Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Dapat Dukungan Mental dari Mentor, Nur Intan: 1-On-1 Career Mentoring Mengubah Pandangan Karierku!

Yuk, kita simak lagi cerita dari salah satu Alumni Studi Independen Cycle 2!

Posted: Friday, Nov 11, 2022

Share:

Dapat Dukungan Mental dari Mentor, Nur Intan: 1-On-1 Career Mentoring Mengubah Pandangan Karierku! cover

Kali ini MyEduSolve kembali mewawancarai salah satu Alumni Studi Independen Cycle 2 yaitu Nur Intan Agustin atau kerap disapa Intan. Intan merupakan mahasiswi semester 7 jurusan Sistem Informasi di Universitas Catur Insan Cendekia, Cirebon. 

Pada Studi Independen Cycle 2 lalu, Intan tergabung dalam pathway Microsoft Office Specialist Expert kelas A.

Baca juga: Lulusan SMA Bukan Penghalang, Rizki Dian Cahyani: DIAN Intensive Career Recommended Banget!

Apa sih alasan kamu memilih pathway Microsoft Office Specialist?

Berbeda dengan mahasiswa jurusan Sistem Informasi yang biasanya lebih tertarik memilih pathway Data Scientist, Intan lebih yakin dan tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang penggunaan Microsoft Office di dunia kerja.

“Alasan ambil MOS itu karena aku takut tidak bisa mengikuti materi pathway lainnya. Jadi menurut aku MOS itu lebih general materinya dan juga aku sudah riset ke alumni yang sebelumnya pernah ikut pathway ini mereka bilang worth it.”

Apa tantangan terbesar yang kamu hadapi selama Studi Independen?

Menurut Intan, ada tiga hal yang menjadi kendala selama ia mengikuti program Studi Independen ini. Akan tetapi kendala atau tantangan tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sampai akhir.

“Tantangan terbesar buat aku itu yang ada tiga yaitu waktu, device, sama materi. Untuk materi yang susah buat aku itu bagian Microsoft Excel. Kalau waktu itu karena malam kelasnya itu aku kadang susah berkonsentrasi tapi materinya tetap bisa aku ikuti.”

Apa kesan yang kamu dapat selama lima bulan belajar di MyEduSolve?

Banyak dari Alumni Peserta Studi Independen menyatakan bahwa mereka merasa terbantu dan mendapatkan manfaat dari 1-On-1 Career Mentoring. Begitu pun dengan Intan. Kedekatannya dengan sang mentor membuatnya nyaman untuk menceritakan kegelisahan dan masalah yang dihadapi.

“Yang paling berkesan buat aku itu sesi 1-on-1 mentoring. Buat aku sesi 1-on-1 mentoring itu mengubah pandangan karier aku kedepannya dan benar-benar memfasilitasi kita sebagai peserta untuk mendapat bimbingan secara mental itu kita bisa curhat ke mentor dan membantu kita untuk menghadapi masalah kita atau kita lagi burnout dan unmotivated gitu. Kalau kelas pathway aku jadi lebih tahu tentang Microsoft Office lebih jauh dan diajarin caranya sampai detail.”

Apa sih pentingnya sertifikasi buat kamu?

MyEduSolve selalu berkomitmen untuk mendorong agar sumber daya manusia di Indonesia memiliki keterampilan khusus yang dapat digunakan saat mereka bekerja. Adanya sertifikasi akan membantu mereka dalam memvalidasi keterampilan para peserta program Studi Independen miliki.

“Buat aku yang pertama kali mencari pengalaman, sertifikasi itu bisa menjadi bekal buat aku misalkan saat interview kerja atau magang. Sertifikasi yang aku dapatkan bisa menjadi bukti keterampilan yang aku punya.”

Apakah ilmu dari sertifikasi membantumu?

Saat ini Intan sedang menjalani program magang di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Menurut Intan, ilmu-ilmu yang didapatnya selama Studi Independen kemarin membantu pekerjaannya di tempat magang saat ini.

“Ilmu yang aku dapatkan saat studi independen membantu aku di tempat magang seperti sorting data jadi lebih gampang.”
Baca juga: Berawal dari Iseng Daftar, Furqan: Sertifikasi Adobe Membantuku Diterima Magang di Kompas Gramedia!

Ikuti terus update seputar cerita perjalanan Alumni Studi Independen Kampus Merdeka dengan mengikuti akun media sosial MyEduSolve di Twitter dan Instagram. Sampai jumpa di konten selanjutnya!

Related Tags

Alumni Studi Independen

3,148

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.