Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Menguasai Rumus Excel Vlookup dengan Cepat dan Ringkas

Menguasai rumus vlookup di Microsoft Excel dapat membantu untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang rumit dengan cepat. Simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Posted: Wednesday, Jul 12, 2023

Share:

Cara Menguasai Rumus Excel Vlookup dengan Cepat dan Ringkas cover

Orang yang menguasai Microsoft Excel memiliki nilai lebih di dunia kerja. Pasalnya kebanyakan perusahaan memakai software Microsoft Excel untuk mengolah data karena dinilai mudah dan efisien. Salah satu skill dasar Microsoft Excel yang wajib dimiliki para jobseeker adalah mahir memakai rumus vlookup. Fungsi dari rumus Excel vlookup adalah untuk mencari nama barang.

Lantas apa pengertian rumus Excel vlookup dan fungsinya untuk mencari apa? Lalu, seperti apa contoh penggunaan rumus vlookup? Yuk, cermati artikel berikut sampai habis supaya skill Microsoft Excel-mu makin bertambah.

Apa Itu Rumus Excel Vlookup?

Melansir dari laman resmi Microsoft, rumus Excel vlookup dipakai untuk mencari sesuatu pada tabel atau pada sel perbaris.

Contohnya jika pengguna ingin mencari judul buku berdasarkan nomor seri bukunya atau ingin mencari nama pegawai berdasarkan nomor identitas pegawainya pada sebuah tabel data, pengguna dapat memanfaatkan rumus Excel vlookup.

Sebelum kamu menghafalkan rumusnya, sebaiknya pahami dulu logika dari fungsi vlookup agar kamu mudah mengingatnya.

Berikut penjabaran rumus Excel vlookup secara garis besar: =VLOOKUP(Hal yang ingin dicari, letak sel yang ingin dicari, nomor kolom pada baris yang memuat nilai untuk dikembalikan, mengembalikan “Perkiraan sesuai” atau “Sama persis sesuai” – kodenya ditunjukkan dengan 1/TRUE atau 0/FALSE).

Dengan kata lain, rumus vlookup pada Microsoft Excel berfungsi untuk mengorganisir kumpulan data yang ingin dicari sehingga nilai yang sesuai berada di sebelah kiri nilai yang dikembalikan.

Baca Juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

Rumus Microsoft Excel Vlookup

Untuk menerapkan rumus Excel vlookup, kamu perlu memasukkan fungsi berikut: =VLOOKUP(Nilai yang dicari; Tabel referensi; Nomor kolom; [Rintang Lookup]).

  • Nilai yang Dicari

Nilai yang hendak pengguna cari pada kolom nomor satu suatu tabel. Umumnya terletak di sebelah ujung kanan dari tabel referensi.

Seringnya memuat angka, teks, tanggal, dan nilai khusus yang berbentuk fungsi rumus Excel lain.

  • Tabel Referensi

Sebuah tabel yang memuat data dan tersusun dari dua kolom atau lebih. Di kolom pertama tabel referensi berisi nilai yang dicari pengguna.

  • Nomor Kolom

Nomor kolom adalah kolom penomoran dari tabel referensi.

  • Range Lookup

Berisi dengan logika TRUE atau FALSE sebagai kode hasil tipe pencarian. Nilai logika dari penggunaan rumus ini berfungsi sebagai acuan.

Kode TRUE artinya sistem menemukan hasil pencarian nilai dalam tabel referensi yang sama persis atau mendekati. Bila nilai sama persis tidak ada, maka sistem akan memunculkan nilai terbesar kedua setelah nilai yang dicari.

Sementara itu, kode FALSE artinya sistem menemukan hasil pencarian nilai dalam tabel referensi yang hanya sama persis. Bila nilai yang pengguna cari tidak ada, sistem akan menunjukkan koder error #N/A.

Baca Juga: Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Excel

Contoh Penggunaan Rumus Vlookup di Microsoft Excel

Supaya kamu tidak bingung dan mudah dalam memahaminya, yuk simak contoh penggunaan rumus vlookup Microsoft Excel di bawah ini, ya.

1. Nilai Pencarian Sama Persis Sesuai

Banyak pengguna memakai fungsi vlookup di Microsoft Excel untuk mencari nilai hasil yang sama persis (mengatur argumen keempat dengan Boolean FALSE).

