Apa Itu Offering Letter: Pengertian dan Cara Membalasnya!

Sebagai jobseeker kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan offering letter dan bagaimana cara tepat untuk membalasnya.

Posted: Tuesday, Nov 15, 2022

Updated: Wednesday, Feb 08, 2023

author:Kenanga Admin

Uswatun Khasanah

| Posted: Tuesday, Nov 15, 2022

Share:

Apa Itu Offering Letter: Pengertian dan Cara Membalasnya! cover

Salah satu dokumen yang paling sering disebut pada proses perekrutan karyawan adalah offering letter. Buat kamu yang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan offering letter, kamu wajib banget baca artikel ini sampai akhir. Simak terus, ya!

Baca juga: Side Hustle: Pengertian, Contoh, dan Cara Mencari Idenya

Pengertian Offering Letter

Dikutip dari Live About, offering letter adalah dokumen formal untuk kandidat terpilih pada sebuah posisi pekerjaan yang berisi tentang permintaan konfirmasi tertulis dengan melampirkan tawaran termasuk tunjangan, gaji, dan cakupan deskripsi pekerjaan, sehingga baik karyawan maupun pemberi kerja memahami kondisi pekerjaan dengan jelas.

Kapan Offering Letter Diberikan?

Setelah kamu mendapatkan konfirmasi dari pihak pemberi pekerjaan, maka maksimal dalam waktu satu minggu perusahaan akan mengirimkan surat penawaran (offer letter). Namun terkadang juga bisa memakan waktu lebih lama dari itu.

Berapa Lama Proses Offering Letter?

Dikutip dari Indeed, waktu untuk mendapatkan offering letter tergantung dari seberapa besar perusahaan dan berapa banyak jumlah pelamar yang melamar posisi tersebut. 

Perusahaan yang lebih besar mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk merekrut seorang kandidat, tergantung pada jumlah orang yang diwawancarai untuk posisi tersebut dan apakah mereka perlu mengisi posisi lain yang lebih penting terlebih dahulu.

Apa Perbedaan Offering Letter dengan Kontrak Kerja?

Meskipun ada beberapa kesamaan isi antara offering letter dan kontrak kerja, akan tetapi sebenarnya keduanya berbeda. 

Hal yang perlu kamu jadikan catatan adalah bahwa offering letter tidak sama dengan kontrak kerja ya, MESFriend! 

Sesuai dengan namanya, offering letter merupakan dokumen yang berisi penawaran dan pemberitahuan bahwa kamu diterima bekerja pada perusahaan tersebut yang biasanya memuat informasi seputar job title, gaji,  jam kerja, benefit, dan fasilitas yang akan diterima calon karyawan baru.

Sedangkan kontrak kerja merupakan dokumen resmi yang berisi hak dan kewajiban antara kedua belah pihak yaitu kamu sebagai calon karyawan baru dan perusahaan yang mengikat dan sah secara hukum.

Cara Membalas Email Offering Letter

Saat ini, offering letter umum dikirimkan melalui email. Jadi, kamu perlu sering mengecek inbox email kamu ya setelah melakukan wawancara karena tak jarang pesan seperti bisa nyasar dan malah dimasukkan ke dalam Spam Box

Dalam membalas offering letter tidak bisa sembarangan dan jangan terburu buru ya, MESFriend! Kalian harus mempertimbangkan penawaran yang diberikan dengan matang.

Jika akhirnya kamu memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan tersebut, kamu bisa membalas email tersebut dengan singkat dan lugas. Pertama-tama, kamu bisa mengucapkan rasa terima kasih kepada pengirim email sebagai pihak pemberi kerja, kemudian sertakan pernyataan bahwa kamu menerima penawaran tersebut dengan yang jelas. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi jabatan pekerjaan yang disepakati dan tanggal mulai, dan akhiri dengan pertanyaan tentang langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan.

Contoh Email Balasan Menerima Tawaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Kamu bisa meniru contoh balasan email di bawah ini untuk membalas email offering letter-mu, ya!


Hello [Recipient Name],


Thank you once more for sharing the offer's details with me earlier. I've gone over the terms and am thrilled to join your company as a [Your Role]. I'm really excited about this opportunity and can't wait to start on [Date and Month]!

Please let me know what the next steps are and if you require any additional documentation or information from me.


Warm Regards,

[Your Name]


Baca juga: Cara Mengurutkan Data di Excel untuk Pemula

Bagikan ceritamu tentang pertama kali kamu mendapat offering letter dan bagaimana perasaanmu waktu itu hanya di #TalktoDIAN.

Related Tags

Offering Letter

2,167

No Available Bundling Promo

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.