Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Autodesk Revit, Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya!

Revit dirancang untuk mendukung proses perancangan, pembangunan, dan pengelolaan bangunan dengan cara yang lebih efisien dan terintegrasi. Simak fitur-fitur, dan kelebihan dari software ini di artikel MyEduSolve!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Dec 08, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Autodesk Revit, Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya! cover

Untuk merancang konstruksi bangunan, banyak engineer menggunakan software AutoCAD karena bisa mendesain dan mengukur skala bangunan secara akurat. Namun, ternyata ada alternatif lain yang bisa dipakai untuk mendesain konstruksi bangunan, yaitu aplikasi Autodesk Revit.

Mungkin kamu masih belum terlalu familiar dengan aplikasi ini, yuk cari tahu apa itu Autodesk Revit dan apa perbedaannya dengan AutoCAD yang akan diulas di artikel berikut.

Pengertian Autodesk Revit

Autodesk Revit adalah software yang diciptakan oleh Charles River Software di tahun 1997 yang kemudian mendirikan perusahaan teknologi bernama Revit Technology Corporation. Selanjutnya perusahaan IT Autodesk Inc mengakuisisi aplikasi tersebut di tahun 2000 dan merilisnya ke publik sebagai aplikasi untuk membantu keperluan konstruksi bangunan.

Aplikasi ini termasuk perangkat lunak BIM (Building Information Modeling) yang umumnya digunakan oleh arsitek, engineer, dam kontraktor untuk mendesain, memvisualisasikan, dan melakukan simulasi pada proses konstruksi bangunan.

Salah satu keunggulan dari Autodesk Revit adalah menawarkan bermacam-macam tools agar pengguna bisa menggambar desain bangunan dalam format 3D.

Tidak seperti menggambar di aplikasi desain grafis pada umumnya, gambar desain di Autodesk Revit akan menghasilkan gambar yang sangat akurat, nyata, dan detil. Selain itu, pengguna bisa menggambar, mendesain, rendering, dan membuat animasinya sendiri baik dalam 2D maupun 3D.

Sama-sama menjadi software yang bisa dipakai oleh arsitektur dan kontraktor, lantas apa perbedaan antara Autodesk Revit dengan AutoCAD? Aplikasi AutoCAD lebih berfokus pada gambar rancangan desain bangunan. Semantara itu, aplikasi Autodesk Revit lebih mengutamakan pemodelan bangunan, jadi dari gambar desain nanti akan diubah menjadi model bangunan dengan visualisasi lebih realistis.

Autodesk Revit dan AutoCAD dapat digunakan bersamaan karena keduanya saling terintegrasi. Biasanya AutoCAD dipakai untuk menggambar desain dan komponen proyek. Baru setelah itu diproses menggunakan Autodesk Revit untuk mengubahnya menjadi model 3D.

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

Fitur Autodesk Revit

Jika kamu bertanya-tanya apa sajakah fungsi aplikasi Autodesk Revit, berikut penjelasannya.

  • Untuk mendesain secara konseptual.

  • Membuat model parametrik 3D.

  • Mendokumentasi secara terpusat.

  • Membuat pemodelan komponen bangunan.

  • Menganalisa dan melakukan simulasi sistem dan struktur bangunan.

  • Melakukan iterasi dan visualisasi desain bangunan.

  • Mendokumentasi desain untuk fabrikasi dan konstruksi.

  • Membuat model dan dokumentasi baja struktural.

  • Membuat model dan detail fabrikasi MEP.

  • Melakukan visualisasi 3D secara photorealistic.

  • Melakukan analisis kinerja dan mendokumentasikan konstruksi.

Kelebihan Memakai Autodesk Revit

Autodesk Revit khusus diperuntukkan membantu engineer yang bekerja di bidang konstruksi bangunan. Berkat banyaknya fitur canggih yang ditawarkan, Autodesk Revit ini bisa meningkatkan efisiensi kerja para engineer. Nah, kira-kira apa saja keuntungan memakai Autodesk Revit? Yuk, simak!