Rumus vlookup - Nilai Pencarian Sama Persis Sesuai

Pada contoh di atas, misalnya kamu ingin mencari nilai 53 di sel H2 (argumen pertama) pada kolom paling kiri di tabel berwarna merah B3:E9 (argumen kedua). Nilai penghasilan ada pada kolom empat. Maka, masukkan rumus =VLOOKUP(H2,B3:E9,4,FALSE).

Rumus vlookup - Nilai Pencarian Sama Persis Sesuai 2

Nilai 4 (argumen ketiga) menunjukkan jika fungsi vlookup mengembalikan nilai dalam baris yang sama dari kolom ke-4 di tabel B3:E9. Boolean FALSE (argumen keempat) menunjukkan fungsi vlookup mengembalikan nilai pencarian sama persis.

Apabila fungsi vlookup tidak berhasil mencari nilai 53 di kolom pertama, sistem akan menunjukkan kode error  #N/A.

2. Nilai Pencarian Perkiraan Sesuai

Sekarang kamu perlu belajar dari contoh fungsi vlookup jika ingin menemukan nilai pencarian perkiraan sesuai (mengatur argumen keempat dengan Boolean TRUE).

Rumus vlookup - Nilai Pencarian Perkiraan Sesuai

Contoh di atas ingin mencari nilai 85 di sel F3 (argumen pertama) pada kolom paling kiri di tabel merah B3:C7 (argumen kedua). Lalu masukkan rumus =VLOOKUP(F3,B3:C7,2,TRUE).

Namun masalahnya tidak ada nilai 85 di kolom pertama. Untungnya Boolean TRUE (argumen keempat) menunjukkan fungsi vlookup untuk mengembalikan nilai pencarian dengan perkiraan sesuai.

Rumus vlookup - Nilai Pencarian Perkiraan Sesuai 2


Jika fungsi vlookup tidak dapat menemukan nilai 85 di kolom pertama, maka nilai pencarian yang dikembalikan akan menunjukkan nilai terbesar di bawah 85. Dalam contoh di atas hasilnya adalah 80.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat memakai fungsi vlookup adalah selalu tempatkan kolom paling kiri di tabel referensi dalam urutan kecil-besar apabila mencari hasil nilai pencarian perkiraan sesuai (argumen keempat memakai Boolean TRUE).

Baca Juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

Memperbaiki Kode Error #N/A di Microsoft Excel

Kamu mungkin kerap mengalami kode error #N/A saat memasukkan fungsi vlookup di Excel. Fungsi vlookup memang mempunyai batasan hanya mampu mencari nilai di kolom pertama tabel referensi.

Maka dari itu, jika hasil pencarian tidak berada di kolom paling kiri, sistem akan menunjukkan kode error #N/A.

Untuk memperbaikinya, kamu harus menyesuaikan fungsi vlookup ke kolom yang benar. Bila masih tidak berfungsi, cara lainnya adalah dengan menukarkan kolom yang memuat nilai yang dicari ke kolom paling kiri.

Namun, cara menukar kolom tidak disarankan jika kamu mengolah data dengan kuantitas yang banyak. Solusinya adalah menggunakan kombinasi fungsi INDEX dan MATCH. Kedua fungsi tersebut dapat mencari nilai di kolom mana saja pada tabel referensi.

Tak bisa dipungkiri skill Microsoft Excel sangat berguna di dunia kerja. Salah satu fungsi penting yang akan terus terpakai adalah fungsi vlookup. Dalam pengaplikasiannya rumus Excel vlookup berguna untuk mencari nama dan data barang.

Yuk, terus tingkatkan kemampuan Microsoft Excel dengan mengikuti kursus bersertifikasi resmi. Khusus untuk Microsoft Excel, kamu bisa mengambil sertifikasi Excel Associate atau Excel Expert yang diberikan langsung oleh Microsoft. Gabung kelas sekarang hanya di MyEduSolve.


Sumber:

Microsoft Support (Vlookup Function)

Katadata
Kelas Excel


Articles Info

author:undefined
Leo Bisma

Cara Menguasai Rumus Excel Vlookup dengan Cepat dan Ringkas

Posted: Wednesday, Jul 12, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

rumus excel
rumus vlookup
microsoft excel

2,213

Recommended Articles

Relevant Certifications

Excel Expert (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0

Excel Associate (Office 365 or Office 2019) Certification

Rp 0