Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

AutoCAD Gagal Install? Ini Cara Mudah Yang Bisa Dilakukan!

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menginstal AutoCAD, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan!

Posted: Thursday, Nov 30, 2023

Share:

AutoCAD Gagal Install? Ini Cara Mudah Yang Bisa Dilakukan! cover

Ketika menggunakan aplikasi desain AutoCAD, kadang-kadang user mengalami sedikit kendala seperti aplikasi yang gagal ter-install. Lantas, bagaimana cara mengatasi Autocad yang tidak bisa di-install

Yuk, cari tahu cara mengatasi autocad yang tidak bisa diinstal, yang akan diulas secara lengkap di artikel berikut ini. Simak sampai habis, ya!

Faktor yang Mempengaruhi AutoCAD Tidak Bisa Terinstall

Ternyata proses install AutoCAD yang gagal dipengaruhi oleh beberapa hal. Mulai dari perangkat keras yang tidak mumpuni, masalah software yang kurang memadai, hingga masalah lisensi. Yuk, telusuri apa saja faktor-faktor penyebab kegagalan install AutoCAD berikut ini.

  1. Perangkat Keras Kurang Mumpuni

Cukup banyak user yang mengalami kegagalan install aplikasi AutoCAD di komputer atau laptop karena spesifikasi hardware mereka kurang mumpuni untuk menjalankan program AutoCAD.

Setidaknya untuk mengoperasikan software AutoCAD, setidaknya dibutuhkan RAM 4GB dengan prosesor minimal 2.5 GHz. Semakin tinggi spesifikasi perangkat keras yang digunakan, maka pengalaman pemakaian pun akan semakin baik.

  1. Perangkat Lunak Sudah Tidak Mendukung untuk Menjalankan AutoCAD

Kemudian, faktor kedua penyebab AutoCAD gagal install yang sering tidak disadari user adalah perangkat lunak sudah tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi AutoCAD.

Contohnya beberapa versi lama AutoCAD tidak akan bisa dibuka di sistem operasi Windows versi terbaru dan begitupun sebaliknya, versi baru AutoCAD tidak bisa dijalankan di Windows versi lama. Sebab, software tersebut memiliki batasan sehingga menimbulkan eror pada sistem.

Aplikasi AutoCAD 2014 ke atas sudah tidak bisa dijalankan di sistem operasi Windows XP. Kemudian, jika perangkat komputer yang kamu pakai memakai Windows 8 ke atas, maka aplikasi AutoCAD yang bisa dipakai adalah AutoCAD versi 2014 ke atas.

Baca juga: Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD

  1. Software Antivirus

Setiap komputer biasanya akan disertai dengan software antivirus untuk menjaga keamanan perangkat dan file-file penting di dalamnya dari serangan malware dan kejahatan cyber.

Sayangnya, kadang-kadang sistem antivirus ini akan sangat selektif terhadap format dokumen yang mencurigakan, misalnya dokumen dengan format .exe diblokir oleh sistem antivirus. Padahal file dalam format .exe belum tentu berisi malware, karena kebanyakan software jika di-install akan terunduh dalam bentuk .exe.

Nah, untuk solusinya, kamu bisa mematikan sistem antivirus untuk sementara selama proses instalasi AutoCAD.

  1. Kendala pada Lisensi

Faktor lainnya yang membuat aplikasi AutoCAD gagal ter-install meski sudah memiliki perangkat yang mumpuni dan software yang mendukung adalah adanya kendala pada lisensi. Untuk mendapatkan lisensi resmi dan bisa menikmati seluruh fitur AutoCAD, pengguna harus membayar aplikasi ini.

Selain itu, kamu juga harus tahu kalau lisensi pada setiap versi AutoCAD berbeda. Umpamanya kamu melakukan pembaruan pada aplikasi versi AutoCAD, maka lisensi di versi AutoCAD sebelumnya tidak akan berlaku lagi di aplikasi AutoCAD terbaru. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan CMD.

Cara Mengatasi AutoCAD Tidak Bisa Diinstall di Perangkat Komputer

Setelah mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kegagalan install AutoCAD di perangkat komputer, yuk ketahui cara-cara mengatasi AutoCAD gagal install melalui ulasan di bawah ini.