  1. Desain yang Akurat

Dengan menggambar desain memakai Autodesk Revit, pengguna dapat merancang desain yang akurat dan presisi. Di samping itu, Autodesk Revit juga memungkinkan pengguna untuk mengganti desain dengan mudah dan menampilkan pratinjau bagaimana perubahan desain mempengaruhi keseluruhan model bangunan.

  1. Meningkatkan Kolaborasi

Menggunakan Autodesk Revit dapat meningkatkan kolaborasi pengguna dengan anggota timnya secara real time. Tujuannya untuk mengurangi kesalahan dan inkonsistensi selama proses desain.

  1. Meningkatkan Efisiensi Project Management

Aplikasi Autodesk Revit bisa membantu penggunanya dalam pengerjaan proyek jadi lebih efisien, karena di Autodesk Revit ini terdapat fitur untuk mengecek progres proyek. Kemudian, pengguna juga bisa membuat jadwal dan mengelola sumber daya untuk memastikan semuanya sesuai track.

  1. Hemat Waktu

Menggunakan aplikasi Autodesk Revit bisa menghemat waktu, karena memungkinkan pengguna membuat rencana proyek, melakukan iterasi, dan melakukan pratinjau hanya menggunakan satu model desain bangunan 3D saja.

  1. Dapat Memperkirakan Anggaran Pembangunan

Salah satu fitur keunggulan dari Autodesk Revit adalah terdapat fitur yang bisa menghitung tafsir anggaran yang harus dikeluarkan dalam pengerjaan suatu proyek. Jadi, Autodesk Revit akan menghitung jumlah dan anggaran dari setiap komponen, seperti bahan bangunan, furniture, dan sebagainya. Menariknya lagi, Autodesk Revit bisa memperkirakan harga berdasarkan ukuran dan bahan material dari komponen proyek yang kamu pilih.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD 

Jenis-Jenis Autodesk Revit

Ternyata aplikasi Autodesk Revit ada bermacam-macam jenis yang dibedakan sesuai dengan keperluan. Ketahui jenis-jenis Autodesk Revit yang akan dijelaskan secara singkat di bawah ini.

  1. Autodesk Revit Architecture

Autodesk Revit Architecture adalah aplikasi yang dikhususkan untuk orang yang bekerja di bidang arsitektur dan desain bangunan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat visualisasi desain bangunan dalam bentuk 3D yang akurat dan presisi.

  1. Autodesk Revit MEP

Autodesk Revit MEP termasuk ke dalam aplikasi Building Information Modelling (BIM) yang digunakan oleh para engineer di bidang mesin dan elektro. Autodesk Revit MEP bisa mendesain dan melakukan simulasi pada sistem.

  1. Autodesk Revit Structure

Selain Autodesk Revit MEP, ada juga software lain dari Autodesk yang berbasis BIM, yaitu Autodesk Revit Structure. Perangkat lunak satu ini diperuntukkan engineer di bidang sipil karena bisa untuk mendesain dan melakukan simulasi struktur pembangunan.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD 

Itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu Autodesk Revit dan perbedaannya dengan AutoCAD. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai perangkat lunak yang awam digunakan di industri konstruksi dan mekanis.

Kalau kamu bekerja di industri arsitektur, konstruksi, dan mekanis, tidak ada salahnya mencoba gabung ke program sertifikasi Autodesk Revit Certificate dari MyEduSolve yang dapat berguna untuk menambah skill dan bisa mendongkrak karir kamu. Dapatkan info menarik lainnya di laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

REVIT VS. AUTOCAD https://www.autodesk.eu/solutions/revit-vs-autocad (Diakses November 2023)

Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

Autodesk Revit, Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya!

Posted: Friday, Dec 08, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Autodesk Revit
Teknologi

1,634

Recommended Articles

Relevant Certifications

Autodesk Inventor Certification

Rp 0