Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mengurutkan Nilai Tertinggi di Excel Sesuai Ranking!

Mengurutkan data dari nilai terbesar atau terkecil seringkali dibutuhkan ketika mengolah data di Microsoft Excel. Simak cara mudahnya di artikel ini!

Posted: Wednesday, Aug 23, 2023

Share:

Cara Mengurutkan Nilai Tertinggi di Excel Sesuai Ranking! cover

Jika kamu sedang menganalisa data, pasti kamu tidak akan terlepas dari penyusunan dan pengurutan data. Pengurutan data biasanya dimulai dari urutan nama sesuai abjad, mengurutkan barang sesuai tanggal input, atau mengurutkan barang sesuai jumlah unit dari tertinggi sampai terendah. Lantas, bagaimana cara mengurutkan nilai tertinggi di Excel sesuai ranking secara otomatis. Untuk menemukan jawabannya, simak ulasan artikel berikut ini sampai selesai.

Fungsi Rank di Microsoft Excel

Untuk mengurutkan data di Microsoft Excel, kamu bisa memanfaatkan fitur rank yang bisa mengatur urutan data dari nilai tertinggi sampai nilai terendah. Selain itu, data yang diurutkan tidak hanya data numerik saja, fitur rank di Excel juga dapat mengurutkan data berupa teks.

Fungsi fitur rank di Microsoft Excel untuk menentukan urutan peringkat mulai dari nilai terbesar hingga terkecil atau sebaliknya. Kamu bisa mengurutkan data secara otomatis dari fitur yang telah tersedia di Microsoft Excel. Namun, jika skill-mu sudah upgrade, kamu bisa mengurutkan data memakai fungsi Excel.

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi 

Cara Mengurutkan Nilai Secara Otomatis

Buat kamu yang masih pemula dan perlu banyak belajar Microsoft Excel, cara ini sangat disarankan untukmu. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan tabel yang menjadi referensi data. Misalnya tabel yang kamu buat berisi empat kolom, yakni: nomor, nama, jumlah nilai, dan ranking yang belum urut.

  2. Blok seluruh tabel referensi data.

  3. Klik tab ‘Data’.

  4. Klik menu Filter di kategori ‘Sort & Filter’.

  5. Jika tombol filter sudah muncul di setiap kolom, klik tombol filter di kolom ‘Ranking’.

  6. Pilih Sort Largest to Smallest.

  7. Klik OK.

  8. Setelah itu, tabel akan berubah otomatis sesuai urutan yang kamu minta.

Cara mengurutkan data dengan fitur Sort & Filter memang sangat mudah dan disarankan untuk pemula. Akan tetapi, cara ini memiliki kelemahan, yaitu kamu perlu menyortir lagi bila proses pengolahan data belum selesai. Jadi, kamu perlu menyortir satu persatu secara manual tiap ada perubahan data.

Cara Mengurutkan Nilai Menggunakan Fungsi Excel

Selain menggunakan fitur Sort & Filter, Microsoft Excel juga menyediakan cara lain untuk mengurutkan data, yaitu menggunakan fungsi Excel. Cara satu ini sedikit lebih rumit daripada cara sebelumnya, sehingga metode ini disarankan untuk kamu yang sudah mahir dalam mengoperasikan Microsoft Excel. Nah, untuk mendapatkan urutan data, kamu bisa memasukkan fungsi berikut:

RANK(number,ref, [order]).

  • Number diisi dengan nilai yang urutannya ingin kamu cari.

  • Ref diisi dengan daftar nilai numerik yang akan diurutkan, daftar ini bisa berupa larik angka atau referensi ke daftar angka.

  • Order adalah angka yang menentukan cara pengurutan nilai. Order bersifat opsional, artinya bisa dipakai atau tidak. Namun, jika kamu memakainya dan mengisinya dengan angka 0, sistem akan mengurutkan nilai dari angka terbesar ke terkecil. Lalu, jika order diisi angka 1 atau angka lain selain nol, sistem akan mengurutkan data dari terkecil ke terbesar.

