Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Autodesk Fusion 360: Pengertian, Fitur-Fitur, dan Keunggulannya

Artikel ini membahas tuntas software Autodesk Fusion, perangkat lunak desain 3D inovatif ini cocok bagi para profesional dan kreator dalam bidang desain dan rekayasa.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Dec 13, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Autodesk Fusion 360: Pengertian, Fitur-Fitur, dan Keunggulannya cover

Autodesk Fusion 360 merupakan program desain tiga dimensi berbasis cloud yang diluncurkan oleh Autodesk Inc di tahun 2013 silam. Saat pertama kali diluncurkan software yang termasuk program computer aided design ini langsung menjadi populer.

Kira-kira apa alasannya? Yuk, cari tahu apa itu Autodesk Fusion 360, apa saja keistimewaannya, dan mengapa program ini sangat populer di kalangan para desainer yang akan dibahas lengkap di artikel berikut. Simak sampai akhir, ya!

Software Autodesk Fusion 360

Autodesk Fusion 360 adalah program computer aided design (CAD) dengan fitur cloud yang bisa digunakan untuk menggambar desain dua dimensi dan tiga dimensi. Selain itu, Autodesk Fusion 360 juga bisa digunakan untuk simulasi, desain PCB (Printed Circuit Board), desain animasi, dan CNC Machining.

Pada awal perilisannya, Autodesk Fusion 360 langsung menjadi populer, karena harganya sangat terjangkau, lalu memiliki banyak fitur yang dibutuhkan untuk keperluan profesional dan industri.

Di samping itu, alasan Autodesk Inc meluncurkan program Autodesk Fusion 360 berbasis cloud ini adalah untuk memproses desain CAD yang rumit melalui jaringan jarak jauh. Dengan begitu, file desain dapat diakses dan diedit oleh tim secara remote.

Jika dibandingkan dengan aplikasi desain grafis lainnya, Autodesk Fusion 360 ini lebih ditujukan untuk industri dan bisnis daripada keperluan seni dan estetika. Oleh karena itu, perangkat lunak ini kerap digunakan untuk mendesain produk dan membuat rancangan manufaktur dalam dunia bisnis.

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD 

Fitur-Fitur pada Autodesk Fusion 360

Fitur-fitur yang ditawarkan Autodesk Fusion 360 tidak kalah menarik dengan produk Autodesk lainnya. Berikut ini fitur-fitur terbaik milik Autodesk Fusion 360.

  1. Desain dan Pemodelan 3D

Autodesk Fusion 360 menawarkan berbagai tools desain yang memungkinkan pengguna menggambar tiga dimensi, termasuk desain sketsa, desain permukaan, desain parametrik, desain free-form, desain PCB terintegrasi, sheet metal, rendering, dan desain susunan.

  1. Manufaktur

Autodesk Fusion 360 memungkinkan pengguna menggunakan program CNC machine secara mudah. Misalnya pengguna bisa membuat 2D dan 2.5D machining, 3-axis machining, posisi multi-axis machining, 4 machining, 5 axis machining, turn-mill, probing, dan memungkinkan akses ke fitur manufaktur lainnya yang lebih canggih.

  1. Elektronik

Autodesk Fusion 360 menawarkan fitur akses ke alat elektronik dan desain PCB yang komprehensif, termasuk mendesain skema dan alat tata letak PCB, manufaktur PCB, aturan desain yang bisa disesuaikan, simulasi SPICE, pendinginan elektronik, dan sebagainya. Kemudian, program Autodesk Fusion 360 ini juga memungkinkan desainer ECAD dan desainer MCAD melakukan kolaborasi dalam desain yang sama.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD  

  1. Simulasi

Fitur simulasi pada Autodesk Fusion 360 bisa dimanfaatkan untuk membuat prototipe produk. Meskipun desainnya secara digital, tapi bentuk dan fungsinya akan menyerupai prototipe asli. Pengguna dapat menekan, menekuk, mengoptimasi bentuk desain, dan masih banyak lagi. Berkat fitur ini perusahaan tidak perlu menghabiskan anggaran untuk membuat prototipe produk secara fisik tapi cukup melalui desain tiga dimensi.

