Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mengirim Pesan Follow Up Hasil Interview, Tips dan Contohnya!

Apakah kamu sedang menunggu hasil interview kerja dan ingin mengetahui proses rekrutmen? Simak beberapa tips dan cara melakukan follow up hasil interview melalui artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, May 21, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Mengirim Pesan Follow Up Hasil Interview, Tips dan Contohnya! cover

Proses pencarian kerja memang tidak mudah. Kamu harus melalui banyak tahapan, mulai dari verifikasi berkas, tes psikologi, dan diakhiri dengan sesi interview. Biasanya durasi antara sesi interview sampai pengumuman penerimaan pegawai memakan waktu cukup lama.

Namun, sebagian perusahaan hanya memberikan pengumuman pada kandidat yang terpilih. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu melakukan follow-up mandiri terkait hasil wawancara dengan menghubungi tim HRD.

Artikel ini akan membahas tips follow-up hasil interview dengan profesional lengkap dengan contohnya. Maka dari itu, simak baik-baik artikel di bawah ini!

Tips Mengirim Pesan Follow-Up Hasil Interview

Sebagai pelamar kerja, kamu tentu memiliki hak untuk menanyakan hasil wawancara pada tim recruiter.

Namun sebelum itu, pastikan kamu mengirimkan pesan follow-up secara profesional agar tidak menyinggung HRD yang kamu hubungi.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menyimak beberapa tips mengirim pesan follow-up hasil interview ke HRD berikut ini.

  1. Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengirim Pesan

Sebelum mengirim pesan, kamu harus bisa menentukan waktu yang tepat. Misalnya jangan kirimkan pesan satu atau dua hari setelah sesi wawancara, karena tim HRD masih membutuhkan waktu untuk memilah dan menentukan kandidat yang tepat.

Sebaiknya, tanyakan hasil wawancara pada tim HRD dalam satu atau dua minggu setelah sesi wawancara. Kemudian, kirimkan pesan pada jam kerja dan di hari kerja agar tidak mengganggu waktu istirahat.

Baca juga: Tips dan Contoh Menjawab Pertanyaan Interview Ceritakan tentang Diri Anda

  1. Gunakan Pilihan Kata yang Formal 

Pemilihan diksi yang tepat sangat penting diperhatikan ketika kamu hendak mengirimkan pesan pada tim HRD kerja karena akan berpengaruh pada penilaian HRD terhadapmu. Hindari kata-kata yang terlalu santai dan pakailah kata-kata formal sebagai bentuk profesionalisme. 

  1. Tidak Bertele-Tele

Ketika mengirimkan pesan kepada HRD untuk menanyakan hasil wawancara kerja, kirimkan pesan secara lugas dan tidak bertele-tele dengan menjelaskan langsung tujuan kamu menghubungi HRD. Sebab, tim HRD memiliki banyak target pekerjaan dan tidak ingin membuang waktu untuk membaca pesan yang panjang dan berbelit-belit.

  1. Mengucapkan Terima Kasih

Dalam dunia kerja, penting untuk menunjukkan sopan santun terutama dengan rekan kerja. Jika kamu menunjukkan sopan santun, maka kamu juga akan dihargai. Maka dari itu, jangan lupa ucapkan terima kasih pada pesan follow-up yang akan kamu kirimkan ke HRD sebagai bentuk apresiasi.

  1. Cek Ulang Sebelum Mengirim

Sebelum menekan tombol kirim, pastikan kalau kamu sudah memeriksa kembali pesan yang kamu tulis. Tujuannya untuk menghindari kesalahan ketik, ejaan, atau bahkan pemilihan kata-kata yang kurang cocok. Setelah yakin tidak ada kesalahan ketik, barulah kirim pesan dan tunggu balasan dari HRD.

Baca juga: Pertanyaan Interview Kerja Untuk Fresh graduate dan Cara Terbaik Menjawabnya!

