Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Public Speaking dan Manfaatnya Buat Kita

Mari ketahui pengertian dan pentingnya public speaking untuk perkembangan diri kamu!

Posted: Friday, Oct 07, 2022

Share:

Apa Itu Public Speaking dan Manfaatnya Buat Kita cover

Beberapa orang mungkin punya ketakutan untuk berbicara di depan banyak orang. Perasaan gugup dan takut bercampur menjadi satu saat berusaha untuk memberikan informasi kepada khalayak luas. Jika kamu salah satu orang yang seperti itu, maka kamu perlu mengembangkan public speaking skill. Yuk kita simak lebih lanjut skill ini!


Apa itu Public Speaking?

Menurut Cleverism, public speaking adalah keterampilan berbicara seseorang kepada khalayak umum atau audiens secara efektif. Audiens ini bisa terdiri dari sekelompok orang yang kamu kenal dan familiar atau kerumunan orang asing. 


Pasti kamu berpikir, apa perbedaanya dengan berbicara pada umumnya? Perbedaannya terletak dari intensinya. Tujuan public speaking biasanya punya intensi untuk dapat mempengaruhi, memberikan informasi, atau bisa juga hiburan semata.


Baca juga: FOMO Adalah: Pengertian dan Cara Mengatasinya


Apa Manfaat Public Speaking?

Dengan sudah mengetahui apa itu public speaking, setidaknya kamu ingin mengetahui apa manfaat yang bisa diraih jika punya skill ini, sehingga cara public speaking yang baik dan benar bisa kamu kuasai. Berikut adalah manfaatnya dikutip dari Virtual Speech:


  1. Meningkatkan Percaya Diri

Saat kamu berhasil mengatasi ketakutan berbicara di depan umum, kepercayaan dirimu akan meningkat secara signifikan. Artinya, perasaan ketidaknyamanan itu dapat kamu ubah dengan semakin berdaya.


  1. Membangun Leadership Skill

Public speaking akan membantu dirimu untuk membangun skill yang tidak kalah pentingnya di dunia kerja yaitu leadership. Jika kamu dapat membujuk dan mengubah pikiran orang, maka kamu telah mengasah beberapa aspek kemampuan leadership.


  1. Mengasah Berpikir Kritis

Berpikir kritis juga akan terasah jika kamu belajar public speaking. Menulis pidato membutuhkan berbagai pertimbangan seperti apa yang dibutuhkan oleh audiens beserta apa pesan yang dituju di akhir kalimat.


Baca juga: 5 Bahaya Kurang Tidur yang Berdampak ke Produktivitas


  1. Menjadi Pendengar Lebih Baik

Tidak hanya menjadi pembicara yang ulung, public speaking juga membantu dirimu untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Kok bisa? Karena saat kamu menghadiri berbagai acara konferensi, berbagai topik yang dibicarakan akan secara tidak sadar meningkatkan kemampuan mendengar dan mencatat informasi.


  1. Dapat Mempercepat Kemajuan Karier

Saat kamu diundang ke acara konferensi sebagai pembicara, secara tidak langsung kredibilitasmu akan naik. Semakin terkenal acara konferensinya akan semakin menjadi nilai tambah untuk resume kerja kamu.


Itu dia pengertian dan manfaatnya dari public speaking, MESFriend! Jika kamu ingin menambah wawasan seputar karier dan kesehatan mental untuk perkembangan diri, kamu bisa membaca artikel-artikel terkini melalui blog MyEduSolve, ya!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Apa Itu Public Speaking dan Manfaatnya Buat Kita

Posted: Friday, Oct 07, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

MyEduSolve
Public Speaking

3,327

Recommended Articles