Cara Mudah Menghitung Persentase Menggunakan Microsoft Excel

Menghitung persen di Microsoft Excel sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan yang rumit menjadi mudah. Simak caranya dan apa saja rumus untuk menghitung persentase melalui artikel ini!

Posted: Friday, Jul 14, 2023

Updated: Saturday, Sep 23, 2023

Share:

author:Leo Bisma

Bisma L.

Cara Mudah Menghitung Persentase Menggunakan Microsoft Excel cover

Microsoft Excel termasuk salah satu program komputer yang paling banyak dipakai di perkantoran. Maka dari itu, mempelajari dan menguasai Microsoft Excel menjadi hal yang wajib di masa kini. 

Namun karena Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi, kamu pasti butuh waktu untuk sampai di level mahir. Yuk, belajar salah satu rumus Microsoft Excel yang sering dipakai di dunia kerja, yaitu rumus tambah persen di artikel ini.

Kegunaan Rumus Persentase di Excel

Bagi kamu yang bekerja di bidang akuntansi, penjualan, administrasi, pengolahan data, arsip tentu memerlukan sajian data dalam bentuk persen.

Bahkan di bidang pendidikan sekalipun memerlukan penguasaan Microsoft Excel terutama penggunaan rumus persentase. Dalam pengolahan data, tentunya sudah sering menjumpai berbagai bentuk data berupa besaran persen.

Besaran persen biasanya mempermudah pengguna dalam membaca data sehingga cukup sering dipakai. Maka dari itu penguasaan rumus ini di penggunaan Microsoft Excel sangat penting.  

Cara Menghitung Menggunakan Rumus Persen di Excel

Meskipun rumusnya sederhana, tetapi banyak orang yang sering lupa dengan rumus ini karena Microsoft Excel punya banyak sekali rumus.

Rumus persentase ini pada dasarnya sangat mudah. Tapi untuk memudahkan kamu memahami, mari lihat contoh kasus di bawah ini supaya mempermudah kamu dalam mengingatnya.

1. Siapkan Data di Tabel Referensi

Siapkan Data di Tabel Referensi

Sebelum mulai mengerjakan rumus persentase, kamu terlebih dulu menyajikan seluruh data di tabel referensi. Data di atas menunjukkan lampiran nilai siswa dari enam mata pelajaran.

2. Jumlahkan Seluruh Nilai Mata Pelajaran

Rumus excel - Jumlahkan Seluruh Nilai Mata Pelajaran

Untuk mendapatkan besaran persen, kamu harus menjumlahkan nilai di seluruh subjek pelajaran dengan menggunakan rumus =SUM(sel pertama:sel terakhir).

Pada contoh di atas pengguna ingin menjumlahkan keseluruhan nilai Ramu, maka harus memasukkan rumus berikut: =SUM(B2:G2).

Rumus excel - penjumlahan Seluruh Nilai Mata Pelajaran

Untuk mempercepat kalkulasi, kamu tidak perlu menuliskan rumus secara manual. Cukup klik baris pertama pada kolom H2 lalu tarik ke bawah sampai di data terakhir. Nanti sistem akan langsung menghitung total skor lainnya secara otomatis.

3. Ubah Jumlah Total ke Hitungan Desimal

Rumus excel - Ubah Jumlah Total ke Hitungan Desimal

Setelah nilai total dari semua siswa sudah didapatkan, selanjutnya kamu harus mengubah skor tersebut ke angka desimal.

Caranya adalah skor nilai total dibagi dengan jumlah nilai penuh seluruh mata pelajaran. Pada contoh di atas nilai penuh adalah 100 dan jumlah mata pelajarannya 6, jadi total keseluruhannya ada 600.

Maka untuk mengubah besaran data ke bentuk desimal adalah dengan membagi nilai total siswa dengan 600.

4. Ubah Bentuk Desimal ke Persen

rumus excel - Ubah Bentuk Desimal ke Persen

Langkah terakhir, kamu tinggal mengubah dari besaran desimal ke besaran persen dengan menekan Ctrl+Shift+%. Setelah itu seluruh data akan berubah secara otomatis dari desimal ke besaran persen.

Tapi kamu juga bisa melakukan cara cepat dengan menekan simbol (%) yang ada di menu Beranda.