Cara Mengirimkan Pesan Follow-Up Hasil Interview

Dalam menyusun pesan follow-up hasil wawancara kerja ke HRD perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk menunjukkan keseriusan dan profesionalisme. 

  1. Menuliskan nama dari tim HRD yang akan kamu hubungi.

  2. Perkenalkan dirimu dengan menyebutkan nama, sebutkan waktu wawancara, posisi pekerjaan, dan rincian pekerjaan yang kamu lamar untuk mengingatkan tim HRD.

  3. Ucapkan terima kasih pada tim HRD sebagai apresiasi karena telah meluangkan waktu dan memberikan kamu kesempatan mengikuti sesi wawancara.

  4. Tunjukkan ketertarikanmu pada posisi pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar.

  5. Tanyakan secara lugas tentang hasil wawancaramu dan langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan jika seandainya diterima di perusahaan.

  6. Tutup pesan dengan ucapan terima kasih.

  7. Baca ulang isi pesanmu untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik ataupun isi pesan.

  8. Terakhir, berpikir positif dan tunggu balasan dengan sabar.

Baca juga: Strategi Lancar Mengikuti Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Contoh Pesan Follow-Up Hasil Interview

Setelah membaca tips dan cara mengirimkan pesan follow-up hasil interview, berikut contoh atau template pesan follow-up hasil interview yang bisa kamu jadikan referensi. Simak, yuk!

  1. Template Menanyakan Hasil Interview Melalui WhatsApp 

Selamat pagi/siang (nama HRD),

Perkenalkan nama saya (isi dengan nama kamu) yang mengikuti sesi wawancara pada (sebutkan tanggal dan waktu wawancara) untuk mengisi posisi (sebutkan jabatan). Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih karena Bapak/Ibu telah meluangkan waktu dan memberikan saya kesempatan untuk mengikuti tahap wawancara yang menyenangkan.

Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan tim dan berkontribusi untuk perusahaan dengan kemampuan yang saya miliki. Oleh karena itu, saya ingin menanyakan bagaimana perkembangan dari sesi interview tersebut?

Demikian pesan dari saya, atas perhatian Bapak/Ibu (nama HRD) saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama kamu)

(nomor kamu)

  1. Template Menanyakan Hasil Interview Melalui E-Mail


Yth. Bapak/Ibu (nama HRD)

(Alamat Perusahaan)

(Kota Lokasi Perusahaan)


Saya adalah (sebutkan nama kamu), kandidat yang melamar posisi (sebutkan posisi yang kamu lamar) dan pada (sebutkan waktu dan tanggal wawancara) telah mengikuti sesi wawancara kerja.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk mengikuti wawancara kerja. Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa berdiskusi terkait posisi (sebutkan posisi yang kamu lamar) bersama Bapak/Ibu, sehingga saya memperoleh bayangan spesifik terkait posisi tersebut dan ingin segera bergabung dengan perusahaan.

Oleh sebab itu, saya menulis e-mail ini untuk menanyakan bagaimana kelanjutan dari interview tersebut?

Besar harapan saya untuk dapat diterima dan bergabung di (sebutkan nama perusahaan) agar dapat berkembang bersama.

Demikian pesan dari saya. Atas perhatian Bapak/Ibu (nama HRD) saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama kamu)

(nomor kontak kamu)


Itu dia pembahasan mengenai tips follow-up hasil interview dengan profesional lengkap dengan contohnya. Kalau kamu masih belum percaya diri menghadapi sesi wawancara kerja, kamu bisa konsultasi gratis secara personal dengan profesional melalui fitur #TalkToDIAN dari MyEduSolve.

Sumber:

How to send an engaging follow-up email after your interview https://www.michaelpage.co.id/advice/career-advice/interview/how-send-engaging-follow-email-after-your-interview (Diakses Mei 2024)

How to follow-up after an interview: Use these email templates & examples https://www.betterup.com/blog/how-to-follow-up-after-an-interview (Diakses Mei 2024)

Related Tags

interview
pencarian kerja

165

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.