Apa itu Kompetensi? Seberapa Pentingkah Hal Ini?

Jika ditanya tentang apa itu kompetensi, maka apa jawaban kamu? Kamu bisa mengenal kompetensi lebih dalam sekaligus memahami pengertiannya di MyEduSolve.

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Share:

Apa itu Kompetensi? Seberapa Pentingkah Hal Ini? cover

Jika ditanya tentang apa itu kompetensi, maka apa jawaban kamu? Secara garis besar, kompetensi adalah kombinasi dari kualitas seseorang, dimulai dari keterampilan, pengetahuan, perilaku, hingga sikap yang ditunjukkan dengan mengerjakan pekerjaan secara optimal.


Kompetensi memang dekat dengan dunia kerja karena setiap perusahaan membutuhkan karyawan dengan kompetensi yang tinggi. Namun seberapa pentingkah hal ini? Untuk mengenal lebih jelas tentang kompetensi, simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Apa itu Kompetensi?

Beberapa ahli memiliki pengertian sendiri tentang apa itu kompetensi. Menurut Stephen Robbin, pengertian kompetensi adalah kapasitas kemampuan seseorang di dalam melakukan pekerjaannya dengan dua faktor krusial, yakni faktor fisik dan intelektual. 

Menurut A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, kompetensi adalah faktor mendasar pada diri seseorang yang memiliki kapasitas untuk bekerja lebih besar sehingga kemampuannya dapat dibedakan dengan orang lain yang berkemampuan rata-rata.


Baca Juga: 5 Manfaat yang Menjadikan Sertifikasi Kompetensi Hal yang Kamu Butuhkan


UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan sendiri juga memiliki pengertian tersendiri tentang kompetensi. Menurut UU ini, pengertian kompetensi kerja adalah kapabilitas kerja dari setiap individu yang melingkupi aspek keterampilan, sikap kerja, dan pengetahuan yang sesuai dengan standar yang telah diatur oleh perusahaan.


Melihat tiga pengertian kompetensi dari berbagai ahli dan sumber, bisa ditarik kesimpulan bahwa kompetensi menjadi fondasi utama diri manusia untuk bisa bersaing dengan orang lain, khususnya di dunia kerja. Tidak dapat dimungkiri bahwa persaingan di dunia kerja memang keras. Dengan kebutuhan kemampuan yang diinginkan oleh perusahaan, maka banyak orang yang meningkatkan kualitas dirinya agar dapat memenuhi permintaan industri. Itulah mengapa kompetensi harus ditingkatkan seiring berjalannya waktu.


Seberapa Penting Kompetensi Dalam Dunia Kerja?


Dari pertanyaan di atas, tentu saja jawabannya adalah penting. Alasan utama mengapa kompetensi dibutuhkan di dunia kerja adalah untuk mempermudah perusahaan di dalam menemukan jenis pekerjaan yang tepat bagi karyawan. 


Saat perusahaan sudah mengetahui dan memahami kompetensi karyawan, mereka dapat membantu mengembangkan kemampuannya. Pengembangan kemampuan ini bisa dimulai dari memberikan training hingga metode lainnya. 


Baca Juga: Perencanaan Karir: Pengertian dan Cara Membuatnya


Kompetensi yang ada juga dapat membantu perusahaan di dalam memahami seberapa tinggi kemampuan karyawan, serta seberapa besar kemauan karyawan untuk berusaha memberikan hasil kerja terbaik.

Sebagai seorang karyawan, kamu harus mengetahui apa saja kompetensi yang secara umum dinilai penting oleh perusahaan. Apalagi jika sekarang kamu berada di posisi sedang mencari pekerjaan. Kamu harus lebih hebat dari sisi kompetensi dibandingkan pesaing lainnya. Untuk itu, inilah beberapa kompetensi yang seperlunya kamu pelajari:


  1. Memiliki jiwa kerja sama yang tinggi ketika bekerja di dalam tim

Kerja sama sangat penting ketika kamu bekerja dalam tim. Dengan jiwa kerja sama yang dimiliki, maka proses kerja menjadi lebih baik dengan hasil memuaskan.

  1. Teliti di dalam mengerjakan pekerjaan

Ketelitian menjadi nilai penting untuk menghindari kesalahan atau hal-hal yang tiba-tiba terlupakan. Hasil pekerjaan menjadi lebih sesuai dengan permintaan.

  1. Memiliki integritas yang tinggi di dalam bekerja

Integritas yang dimiliki mampu membuat kamu menjadi lebih bernilai di mata orang lain. Kamu berani mengutarakan apa yang sebenarnya dirasakan daripada hanya memendamnya.

  1. Inisiatif dalam bekerja tanpa harus diperintah terlebih dahulu

Inisiatif yang kamu lakukan membuat orang lain dapat melihat dirimu lebih baik dibandingkan yang lain. Kamu terbukti mampu bekerja dengan optimal tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

  1. Memiliki sikap empati terhadap orang lain

Sikap empati membuat kamu menjadi manusia yang sesungguhnya. Kamu akan dipandang sebagai manusia yang baik dan mampu diajak bekerja sama.

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Rasa ingin tahu yang tinggi sama dengan keinginan untuk terus berkembang. Kamu akan menjadi lebih baik daripada dirimu pada saat ini seiring berjalannya waktu.

  1. Mampu memberikan kesan yang baik kepada orang lain

Kesan yang baik akan membekas di hati dan pikiran orang lain. Kamu bisa kembali diajak bekerja sama dalam suatu project pada kemudian hari.

  1. Mau belajar sekaligus mengajarkan suatu skill kepada sesama karyawan

Tidak ada salahnya membagi ilmu kepada orang lain. Dengan begitu, kamu juga mendukung orang lain untuk berkembang secara langsung.


Dengan beberapa poin kompetensi di atas, maka kamu sudah mengetahui apa yang harus dilakukan. Meningkatkan kompetensi memang tidak mudah karena kuncinya adalah mau belajar dan terus konsisten. Sebenarnya kamu juga bisa mencari ilmu baru dengan program bersertifikat dari MyEduSolve. Kamu bisa meningkatkan skill dan kompetensimu dengan sertifikasi internasional agar kamu bisa bersaing dengan kandidat lainnya jika ingin melamar pekerjaan. Dimulai dari Adobe hingga Microsoft Office yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Kunjungi MyEduSolve untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan segera daftarkan diri kamu sekarang juga!

Article Tag:

Apa itu Kompetens

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Apa itu Kompetensi? Seberapa Pentingkah Hal Ini?

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Apa itu Kompetens

Category:

Pengembangan Diri

Share:

1,445

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.