Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Ikigai dan Cara Melakukannya

Kamu ingin lebih memaknai hidup? Mari kenalan dan ketahui konsep Ikigai, yuk!

Posted: Thursday, Oct 27, 2022

Share:

Apa Itu Ikigai dan Cara Melakukannya cover

Kamu pernah merasa jenuh dalam menjalani keseharian? Hal tersebut sering terjadi pada tiap masyarakat dan bisa berdampak pada menurunnya tingkat kebahagiaan. Masyarakat Jepang punya solusi untuk itu, mereka menemukan cara untuk hidup lebih bahagia dengan melakukan filosofi Ikigai. Sebenarnya, Ikigai artinya itu apa dan bagaimana cara bisa melakukannya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!


Apa Itu Ikigai?

Menurut Positive Psychology, Ikigai adalah sebuah konsep dari Jepang yang menggabungkan dua kata yang berbeda, “Iki” berarti kehidupan, serta “gai” bermakna bermanfaat. Jika digabungkan maka Ikigai adalah filosofi yang memberi nilai, makna, hingga tujuan dalam hidup kamu.


Ikigai memberikan tujuan bagi kamu agar hidup jadi lebih seimbang, bahagia, dan bermakna sehingga bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Beberapa komponen penting dari Ikigai yang harus kamu punya yaitu:


  1. Passion dalam suatu hal yang membuat bahagia

  2. Keahlian yang sangat baik sehingga dihargai oleh banyak orang

  3. Punya profesi berdasarkan apa yang kamu suka

  4. Misi untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat


Baca juga: Self Acceptance Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya


Bagaimana Cara Melakukannya?

Untuk bisa melakukan Ikigai, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sehingga kehidupanmu jauh lebih bermanfaat. Berikut cara melakukannya:


  1. Cari apa yang kamu sukai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari passion dalam suatu hal yang bisa membuat dirimu bahagia. Passion ini adalah “api” yang membuat kamu bersemangat mengerjakan sesuatu secara terus menerus walaupun tanpa imbalan.


  1. Cari apa yang dunia butuhkan

Jika kamu sudah menemukan passion, pastikan juga kamu harus melihat apa kebutuhan dari masyarakat dan dunia. Mencari tahu tentang hal ini sangat penting karena agar passion kamu bisa membantu orang lebih banyak.


  1. Cari apa yang bisa kamu kuasai

Dengan sudah mengetahui apa yang kamu sukai dan dunia butuhkan, pastikan dirimu mengetahui apa yang bisa kamu kuasai. Saat sudah mengetahui skill apa yang bisa dikuasai, kamu akan menjadi ahli di bidang tertentu sehingga menciptakan keseimbangan antara passion dan kemampuan.


Baca juga: Toxic Productivity: Apa Itu dan Cara Mengatasinya


  1. Cari apa yang bisa beri penghasilan

Terakhir ini adalah imbalan dari usaha kerja keras yang kamu lakukan sebelumnya. Mencari tahu apa yang kamu sukai, dunia butuhkan, hingga skill yang dikuasai perlu biaya dan waktu tidak sedikit. 


Mencari penghasilan untuk menutup modal tersebut adalah hal krusial yang akhirnya Ikigai dapat membantumu untuk menyalurkan passion, skill, membantu orang lain, sekaligus mendapatkan uang.


Itu dia penjelasan dari Ikigai, MESFriend! Jika kamu tertarik dengan konten tentang karier serta kesehatan mental, bisa kamu baca lebih lanjut di MyEduSolve Blog, ya!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Apa Itu Ikigai dan Cara Melakukannya

Posted: Thursday, Oct 27, 2022

Updated: Saturday, Apr 20, 2024

Related Tags

Ikigai

3,861

Recommended Articles