Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Autodesk Inventor: Pengertian, Fitur Unggulan, dan Kelebihannya

Autodesk Inventor merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak CAD (Computer-Aided Design) yang membantu dalam membuat model 3D dengan presisi tinggi. Simak selengkapnya di artikel ini!

Posted: Wednesday, Nov 29, 2023

Share:

Autodesk Inventor: Pengertian, Fitur Unggulan, dan Kelebihannya cover

Autodesk Inventor termasuk ke dalam salah satu software CAD (Computer Aided Design) yang dirilis oleh perusahaan Autodesk Inc untuk mendesain pemodelan padat. Artikel ini akan membahas tuntas apa itu Autodesk Inventor dan apa saja fungsinya. Yuk, simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Autodesk Inventor?

Autodesk Inventor Professional merupakan aplikasi CAD yang dikhususkan untuk mendesain gambar 3D untuk pemodelan mekanis, simulasi, visualisasi gambar, dan dokumentasi.

Aplikasi satu ini memungkinkan integrasi data dalam bentuk 3D sebagai representasi virtual. Pengguna dapat menentukan bentuk, kesesuaian, dan fungsi sebelum membuat desainnya.

Kemudian, Autodesk Inventor mencakup alat parametrik, pengeditan langsung, pemodelan bentuk padat, serta kemampuan menerjemahkan multi-CAD dalam gambar komputer standar DWG, sehingga dapat menggambar desain geometris.

Banyak engineer memakai aplikasi Autodesk Inventor ini karena software ini sudah terintegrasi dengan berbagai fitur yang memungkinkan mereka membuat desain mekanis seperti dapat mendesain prototype virtual, mendesain rangka mesin, tabung mesin, kabel, harness, rendering. Lalu, Autodesk Inventor juga dapat melakukan analisa dan simulasi, menghitung pra-produksi manufaktur, mengatur tata letaknya, dan masih banyak fitur unggulan lainnya.

Terlebih Autodesk Inventor ini juga mendukung file TrustedDWG dan mampu mendefinisi model yang kuat untuk menyematkan informasi manufaktur ke desain 3D. Tidak mengherankan jika aplikasi ini digunakan oleh banyak engineer permesinan untuk menggambar desain mekanis dan manufaktur.

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

Macam-Macam Fitur yang Ditawarkan Autodesk Inventor

Autodesk Inventor menawarkan berbagai fitur unggulan khusus untuk mendesain mesin manufaktur dan desain profesional. Apa saja?

  1. Parametric Modeling

Autodesk Inventor memiliki fitur Parametrik Modeling yang memungkinkan engineer melakukan automasi pada perubahan desain dengan tampilan antar-muka yang intuitif. Dengan begitu, engineer pun tidak direpotkan lagi pada proses editing dan hanya fokus mendesain.

  1. Shared View Collaboration

Engineer dapat melakukan kolaborasi dengan stakeholder ketika mendesain prototype produk. Dari situlah stakeholder bisa memantau kemajuan desain dan iterasinya melalui fitur shared view collaboration.

  1. Design Configuration

Fitur design configuration memungkinkan pengguna untuk membuat konfigurasi baru pada desain mereka secara praktis. Setelah itu, pengguna bisa meningkatkan kecepatan proses pemodelan 3D mereka.

  1. Model Based Definition

Autodesk Inventor menyertakan informasi manufaktur ke dalam desain mesin 3D, jadi pengguna dapat mengaplikasikannya saat proses produksi. Menariknya lagi, Autodesk Inventor dapat terintegrasi dengan AutoCAD, sehingga pengguna akan merasakan fleksibilitas dalam mendesain 2D dan 3D. Fitur ini juga memperbolehkan pengguna mengimpor dan mengekspor berbagai file berbasis CAD.

  1. Assembly Modeling

Pengguna bisa merakit komponen desain dan melakukan verifikasi kesesuaian, fungsi, dan toleransi pada desain.

  1. Bekerja dengan Non-Native Data

Autodesk Inventor memiliki fitur yang mendukung pengguna untuk membuka desain langsung dalam tampilan antar-muka tanpa perlu melakukan transisi terlebih dulu.

