Cara Cut Video Di Adobe Premiere dengan Mudah

Cara cut video di Adobe Premiere sangatlah mudah. Apabila kamu ingin mempelajari caranya, silakan simak artikel dari MyEduSolve berikut ini.

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Share:

Cara Cut Video Di Adobe Premiere dengan Mudah cover

Bagi kamu yang saat ini sedang ingin mempelajari skill untuk melakukan edit video, maka hal paling dasar yang perlu dipelajari adalah cara cut video di Adobe Premiere. Software Adobe Premiere sangatlah mudah digunakan dan juga fitur-fiturnya yang lengkap dapat membuat kamu menjadi lebih mahir dalam melakukan edit video.


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan memberikan tutorial lengkap untuk kamu mengenai cara memotong video melalui Adobe Premiere yang sangat mudah untuk diikuti. Sebagai informasi tambahan, kami juga akan memberikan cheat sheet untuk video editing bagi kamu yang masih pemula atau kurang akrab dengan Adobe Premiere.

Apa Itu Adobe Premiere?

Adobe Premiere adalah sebuah software dari keluarga Adobe yang digunakan untuk mengedit video. Adobe Premiere dapat dikategorikan ke dalam jenis software profesional karena fitur-fiturnya yang sangat lengkap dan terbaik di antara software untuk video editing lainnya.


Meskipun ada banyak software untuk mengedit video yang lebih mudah digunakan, tapi kamu juga bisa belajar Adobe Premiere secara bertahap. Dengan demikian, skill yang kamu miliki dapat dikembangkan dan bahkan digunakan di dunia profesional.


Baca juga: Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana?

Bagaimana Cara Cut Video Di Adobe Premiere?

Cut merupakan sebuah tool yang digunakan untuk memotong video. Dengan adanya tool ini, kamu dapat mengambil bagian video tertentu yang ingin diedit. Misalnya, dari keseluruhan 1 jam video, kamu hanya ingin mengambil 1 menit scene, maka cut dapat digunakan untuk mengambil bagian 1 menit tersebut.


Cara untuk memotong video dengan menggunakan Adobe Premiere sangatlah mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan video yang akan diedit, lalu masukkan ke Timeline

  • Di sisi kiri Timeline, kamu dapat melihat toolbox. Carilah simbol pisau razor atau Razor Tool

  • Setelah simbol razor tersebut diklik, kamu dapat mengarahkan kursor ke video yang ada di Timeline. Silakan klik pada bagian video atau durasi yang akan dipotong.

  • Cara lain untuk memilih bagian video yang akan dipotong adalah dengan mengikuti garis merah ada pada Timeline. Garis merah tersebut akan berpindah ketika kamu menjalankan video tersebut untuk mencari bagian mana yang ingin dipotong.

  • Setelah video terpotong, pilih simbol kursor yang ada di toolbox, lalu klik video yang tidak akan dipakai, tekan tombol delete.


Baca juga: 6 Teknik Video Editing yang Wajib Diketahui

Bagaimana Cara Edit Video Di Adobe Premiere untuk Pemula?

Sebagai pemula, tentu ada banyak hal yang perlu kamu pahami dalam video editing. Berikut ini, ada 3 hal dasar yang perlu kamu kuasai untuk dapat mengedit video melalui Adobe Premiere, yaitu:

1. Membuat Project dan Sequence

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah cara membuat project dan sequence di dalam Adobe Premiere. Ketika kamu membuka Adobe Premiere, maka hal pertama yang akan muncul adalah pilihan untuk membuat project baru atau membuka project lama.


Saat membuat project baru, kamu dapat melakukan pengaturan seperti lokasi tempat penyimpanan, format, dan sebagainya. Namun untuk pemula, kamu hanya perlu memilih Ok setelah menentukan lokasi penyimpanan file.

2. Mengetahui Jenis-jenis Ukuran Video

Ada berbagai jenis ukuran video berdasarkan dengan kebutuhannya. Seperti misalnya, kamu ingin mengedit video untuk diunggah ke YouTube atau mungkin Instagram. Kedua platform tersebut memiliki ukuran video yang berbeda dan kamu dapat mencari informasinya melalui Google.


Baca juga: Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Video di Adobe Premiere

3. Mengetahui Beberapa Shortcut

Adobe Premiere memiliki berbagai macam shortcut yang dapat mempermudah kamu dalam mengedit video. Sebagai contoh, untuk memotong video, kamu hanya perlu menekan huruf C dan Razor Tool akan otomatis aktif. Masih banyak lagi rincian shortcut yang bisa kamu ketahui saat mempelajari Adobe Premiere.


Apabila kamu ingin mempelajari lebih dalam mengenai Adobe Premiere, kami menyediakan program pelatihan bersertifikasi resmi dari Adobe yaitu Adobe Bootcamp. Di sana, kamu dapat mempelajari cara penggunaan Adobe Premiere dari nol hingga ke tahap profesional bersama instruktur yang juga telah bersertifikasi Adobe.


Setelah seluruh program sertifikasi diselesaikan dengan score yang baik, kamu akan mendapatkan sertifikat yang dapat menunjang kebutuhan karier di dunia profesional. Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan diri kamu sekarang juga di program Adobe Bootcamp dari MyEduSolve.

Article Tag:

cara cut video di adobe premiere

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Cara Cut Video Di Adobe Premiere dengan Mudah

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

cara cut video di adobe premiere

Category:

Pengembangan Skill

Share:

667

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.