Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Annual Report: Pengertian, Struktur, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Annual report adalah kegiatan yang umum dilakukan dalam proses bisnis, untuk melaporkan seluruh performa atau kinerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Simak pengertian, struktur, dan cara membuatnya di artikel ini!

Posted: Thursday, Oct 12, 2023

Share:

Annual Report: Pengertian, Struktur, Manfaat, dan Cara Membuatnya cover

Setiap perusahaan pasti membuat annual report untuk bisa memantau kondisi keuangan perusahaan yang berkaitan dengan operasional. Memangnya apa pengertian annual report dan apa pentingnya bagi perusahaan? Yuk, simak artikel berikut untuk mencari tahu jawabannya. Baca sampai selesai, ya!

Pengertian Annual Report

Annual report atau laporan tahunan adalah dokumen yang dipublikasikan setiap tahun oleh perusahaan untuk para internal dan eksternal stakeholder. Isi annual report meliputi kinerja bisnis perusahaan, laporan keuangan, dan laporan terkait operasional bisnis.

Perusahaan wajib membuat dan menyebarluaskan annual report pada para pemegang saham dan stakeholder, karena laporan ini bersifat legal dan dibutuhkan untuk regulasi perusahaan setiap tahunnya.

Laporan ini juga menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan pada stakeholder dan para pemegang saham terkait transparansi kegiatan operasional dan kondisi keuangan perusahaan selama satu tahun.

Perusahaan juga akan memakai annual report sebagai bahan evaluasi kinerja perusahaan secara keuangan dan operasional, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Di samping itu, saat ini banyak calon investor, kreditur, dan analis keuangan melihat annual report setiap perusahaan untuk menganalisa kondisi dan potensi perusahaan.

Baca juga: Bangun Kesadaran Finansial Sejak Dini dengan Mengenal Konsep Time Value of Money

Struktur Annual Report

Kebanyakan isi annual report perusahaan diawali dengan ilustrasi grafik, foto, serta narasi tentang aktivitas perusahaan selama satu tahun penuh. Informasi tersebut dapat memberikan gambaran tentang kegiatan perusahaan di masa depan. Setelah itu isi annual report dilanjutkan dengan laporan keuangan dan operasional.

Struktur annual report setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Namun, secara umum isi annual report perusahaan pasti memuat beberapa informasi berikut:

  • Informasi umum perusahaan.

  • Ikhtisar operasional dan keuangan.

  • Pesan direktur pada pemegang saham dan stakeholder.

  • Teks narasi, grafik, dan foto dokumentasi rangkuman kegiatan perusahaan selama satu tahun terakhir.

  • Diskusi dan analisa manajemen perusahaan.

  • Laporan keuangan yang sudah diaudit (neraca keuangan, laporan laba-rugi, dan laporan arus kas).

  • Catatan untuk laporan keuangan.

  • Laporan auditor.

  • Rangkuman data keuangan.

  • Kebijakan akuntansi atau kebijakan perusahaan atas laporan finansial.

Deretan informasi di atas penting untuk dimuat di annual report karena dapat menjelaskan posisi keuangan perusahaan. Dengan begitu pemegang saham, stakeholder, calon investor, atau orang-orang berkepentingan lainnya dapat mengukur kapasitas perusahaan pada beberapa hal, yaitu:

  • Kemampuan perusahaan untuk membayar hutang.

  • Perolehan laba atau rugi yang didapatkan perusahaan pada tahun sebelumnya.

  • Pertumbuhan perusahaan selama beberapa tahun.

  • Jumlah pendapatan yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan kinerja operasionalnya.

  • Proporsi biaya operasional terhadap pendapatan yang mampu dihasilkan.

Selain itu, annual report juga dapat menentukan apakah informasi yang diberikan perusahaan sudah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Baca juga: 9 Bidang Akuntansi yang Dicari Banyak Perusahaan 

Manfaat Annual Report

Annual report menjadi laporan legal yang wajib dikeluarkan perusahaan sebagai bentuk transparansi mengenai kondisi keuangan dan operasional perusahaan. Maka annual report juga memiliki beberapa keuntungan atau manfaat bagi perusahaan. Apa saja manfaat annual report?

-       Dapat membantu menarik calon investor baru.

  • Mempertahankan kepercayaan dari pemegang saham dan stakeholder.

  • Memberikan pandangan pada analis bisnis dan kreditur mengenai kondisi keuangan perusahaan.

  • Investor bisa menganalisa, memperkirakan kondisi keuangan perusahaan, dan melakukan evaluasi terhadap prospek perusahaan di masa depan.

  • Menjadi praktek standarisasi perusahaan untuk melaporkan kinerja operasional bisnisnya, sehingga dapat memudahkan kerja pemerintah dalam mengaudit dan menarik biaya pajak.

Meski annual report menjadi laporan penting yang dapat menguntungkan perusahaan, tapi annual report juga memiliki keterbatasan yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

  • Annual report memang bersifat komprehensif tapi tidak selalu menyertakan informasi lengkap. Beberapa perusahaan membuat annual report dan dibagikan pada publik hanya sebagai wajib lapor.

  • Tidak jarang perusahaan menyusun annual report sebagus mungkin demi menarik investor baru meski tidak selalu sama dengan kenyataannya.

  • Annual report tidak selalu bisa menjadi patokan kinerja perusahaan di masa depan, karena data annual report dibuat berdasarkan kondisi perusahaan di masa lalu.

Baca juga: Rumus Excel untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran 

Cara Membuat Annual Report

Annual report memuat beberapa bagian dan sejumlah informasi penting yang wajib disampaikan pada publik karena sudah memiliki legalitas. Kebanyakan perusahaan terutama perusahaan besar menarik jasa dari auditor untuk membuat annual report.

Melansir dari laman Investopedia, dalam menyusun annual report akan diawali dengan grafik, narasi, dan dokumentasi aktivitas perusahaan, lalu pesan direktur pada pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai bisnis dan industri perusahaan.

Selanjutnya, annual report melaporkan kondisi keuangan yang sudah diaudit dengan memasukkan: neraca keuangan, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Bagian akhir annual report akan diberikan catatan auditor atas laporan keuangan yang berisi penjelasan fakta dan angka tertentu.

Itu dia rangkuman penjelasan mengenai annual report atau laporan tahunan yang wajib dibuat perusahaan sebagai bentuk transparansi mengenai kondisi keuangan dan operasional. Dengan membuat annual report, perusahaan dapat melakukan evaluasi dan membuat keputusan yang lebih baik di masa depan demi menarik banyak investor baru.

Jika kamu bekerja di bidang finansial dan ingin belajar membuat annual report yang baik dan benar, tidak ada salahnya mengikuti kursus program sertifikasi internasional Office 365 dari MyEduSolve. Tenang saja kamu akan mendapatkan sertifikat berkelas internasional yang sudah diakui oleh Microsoft langsung. Informasi lebih lanjut langsung akses ke laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

https://www.wallstreetmojo.com/

https://www.legalzoom.com/articles/

https://www.investopedia.com/

Related Tags

Bisnis
Annual Report

216

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.