menurutku bisa di-combine. Bisa jadi HR Analyst ataupun People Analyst”.


Aku Belajar Hal Baru dan Berprogress

Sama halnya dengan mahasiswa yang belum pernah belajar Python, Firli pun mengalami kesulitan untuk memahami materi di masa awal kegiatan pembelajaran di Studi Independen dimulai. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus belajar hingga mendapatkan sertifikat keahlian dari MyEduSolve.


“Tantangan terbesarnya adalah materi banget apalagi Phyton dan awal-awal pasti bingung. Tapi pelan-pelan bisa belajar sedikit demi sedikit jadi mengerti Phyton dan SQL itu kayak gimana. Sekarang aku sudah memiliki tiga sertifikasi keahlian dari MyEduSolve.”


Menantang Aku untuk Belajar Manajemen Waktu

Selain tertantang untuk belajar hal baru seperti Phyton dan SQL, Firli juga merasa bahwa manajemen waktu juga.


“Jadwal belajar di MyEduSolve yang cukup padat jadi challenge buat aku untuk mengatur waktu, tapi di sisi lain itu serunya karena belajarnya memang dibantu dari nol. Apalagi materinya sangat baru buat aku. Akan tetapi, mentor-mentor juga sangat open gitu untuk menjelaskan dari hal-hal yang dasar banget sampai bener-bener ngerti”.


Kebiasaanku Berubah Sejak Ikut Studi Independen!

Selama mengikuti kegiatan belajar di Studi  Independen, Firli mengaku adanya perubahan beberapa kebiasaannya menuju ke arah yang lebih produktif dengan belajar dan ikut 1-on-1 mentoring session.


“Aku merasakan impact dari ikut Studi Independen ini mengubah kebiasaan aku seperti main handphone dan santai-santai malam”.


Belajar Data Analyst untuk Menjadi People Analyst

Sejak memutuskan untuk mengambil pathway Data Analyst, Firli sudah memiliki pandangan karier ke depan yang ingin ia jalani yaitu menjadi seorang People Analyst atau HR Analyst. Menurutnya, ilmu yang dipelajari dalam Data Analyst bisa dikombinasikan dengan ilmu lainnya.


“Dengan latar belakang aku sekarang sebagai Recruitment Intern, aku ingin nantinya mengkombinasikan ilmu yang aku dapat dengan ilmu dari Human Resource karena ilmu yang dipelajari saat analisis data sifatnya general. Ke depannya aku ingin menggunakan ilmu yang aku dapat dari belajar menjadi Data Analyst ini untuk meniti karier sebagai HR Analyst ataupun People Analyst”.


Baca juga: Dapat Dukungan Mental dari Mentor, Nur Intan: 1-On-1 Career Mentoring Mengubah Pandangan Karierku!


Kamu juga bisa mengikuti jejak Firly untuk menjadi Data Analyst dengan mulai belajar dan ambil sertifikasi Microsoft Excel - Expert hanya di MyEduSolve!

Article Tag:

Studi IndependenMyEduSolve

Category:

Studi Independen

Written By

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Articles Info

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Dari Data Analyst Jadi People Analyst, Firli: Ilmu Data Analyst Bisa Dikombinasikan!

Posted: Friday, Nov 25, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Studi IndependenMyEduSolve

Category:

Studi Independen

Share:

48

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.