Di samping itu, dalam Microsoft Excel juga terdapat fungsi untuk menentukan ranking tertinggi jika memiliki nilai yang sama. Kamu bisa menggunakan fungsi berikut:

=RANK.EQ(number,ref, [order]).

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat mencari urutan teratas jika data tersebut memiliki ranking yang sama dengan memasukkan fungsi berikut:

=RANK.AVG(number,ref, [order]).

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi 

Setelah mengetahui fungsi-fungsi Excel untuk mengurutkan data tertinggi, kamu bisa belajar mempraktekkannya dengan mengikuti tutorial di bawah ini yang sangat cocok dicoba oleh pemula:

  1. Umpamanya kamu ingin mengurutkan tiga siswa dengan nilai tertinggi. Sediakan kolom baru untuk urutan siswa dengan tiga nilai tertinggi di sel D2. Maka, tulis angka 3 di sel D2.

  1. Untuk mencari tiga nilai tertinggi di antara murid-murid, rumus formula yang harus kamu tulis adalah: LARGE(B2:B8,D2).

  • Menggunakan fungsi Large karena kamu ingin mencari nilai tertinggi dari tabel data referensi.

  • Nilai siswa yang hendak diurutkan berada di kolom B2:B8, jadi kamu perlu memasukkannya di bagian number.

  • Lalu, bagian ref ditulis dengan D2 karena sel tersebut memuat jumlah data yang ingin kamu urutkan.

  1. Lalu, masukkan fungsi filter untuk mengurutkan nilai ketiga murid dengan nilai tertinggi. Formula yang harus kamu masukkan: =FILTER(A2:B8,B2:B8.=LARGE(B2:B8,D2)).

  1. Karena nilai tertinggi masih belum urut. Kamu harus menggunakan fitur sort untuk mengurutkan dari nilai tertinggi ke terendah. Untuk urutan tertinggi masukkan angka 1, lalu untuk urutan terendah gunakan -1. Maka, kamu perlu memasukkan formula: =SORT(FILTER(A2:B8,B2:B8.=LARGE(B2:B8,D2)),2,-1).

  1. Rank formula bisa kamu gunakan untuk mengurutkan angka dengan jumlah data berapapun sesuai kebutuhan. Misalnya kamu ingin mencari urutan lima murid dengan nilai tertinggi, kamu tinggal memasukkan angka 5 di sel D2.  

Baca juga: Cara Menguasai Rumus Excel Vlookup dengan Cepat dan Ringkas 

Itu dia ulasan mengenai cara mengurutkan nilai tertinggi di Excel sesuai ranking secara otomatis untuk pemula. Tapi sangat disarankan bagi kamu yang sudah familiar dengan Microsoft Excel untuk memakai fungsi dari Excel demi melatih kemahiranmu dalam mengoperasikan Microsoft Excel.

Namun, kalau kamu masih ingin meningkatkan skill Microsoft Excel-mu, tidak ada salahnya mencoba ikut kursus sertifikasi Excel Associate di MyEduSolve yang sudah diakui secara internasional dari Microsoft langsung. Selain itu, sertifikasi ini juga dapat berlaku seumur hidup! Yuk, tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang dengan mengakses laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

www.excel-easy.com

www.ablebits.com

www.kelasexcel.id 

Articles Info

author:undefined
Leo Bisma

Cara Mengurutkan Nilai Tertinggi di Excel Sesuai Ranking!

Posted: Wednesday, Aug 23, 2023

Updated: Tuesday, Apr 23, 2024

Related Tags

rumus rank
rank excel
rumus excel
spreadsheet rank
teknologi

10,649

Recommended Articles

Relevant Certifications

Excel Expert (Office 365 and Office 2019) - V2

Rp 0

Excel Associate (Office 365 and Office 2019) - V2

Rp 0