6 Macam-Macam Rumus Excel Sederhana untuk Pekerjaanmu

Pelajari macam macam rumus sederhana Excel, seperti SUM, IF, Average, Trim, dan Max - Min, yang dapat membantu pekerjaanmu. Simak infonya di sini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

6 Macam-Macam Rumus Excel Sederhana untuk Pekerjaanmu cover

Hampir semua bidang pekerjaan berkaitan dengan penggunaan Microsoft Excel dalam kehidupan. Kamu harus tahu bahwa Microsoft Excel yang berbasis spreadsheet bisa menjadi alat untuk menyimpan database pekerjaan. Karena itu, penting sekali untuk menghafal macam macam rumus Excel yang bisa memudahkan pekerjaan kita.


Tidak perlu mulai dari yang rumit, kamu bisa menguasai rumus Excel yang paling sederhana. Pemula yang belum terbiasa menggunakan Microsoft Excel dalam pekerjaannya bisa mengaplikasikan rumus ini dengan mudah. Agar lebih terbiasa, kamu harus mempraktekkan rumus Excel yang ada di artikel MyEduSolve ini setiap hari sampai hafal di luar kepala.

Macam-Macam Rumus Excel Sederhana Yang Bisa Membantu Pekerjaanmu

Microsoft Excel menjadi software pilihan banyak perusahaan karena bisa mengolah dan menganalisis data dengan mudah. Di bidang finansial pun, banyak sekali perusahaan yang memilih untuk membuat laporan keuangan dengan menggunakan software ini. Penggunaannya juga merambah pada bidang bisnis lainnya yang membutuhkan banyak data untuk disimpan.


Baca Juga: Terjun ke Dunia Bisnis dengan Sertifikasi Microsoft Office Specialist


Kamu tidak perlu lagi memasukkan data secara manual dalam Microsoft Excel, cukup gunakan beberapa rumus yang sangat membantu pekerjaanmu. Jika kamu masih belum paham dengan rumus Excel yang sederhana, jangan khawatir. MyEduSolve akan memberikan enam rumus Excel yang pasti diperlukan dalam pekerjaan.


Baca Juga: Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

1. SUM

Sesuai dengan namanya, rumus ini berguna untuk melakukan penjumlahan beberapa data dalam Excel. Rumus sederhana ini wajib diketahui oleh pemula agar mereka tidak perlu lagi menggunakan kalkulator untuk menghitung angkanya. Rumusnya sederhana, yaitu =SUM(number1, number2, …), tergantung pada jumlah baris atau kolom yang ingin dihitung.


Untuk memasukkannya, kamu perlu mengetikkan =SUM, kemudian blok baris atau kolom yang ingin dijumlahkan.

2. AVERAGE

Rumus ini berguna untuk menghitung rata-rata jumlah data per kolom atau baris dalam suatu sheet Excel. Sama seperti rumus SUM, kamu tidak perlu kalkulator untuk mendapatkan angkanya. Rumusnya adalah =AVERAGE(number 1, number 2, …), tinggal blok data yang ingin dihitung reratanya.

3. COUNT

Jika kamu ingin menghitung jumlah data yang masuk dalam suatu spreadsheet, gunakan rumus ini. Waktumu tidak akan terbuang sia-sia karena menghitung data secara manual karena ada rumus ini. Untuk menggunakannya, ketik =COUNT(), kemudian seleksi atau blok sel yang ingin dihitung.

4. IF

Pernah bertemu dengan soal penalaran logika dalam pelajaran Matematika atau Bahasa Indonesia? Rumus IF menggunakan konsep penalaran logika tersebut untuk memasukkan data di spreadsheet. Kamu bisa memasukkan rumus atau fungsi lainnya saat menggunakan rumus IF.


Rumusnya adalah =IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false]).

5. TRIM

Rumus ini berguna untuk memastikan tidak sel yang kosong dalam suatu spreadsheet. Sel yang kosong dalam spreadsheet bisa menghasilkan kesalahan dalam penghitungan data, jadi harus dihapus terlebih dulu sebelum dihitung. TRIM bisa menghapus sel yang kosong secara otomatis, tapi hanya berlaku untuk satu sel.


Rumusnya adalah =TRIM(text). Misalnya, =TRIM(G7), maka data yang kosong di sel G7 bisa dihapus tanpa mengubah susunan datanya.

6. MAX dan MIN

MAX dan MIN berguna untuk menemukan data tertinggi dan terendah dalam suatu nilai. Misalnya, jika kamu ingin mencari tahu ranking pemenang lomba berdasarkan skor yang diperoleh, gunakan rumus ini untuk mencari datanya.


Rumusnya juga sederhana, yaitu =MAX(number1, number2, …) untuk mencari data tertinggi, atau =MIN(number1, number2, …) untuk mencari data terendah.


Masih banyak rumus Excel sederhana yang sangat memudahkan pekerjaanmu. Tingkatkan kemahiran Excel-mu dengan mengikuti sertifikasi Microsoft Office Specialist dari MyEduSolve. Sertifikasi ini setara dengan 150 jam pengalaman dalam menggunakan software sehari-hari. Pekerjaan dengan Microsoft Excel akan lebih mudah setelah kamu mengikuti sertifikasi ini. Segera ikuti sertifikasinya jika kamu tertarik mendalami macam-macam rumus Excel untuk kemajuan karirmu.

Article Tag:

macam macam rumus excelrumus excel sederhanarumus excel dasar

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

6 Macam-Macam Rumus Excel Sederhana untuk Pekerjaanmu

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

macam macam rumus excelrumus excel sederhanarumus excel dasar

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.