  1. AutoCAD Gagal Install karena Masalah Lisensi

Apabila proses install AutoCAD tidak berhasil akibat adanya masalah pada lisensi, kamu bisa melakukan instalasi ulang lisensi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CMD dan masukkan perintah: C:\Program Files (x86)\Common Files\Autodesk Shared\AdskLicensing.

  • Klik kanan Uninstall.exe dan pilih opsi Run as administrator.

  • Unduh dan tunggu proses instalasi Autodesk Licensing Service.

  • Buka file AutoCAD setup.exe untuk mulai proses instalasi program.

  • Namun, jika masih belum berhasil. Kamu harus hapus file dengan masuk ke CMD dan masukkan perintah: C:\Users\Username\AppData\Local\Autodesk\ODIS atau C:\Users\Username\AppData\Local\Temp.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Fantastis Ini Membutuhkan Skill AutoCAD 

  1. AutoCAD Gagal Install karena Perangkat Lunak dan Perangkat Keras Tidak Mendukung

Salah satu faktor penyebab AutoCAD gagal install adalah perangkat lunak yang tidak mendukung. Hal ini bisa terjadi karena user tidak mengetahui jika perangkat lunak mereka tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi AutoCAD. Untuk itulah penting bagi kamu pengguna aktif AutoCAD agar bisa mengecek sistem komputer. Yuk, lihat caranya di bawah ini.

  • Buka Windows explorer.

  • Klik file Computer atau This PC.

  • Apabila sudah terbuka, klik kanan dan klik opsi Properties.

  • Setelah itu akan muncul spesifikasi komputer atau laptop kamu. Perhatikan processor, RAM (installed memory), dan system type agar kamu bisa menentukan akan meng-install aplikasi AutoCAD yang mana.

  • Khusus untuk pengguna sistem operasi Windows 8 ke atas, kamu tidak bisa memakai AutoCAD versi 2012 ke bawah. Untungnya kamu tetap bisa meng-install-nya memakai framework. Nah, tapi kamu harus mengunduh framework terlebih dulu, caranya: Sambungkan perangkat kamu dengan internet > klik Start > cari Control Panel > pilih Programs > klik Program & Features > pilih opsi Turn windows feature on/off > tunggu komputer dalam proses memindai > centang menu Microsoft.net framework 3.5 > klik OK > tunggu proses unduh sampai selesai > setelah selesai langsung restart komputer > kamu pun bisa mulai mengunduh aplikasi AutoCAD versi 2012 ke bawah yang lebih ringan untuk komputer.

Baca juga: Mengetahui CAD Designer dan Skill yang Diperlukan 

Itu dia penjelasan mengenai cara mengatasi Autocad yang tidak bisa di-install. Aplikasi AutoCAD ini menjadi salah satu aplikasi desain yang sangat dibutuhkan, terutama bila kamu bekerja di industri engineer, fashion designer, dan arsitektur. Yuk, perdalam keahlianmu dalam mengoperasikan aplikasi AutoCAD dengan mengikuti kelas sertifikasi Autodesk AutoCAD Certification dari MyEduSolve. Dapatkan info menarik lainnya di halaman resmi MyEduSolve.

Sumber:

“Install Failed Please exit and restart the install” while installing AutoCAD 2022 https://www.autodesk.com/support/technical/article/caas/sfdcarticles/sfdcarticles/AutoCAD-2022-Install-Failed-Please-exist-and-restart-the-install.html (Diakses November 2023)

Ini Dia Penyebab Autocad Tidak Bisa Di Instal https://www.kompuna.com/2015/12/ini-dia-penyebab-autocad-tidak-bisa-di.html (Diakses November 2023)



Articles Info

author:undefined
Leo Bisma

AutoCAD Gagal Install? Ini Cara Mudah Yang Bisa Dilakukan!

Posted: Thursday, Nov 30, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

AutoCad
Teknologi

2,478

Recommended Articles

Relevant Certifications

Autodesk AutoCAD Certification

Rp 0