Baca juga: Cara Menghitung Persen di Excel dengan Mudah dan Tanpa Ribet 

Menghitung Persen Kenaikan di Microsoft Excel

Setelah mengetahui cara mengubah data ke besaran persen, kamu juga perlu tahu cara menghitung persen kenaikan di Microsoft Excel. Yuk, ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk kamu praktekkan.

1. Sajikan Data di Tabel Referensi

Menghitung Persen Kenaikan di Microsoft Excel - sajikan data di tabel referensi

Sebelum mengolah data, hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah menyajikan tabel referensi yang berisi seluruh data.

Pada contoh di atas, kamu perlu membuat kolom penjualan setiap bulannya agar bisa kamu bandingan pertumbuhannya.

2. Masukkan Formula Persen Kenaikan

Menghitung Persen Kenaikan di Microsoft Excel - masukkan formula persen kenaikan

Untuk mengetahui persen kenaikan setiap bulannya, kamu perlu memasukkan formula berikut: =(sel nilai akhir-sel nilai awal)/sel nilai awal.

Dengan mengambil contoh seperti di atas, berarti kamu perlu memasukkan penjualan di bulan Februari (C2) lalu dikurangi penjualan di bulan Januari (B2), kemudian dibagi dengan penjualan bulan Januari (B2). Maka, rumus yang harus dimasukkan sebagai berikut: (C2-B2)/B2.

Setelah kamu menekan tombol ENTER, sistem akan langsung mengkalkulasikan angkanya dalam bentuk persen.

Baca juga: 4 Cara Mengurutkan Data di Excel secara Mudah 

Menghitung Persen Proporsi

Selain bisa menghitung persen kenaikan, Microsoft Excel juga dapat menghitung persen proporsi suatu bagian. Rumusnya pun terhitung sangat mudah. Yuk, ikuti langkah cepat berikut.

Menghitung Persen Proporsi

Contoh di atas menunjukkan rumus untuk mendapatkan proporsi dengan cara memasukkan rumus berikut: =sel angka kenyataan/sel angka kemungkinan.

Lalu, pengguna memasukkan angka kenyataan (B2) dibagi dengan angka kemungkinan (C2). Rumus pun menjadi =B2/C2, lalu persentase akan menghasilkan kalkulasi otomatis.

Menghitung Persen Diskon

Tidak sampai disitu saja, supaya kamu makin mahir Microsoft Excel, kamu juga perlu menguasai rumus persen diskon atau persen pengurangan. Mari simak penjelasan singkat berikut.

Menghitung Persen Diskon

Secara singkat kamu hanya perlu memasukkan rumus berikut: =sel harga awal*(1-besaran diskon).

Mengacu pada gambar tabel referensi di atas, kamu hanya perlu mengetikkan secara manual harga awal (B2) lalu dikalikan dengan besaran diskon (C2). Maka jadilah rumus berikut: =B2*(1-C2).

Kemudian hasil akhirnya akan langsung terkalkulasi dengan akurat secara otomatis. Kamu tinggal ulangi cara tersebut di baris lainnya.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Setelah mengetahui deretan rumus persentase di Microsoft Excel, kamu tentunya perlu mengasah skill-mu dengan mempraktekannya. Tentu akan lebih maksimal lagi jika kamu mengikuti sertifikasi Microsoft Excel Expert di MyEduSolve yang berlisensi langsung dari Microsoft.

Segera uji kemahiran Excel-mu di MyEduSolve. Yuk, segera daftarkan dirimu sekarang juga dan tingkatkan skill Microsoft Excel!


Sumber:

Support Microsoft

Wallstreet Mojo

Everpro Blog

Related Tags

persen diskon
menghitung persen
rumus persen excel
rumus excel

350

No Available Bundling Promo

Relevant Certifications

Recommended Articles

MyEduSolve Gelar Ujian Microsoft Certified Fundamentals Bersama Metrodata cover

Posted: 10 months ago

3 Min Read

Kenanga Admin

Memajukan Skill Pendidik Bersama Conference for Educators cover

Posted: 10 months ago

4 Min Read

Kenanga Admin

4 Cara Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Error cover

Posted: 10 days ago

12 Min Read

Leo Bisma

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.