  1. Automatic Frame Design

Mendesain kerangka mungkin menjadi proses paling membosankan bagi para engineer saat membuat desain manufaktur mesin. Namun, Autodesk Inventor menawarkan solusi dengan fitur automatic frame design. Melalui fitur ini pengguna tinggal memasukkan perintah dan software ini bisa langsung membuat desain kerangka sederhana dengan cepat.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD

  1. Content Center

Autodesk Inventor memiliki fitur content center. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses ke kumpulan content center yang memuat lebih dari 750.000 komponen standar untuk desain 3D.

  1. Quick Drawing Creation

Fitur quick drawing creation dalam aplikasi Autodesk Inventor ini dapat membuat gambar 2D secara akurat, lengkap dengan menyertakan informasi manufaktur. Ditambah lagi, fitur ini dapat memperbarui secara otomatis. Jadi, ketika model desain 3D diperbarui, maka gambar 2D juga ikut diperbarui.

  1. Sheet Metal

Fitur sheet metal pada Autodesk Inventor ini memungkinkan pengguna mendesain sheet metal dengan mudah. Sistem Autodesk Inventor akan menghitung dan membuatkan desain sebagai prototype produk.

Kelebihan Autodesk Inventor

Setelah melihat berbagai fitur menarik yang ditawarkan Autodesk Inventor, kira-kira apa saja kelebihannya daripada software serupa lainnya? Yuk, simak!

  1. Mempunyai Fitur Parametric Solid Modeling

Autodesk Inventor dapat mendesain dan mengedit model menggunakan data yang telah dikumpulkan di database. Maka, engineer bisa melakukan pengeditan dan modifikasi ulang desain tanpa perlu mengulang desain dari awal lagi.

  1. Terdapat Animation

Salah satu keunggulan dari Autodesk Inventor adalah adanya fitur animation. Fitur ini memungkinkan engineer untuk menganimasikan file perakitan yang dapat disimpan dalam dokumen berformat AVI.

  1. Adanya Fitur Automatic Create Technical 2D Drawing

Fitur satu ini dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja engineer saat menggambar pemodelan mekanis dalam format 2D dan 3D.

  1. Adaptif

Autodesk Inventor dinilai sangat adaptif, karena dapat menganalisa potensi kelemahan pada desain mesin melalui animasi dan bisa menyesuaikan secara otomatis.

  1. Visualisasi yang Nyata

Keunggulan lain Autodesk Inventor ini adalah visualisasi desain tampak nyata, sehingga engineer dapat membuat desain prototype yang lebih akurat.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD

  1. Ukuran File Kecil

Biasanya ukuran file desain memang tergolong lebih besar apalagi jika file tersebut berisi gambar desain 3D. Untungnya file Autodesk Inventor ini dapat tersimpan dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.

Itu dia pembahasan lengkap seputar apa itu Autodesk Inventor beserta fitur-fitur unggulan dan kelebihannya. 

Aplikasi satu ini memang sangat membantu orang-orang yang bekerja di bidang manufaktur untuk mendesain produk secara praktis dan efisien. Jika kamu bekerja di bidang teknik mekanis, tidak ada salahnya memiliki kemampuan mengoperasikan Autodesk Inventor untuk meningkatkan value kamu, sehingga karirmu akan lebih cemerlang.

Segera daftar kelas sertifikasi Autodesk Inventor Certificate dari MyEduSolve. Dapatkan informasi lebih lanjut di MyEduSolve.

Sumber:

What is Autodesk Inventor and How Does it Work? https://www.3dnatives.com/en/what-is-autodesk-inventor-180620224/#! (Diakses November 2023)

Autodesk Inventor: What Is It Used For? https://www.tpm.com/blog/autodesk-inventor-what-is-it-used-for/ (Diakses November 2023)

Articles Info

author:undefined
Leo Bisma

Autodesk Inventor: Pengertian, Fitur Unggulan, dan Kelebihannya

Posted: Wednesday, Nov 29, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Autodesk Inventor
Teknologi

2,177

Recommended Articles

Relevant Certifications

Autodesk Inventor Certification

Rp 0