Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Belajar Menambahkan Gambar di Program Adobe InDesign

Menambahkan gambar di Adobe InDesign cukup penting dan sering digunakan pada proses layouting. Simak cara mudah menambahkan gambar di Program Adobe InDesign pada artikel ini!

Posted: Tuesday, Oct 03, 2023

Share:

Belajar Menambahkan Gambar di Program Adobe InDesign cover

InDesign adalah salah satu software keluaran Adobe yang berguna untuk mengatur layout. Ada banyak kegunaan InDesign untuk produktivitas terutama kalau kamu bekerja di bidang media dan penerbitan. Salah satu fitur InDesign yang banyak digunakan adalah menggabungkan ilustrasi. Lantas bagaimana cara memasukkan gambar ke InDesign? Artikel ini akan membahas tutorial menambahkan gambar menggunakan software InDesign. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Memahami Fungsi Ilustrasi

Gambar tidak hanya sebagai pemanis visual saja, tapi lebih dari itu gambar juga berfungsi untuk memperjelas informasi terutama jika informasi hanya berupa teks. Pembaca pun jadi lebih mudah menginterpretasi, mencerna, dan memahami informasi. Di samping itu, adanya gambar juga dapat membangkitkan sisi emosional pembaca.

Ada beberapa informasi yang membutuhkan tambahan ilustrasi pada informasi yang tertera supaya pesan yang diterima pembaca sesuai harapan dari penulis. Misalnya poster, infografis, flyer, majalah, buku resep, animasi, komik, atau buku panduan.

Secara garis besar gambar atau ilustrasi memiliki beberapa fungsi, yaitu menarik perhatian audiens, sebagai media menyalurkan ekspresi, dan sebagai nilai estetika.

Baca juga: Apa itu Adobe InDesign? Yuk Pelajari 3 Tools Khas Miliknya! 

Software InDesign

Mungkin masih banyak orang yang belum begitu familiar dengan software dari Adobe yang bernama InDesign.

Program InDesign ini adalah software untuk mengatur layout dan biasanya digunakan oleh industri media dan penerbitan, karena InDesign ini membantu pembuatan produk media seperti membuat flyer, brosur, majalah, koran, dan buku.

Namun tidak terbatas itu saja produk yang bisa dibuat dengan InDesign. Bahkan program InDesign dapat membuat kartu nama, komik, stiker, kartu pos, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa perbedaan software InDesign dengan program desain grafis lain yang dikeluarkan Adobe seperti Adobe Illustrator?

Jika Adobe Illustrator digunakan untuk membuat desain grafis seperti logo, gambar vektor, dan tipografi dari awal. Sementara itu Adobe InDesign sudah diprogram untuk membuat desain layout dari aset atau template yang sebelumnya sudah dibuat Illustrator.

Adobe InDesign ini memudahkan pekerjaan desainer ataupun profesi lain yang bekerja di bidang kreatif terutama di bidang media dan penerbitan. Sebab, Adobe InDesign dapat memungkinkan kolaborasi, revisi, dan review oleh antar desainer yang sedang mengerjakan suatu proyek.

Cara Menambahkan Gambar di InDesign

Program InDesign memang berfokus untuk membuat dokumen yang menggabungkan teks dan ilustrasi. Maka dari itu, jika kamu ingin mempelajari software InDesign, kamu harus mengetahui cara menambahkan gambar di InDesign. Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka program Adobe InDesign yang sudah ter-install di perangkat komputer kamu.

  • Jika kamu ingin menambahkan gambar di dokumen yang pernah kamu buat, buka tab File, pilih Open, dan pilih dokumen yang ingin kamu edit. Tapi kalau kamu ingin membuat dokumen baru, klik tab File dan klik New Document.

  • Setelah lembar kerja terbuka, klik lagi tab File.

  • Pilih opsi Place.

  • Kemudian, pilih gambar yang ingin kamu tambahkan ke lembar kerja.

  • Jika sudah memilih gambar yang diinginkan, klik dua kali pada nama file untuk lakukan import.

  • Letakkan gambar di area yang yang kamu inginkan pada lembar kerja.

  • Sesuaikan ukuran gambar dengan menekan tools berbentuk kotak kecil pada ujung frame pada gambar.

  • Supaya ukuran gambar bisa rapi dan proporsional, kamu bisa menyesuaikan gambar sambil menekan tombol Shift yang ada di keyboard. Tapi jika kamu ingin memotong ukuran gambar, kamu bisa tekan tombol Control.

  • Selesai. Kamu bisa ulangi langkah tersebut jika ingin menambah gambar lainnya di lembar kerja.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Adobe InDesign Adalah Platform Layouting Terbaik 

Menambah Teks pada Gambar di InDesign

Jika kamu ingin menambah informasi dalam bentuk teks di dokumen InDesign, kamu mungkin berpikiran meletakkan teks di atas gambar supaya lebih ringkas. Sayangnya ada beberapa kekurangan yang mungkin kamu dapatkan apabila menempatkan teks di atas gambar.

  • Kamu tidak bisa mengatur tampilan teks.

  • Teks pada dokumen sulit diterjemahkan karena program spell check di InDesign tidak bisa membaca teks.

  • Saat kamu hendak mengedit dokumennya, ada kemungkinan program menjadi lebih lambat.

  • Kamu bisa secara tidak sengaja membuat gambar duplikat dalam bahasa yang berbeda.

Alih-alih menumpuk teks di atas gambar, jika ingin memasukkan teks kamu bisa menambahkan label teks pada gambar. Berikut ini keuntungan menambahkan label gambar.

  • Teks yang kamu tambahkan di layout desain bisa diterjemahkan karena program spell check dari InDesign dapat mendeteksi tulisan di label teks.

  • Kamu bisa mengatur dan mengedit tampilan teks, mulai dari ukuran, dimensi, pilihan font, dan sebagainya.

  • Visualisasi layout lebih bagus dan menarik.

  • Proses editing desain lebih cepat.

  • Terintegrasi dengan program spell check dari InDesign.

  • Tidak ada duplikasi gambar.

  • Cara membuat label teks agar tidak gampang bergeser dari gambar: gabungkan label dengan gambar dengan klik objek dan tekan Ctrl + G secara bersamaan.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi di Indesign untuk Pemula! 

Itu dia cara memasukkan gambar ke InDesign by Adobe. Program Adobe InDesign ini sangat multifungsi dan bisa membantu pekerjaan kamu yang bekerja di bidang kreatif atau media.

Jika kamu ingin meningkatkan value dan kompetensi kamu agar dapat bersaing di dunia kerja yang semakin ketat, yuk daftarkan diri di program sertifikasi Adobe InDesign dari MyEduSolve yang sudah diakui secara langsung oleh Adobe. Kamu akan mendapatkan sertifikat resmi yang berlaku selama tiga tahun. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan mengakses laman MyEduSolve.

Sumber:

https://www.imural.id/en/

https://www.agitraining.com/adobe/

Related Tags

Pengembangan Skill
Adobe InDesign

1,227

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.