  1. Desain Generatif

Teknologi desain generatif pada Autodesk Fusion 360 memungkinkan pengguna mencoba konsep desain siap produksi dan memaksimalkan bahan baku, proses produksi, dan lain-lain.

  1. Kolaborasi dan Manajemen Data

Fitur cloud yang ditawarkan Autodesk Fusion 360 menjadi salah satu alasan mengapa software satu ini memiliki banyak penggemar terutama untuk keperluan perusahaan manufaktur dan bisnis. Fitur ini memungkinkan pengguna mengelola data dengan mudah dan melakukan kolaborasi dengan tim. Jadi, anggota tim dapat meninjau desain, mengedit, mengubah secara real-time kapan saja dan di mana saja.

Keunggulan Autodesk Fusion 360

Software Autodesk Fusion 360 ini memiliki beberapa keunggulan daripada software desain lainnya. Nah, apa sajakah keunggulan dari Autodesk Fusion 360 ini? Yuk, simak!

  1. Memiliki fitur testing yang persis dengan kondisi asli, karna menerapkannya memakai alat simulasi tiga dimensi.

  2. Bisa menerapkan desain dengan bentuk bahan baku jadi.

  3. Dapat mendesain dengan basis Artificial Intelligence (AI).

  4. Memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi iterasi desain menggunakan bantuan tools pemodelan tiga dimensi.

  5. Dapat memproduksi suku cadang mesin CNC berkualitas tinggi dengan CAD/CAM yang sudah terintegrasi.

  6. Dapat mengakses ke desain elektronik terpadu.

  7. Harganya sangat terjangkau. Untuk berlangganan satu tahun termasuk lisensi resmi, pengguna hanya perlu mengeluarkan $500 atau setara Rp7.200.000.

  8. Ada banyak fitur serbaguna dan sangat fleksibel.

  9. Bisa membuat desain generatif, simulasi, rangkaian listrik, manufaktur, dan animasi.

  10. Pemakaiannya lebih hemat waktu karena prosesnya cepat dan tampilan antar-muka yang user-friendly.

  11. Pengguna bisa merancang desain produk sesuai keinginan berdasarkan kesesuaian fungsi, bentuk, hingga nilai estetika.

  12. Terdapat tools desain berbasis PCB dan elektronik yang bisa dioperasikan secara komprehensif.

  13. Bisa mengelola data dengan mudah karena aplikasi ini berbasis cloud.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Cara Membuat Template AutoCAD  

Spesifikasi Komputer yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Autodesk Fusion 360

Untuk menjalankan program Autodesk Fusion 360 dengan lancar tanpa lemot, minimal kamu membutuhkan perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Sistem Operasi: Windows 8.1, Windows 10, Windows 11, MacOS 10.15.7 Catalina, MacOS 12 Monterey, MacOS 11 Big Sur.

  • CPU: Prosesor 64-bit ke atas, 1.7 GHz Intel Core i3, dan AMD Ryzen 3 ke atas.

  • RAM: Minimal 8GB.

  • Graphic Card: Minimal 1GB VRAM.

  • Memori Penyimpanan: Minimal 3GB.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu Autodesk Fusion 360, apa saja keistimewaannya, dan alasan mengapa software satu ini bisa populer. Jika kamu tertarik mempelajari Autodesk Fusion 360 untuk kebutuhan industri dan profesional, yuk segera daftarkan diri ke program sertifikasi Autodesk Fusion 360 Certification dari MyEduSolve. Informasi selengkapnya akses di laman ini.

Sumber:

What Is Fusion 360?  Key Uses, Benefits, and Features in 2023 https://www.novatr.com/blog/what-is-fusion-360 (Diakses November 2023)

What is Autodesk Fusion 360? https://www.autodesk.com/solutions/what-is-fusion-360 (Diakses November 2023)

Related Tags

Autodesk Fusion
Teknologi
Autodesk

559

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.