Cara Edit Background Foto dengan Photoshop untuk Pemula

Kamu bisa mengganti background foto berbekal Adobe Photoshop dengan mudah. Ikuti saja tips dan cara edit background foto dari artikel MyEduSolve ini.

Posted: Monday, Feb 14, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Monday, Feb 14, 2022

Share:

Cara Edit Background Foto dengan Photoshop untuk Pemula cover

Cara edit background foto berbekal Adobe Photoshop sebenarnya mudah dan cepat sekali dilakukan. Aplikasi ini bukan momok menakutkan bagi pemula, asalkan kamu paham cara mengoperasikannya. Selain mengganti background foto, kamu bisa meningkatkan tampilannya agar latar belakang dan objeknya serasi.

MyEduSolve akan memberikan panduan lengkap dan mudah mengganti background foto yang bisa kamu praktekkan.

Cara Edit Background Foto yang Cepat dan Mudah

Saat ini, kamu sudah bisa membuat pasfoto sendiri di rumah. Kamu cukup memotret dirimu di depan dinding yang polos, kemudian mengganti background-nya dengan warna yang biasa digunakan, seperti biru atau merah.

Sayangnya, hasil pengambilan foto tidak terlalu sempurna. Pencahayaan yang gelap sering menjadi alasan ketidaksempurnaan pasfoto yang diambil. Kamu harus mengatur keseimbangan cahaya foto terlebih dahulu sebelum mengganti warna background-nya.

Langkah Pertama: Mengatur Pencahayaan Foto

Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk meningkatkan tampilan foto sebelum mengganti background-nya.

  1. Buka Adobe Photoshop di komputer atau laptop.
  2. Tekan Ctrl + O atau klik ‘File’ > ‘Open’, kemudian cari file foto yang ingin diedit.
  3. Setelah fotonya muncul di workspace atau kanvas, klik ‘Image’ > ‘Adjustment. Pilih ‘Brightness/Contrast’ untuk mengatur pencahayaan foto. Tunggu hingga kotak dialognya muncul.
  4. Apabila foto terlalu gelap, geser kursor ‘Brightness’ ke arah kanan untuk menambah angkanya. Sebaliknya, jika foto terlalu cerah, geser ke arah kiri untuk mengurangi angkanya.
  5. Kamu bisa mengatur pencahayaan menggunakan opsi ‘Adjustment’ lainnya, seperti Exposure, Saturations, Levels, Shadow/Highlights, dan HDR Toning. 
Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier

Gunakan intuisi kamu untuk mendapatkan keseimbangan cahaya, warna, dan saturasi yang tepat. Yang penting, tampilan kecerahan gambarnya harus proporsional, jangan terlalu tinggi atau rendah.

Langkah Kedua: Mengganti Background Foto

Setelah tampilan foto sudah pas, waktunya untuk mengganti background-nya. Caranya cukup panjang, jadi ikuti langkah di bawah ini secara berurutan, ya.

  1. Pada tab ‘Layers’, klik kanan layer bertuliskan ‘Background’, kemudian pilih ‘Layer from background’. Sebagai informasi, layer ‘Background’ selalu dalam keadaan terkunci alias tidak bisa diedit. Jadi harus diubah ke layer 0.
  2. Muncul kotak dialog atau pop-up Layer 0, langsung klik ‘OK’.
  3. Pilih ikon ‘Magic Wand Tool’ di sebelah kiri atau cukup tekan tombol ‘W’ di keyboard.
  4. Seleksi background foto tersebut, jangan ada yang tersisa. Gunakan tombol ‘Shift’ agar seluruh bagian background-nya ikut terseleksi. Jika background-nya terselip di sela-sela fotonya, perbesar tampilannya dan seleksi bagian tersebut.
  5. Apabila semua bagiannya sudah diseleksi, gunakan ‘Paint Bucket Tool’ untuk mengganti background-nya.
  6. Pilih warna yang diinginkan untuk background fotonya.
  7. Klik seluruh area background yang sudah diseleksi sebelumnya. Warna background pun berubah sesuai warna pilihan tersebut.
  8. Simpan hasil edit foto dengan klik ‘File’ > ‘Save As’. Simpan dengan format ‘.jpg’ atau ‘.png’ agar bisa diakses di semua perangkat yang tersedia.

Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

Itulah cara mengganti background foto yang sederhana. Adobe Photoshop lebih efisien untuk mengedit foto karena kamu bisa mengatur tampilan fotonya terlebih dahulu sebelum mengganti warna background-nya.

Lalu, bagaimana jika background fotonya rumit, seperti pemandangan alam? Ikuti saja program sertifikasi Adobe Certified Professional untuk meningkatkan kemahiranmu dalam photo editing. Program sertifikasi di MyEduSolve melatih kamu agar bisa mencapai passing grade yang dibutuhkan untuk lolos sertifikasi ini. Daftarkan dirimu untuk mengikuti sertifikasi ini agar perkembangan kariermu di dunia desain grafis semakin bertambah.

Agar semakin mahir, latihlah cara edit background foto di atas berulang-ulang. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

Article Tag:

Cara Edit Background Foto,Photoshop

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Cara Edit Background Foto dengan Photoshop untuk Pemula

Posted: Monday, Feb 14, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Cara Edit Background Foto,Photoshop

Category:

Pengembangan Skill

Share:

1,178

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.