Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Video di Adobe Premiere

Ukuran video kamu terlalu besar hingga memakan memory? Pelajari cara mengecilkan ukuran video yang kamu punya dengan Adobe Premiere di artikel ini, ya!

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Share:

Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Video di Adobe Premiere cover

Pernahkah kamu bingung mengapa ukuran video yang kamu edit sangat besar? Padahal video yang kamu edit hanyalah hasil rekaman dari HP dan bukan kamera mahal. Bagi kamu yang baru dalam dunia desain, video dan editing, wajar jika kamu kebingungan mengenai cara mengecilkan ukuran video. Padahal, untuk mengecilkan ukuran video sangat mudah dilakukan. Oleh karena itu kamu berada pada tempat yang tepat! Artikel ini akan memberitahu kamu cara mengecilkan ukuran video step-by-step dengan Adobe Premiere. 

Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Adobe Premiere

“Sebentar, apakah harus menggunakan Adobe Premiere?”, mungkin kamu bertanya demikian. Sebenarnya tidak juga, kamu bisa menggunakan aplikasi lain, bahkan menggunakan website yang menyediakan fitur mengecilkan video dengan mudah. Meskipun begitu, menggunakan aplikasi tersebut tidak menjamin hasil video yang ukurannya telah mengecil tetap memiliki kualitas yang bagus. 

Berbeda jika kamu menggunakan Adobe Premiere, di mana kamu bisa menyesuaikan dan mengatur kualitas hasil akhir video. Dengan begitu kualitas video yang dihasilkan tetap bagus dan ukuran video berhasil dikurangi. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya di bawah ini. 

Baca juga: 6 Tips & Trik Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Sampai Mahir

1. Mengatur Bitrate

Bitrate adalah ukuran data yang di encode dalam suatu video dengan jangka waktu tertentu. Bitrate menjadi elemen penting yang harus diatur karena semakin besar atau tinggi bitrate, maka ukuran video yang ingin diekspor juga akan semakin besar. Kualitas video tidak akan semakin tajam dan jernih jika kamu membuat nilai bitrate maksimal, justru hanya ukuran video yang akan semakin besar. 

Oleh karena itu sesuaikan pengaturan bitrate sesuai dengan kualitas video yang akan diekspor. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengatur “Bitrate Encoding” menjadi VBR, 2 pass atau VBR 1 pass. Setelah kamu mengubahnya, pada bagian paling bawah sebelum pilihan “Export”, kamu bisa melihat perkiraan ukuran video dengan bitrate yang telah kamu atur. 

Jika sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa langsung klik ‘Export”, agar video kamu langsung diproses. Semua pengaturan ini bisa kamu munculkan dengan membuka file video yang ingin kamu ubah, kemudian tekan “Ctrl + M” dan klik bagian “Video”. Gulir ke bawah sampai kamu menemukan pengaturan Bitrate. 

Baca Juga: 5 Manfaat Ikut Kursus Bahasa Jepang Bagi Perkembangan Karier

2. Menggunakan Format Video H.264

Mengubah format video yang sebelumnya menjadi H.264 dapat membantu menghasilkan video dengan kualitas yang tidak berkurang meskipun ukuran video berkurang. Format H.264 adalah format yang dikembangkan khusus untuk mengecilkan ukuran video atau codec, sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kualitas video yang akan dihasilkan. 

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu membuka file video yang ingin kamu ubah, lalu tekan “Ctrl + M” untuk membuka pengaturan ekspor video. Cari bagian “Export Settings” dan ubah format menjadi “H.264”. Jika sudah, langsung saja klik “Export” untuk memproses video.

Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier

Kedua cara mengecilkan ukuran video di atas bisa dilakukan bersamaan sebelum kamu mengekspor video, supaya kualitas video tetap sama dan ukuran video menjadi kecil. Ingin mengingatkan, jangan lupa untuk menonton hasil video yang telah diekspor. Dengan begitu kamu bisa melihat apakah kualitas videonya tetap sama atau tidak, sehingga saat terjadi sesuatu yang janggal, kamu bisa langsung memperbaikinya di Adobe Premiere. 

Untuk menunjang kemampuan mengedit video dengan Adobe Premiere, kamu bisa mengikuti sertifikasi Digital Video Using Adobe Premiere Pro yang tersedia di MyEduSolve. Di sini kamu bisa mendapatkan fasilitas belajar untuk ujian, seperti CertPREP dan LearnKey, termasuk retake voucher jika diperlukan.    

Meningkatkan kemahiran menggunakan Adobe Premiere Pro bisa menjadi nilai tambah di CV saat ingin melamar pekerjaan atau pun dalam pekerjaan yang kamu lakukan sekarang. Selain itu terdapat digital badge yang bisa langsung kamu integrasikan ke profil LinkedIn, sehingga recruiter bisa langsung mengenali sertifikasi yang kamu miliki. Segera tingkatkan skill dan kemampuan kamu bersama MyEduSolve!

Article Tag:

Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Video di Adobe Premiere

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Video di Adobe Premiere

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Video di Adobe Premiere

Category:

Pengembangan Skill

Share:

1,023

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.