Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Adobe Photoshop Portable: Photoshop Versi Gratis, Apakah Aman?

Apakah ada versi gratis dari Adobe Photoshop? Yuk, simak penjelasan tentang Adobe Photoshop Portable dalam artikel berikut!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Wednesday, Jul 17, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Adobe Photoshop Portable: Photoshop Versi Gratis, Apakah Aman? cover

Adobe Photoshop merupakan software yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Photoshop telah menjadi standar industri untuk pengeditan gambar dan desain grafis, sehingga banyak profesional di bidang tersebut yang mengandalkan Photoshop untuk pekerjaan mereka karena fitur-fitur canggih yang ditawarkannya. 


Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari Photoshop karena kemudahan dalam mempelajarinya serta kemampuannya dalam memenuhi berbagai kebutuhan desain dan pengeditan gambar.


Namun, salah satu pertimbangan ketika ingin menggunakan Photoshop adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengakses perangkat lunak tersebut. Akhirnya, banyak orang yang mencari Adobe Photoshop versi gratis, sehingga muncul lah Adobe Photoshop Portable sebagai alternatif.


Baca juga: Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator


Lalu, apa yang dimaksud dengan Adobe Photoshop Portable? Apa bedanya Adobe Photoshop Portable dengan versi biasa? Kali ini, MyEduSolve akan membahas seputar Adobe Photoshop Portable. Simak sampai selesai ya!

Apa yang Dimaksud dengan Adobe Photoshop Portable?

Adobe Photoshop Portable adalah versi tidak resmi dari Adobe Photoshop yang tidak memerlukan instalasi lengkap di komputer. Kamu hanya perlu mengunduhnya dan langsung menjalankannya tanpa harus menghabiskan waktu untuk menginstalnya. 

Versi ini sering dianggap sebagai "versi gratis" karena tidak memerlukan pembelian lisensi atau berlangganan untuk menggunakannya. Adobe Photoshop Portable adalah hasil modifikasi oleh pihak ketiga, sehingga meskipun menawarkan fitur yang mirip dengan versi resmi, versi ini memiliki keterbatasan dalam penggunaanya.

Adobe Photoshop Portable lebih ringan dan dapat dijalankan dari perangkat penyimpanan eksternal seperti USB flash drive, atau dengan mengunduh APK MOD dari sumber yang tidak resmi.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Apakah Ada Adobe Photoshop yang Gratis?

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah ada Adobe Photoshop yang resmi dan gratis? Sayangnya, Adobe Photoshop tidak menawarkan versi gratis secara resmi. Namun, kamu bisa mengunduh versi uji coba gratis (free trial) yang tersedia selama 7 hari.


Setelah masa uji coba berakhir, kamu perlu membeli langganan untuk terus menggunakan versi lengkap dari perangkat lunak tersebut.

Apa Perbedaan Adobe Photoshop Portable dengan Versi Biasa?

Adobe Photoshop Portable dan versi biasa memiliki beberapa perbedaan yang signifikan, diantaranya:

Instalasi

  • Adobe Photoshop Portable tidak memerlukan instalasi penuh di komputer, sehingga bisa digunakan di berbagai komputer tanpa mengubah pengaturan sistem operasi.

  • Adobe Photoshop versi biasa (resmi) memerlukan instalasi penuh di komputer. Proses instalasi melibatkan pengaturan pada sistem operasi dan memerlukan hak akses administratif.

Kapasitas

  • Adobe Photoshop Portable memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil, sekitar 100-200 MB, yang membuatnya lebih mudah untuk diunduh dan dipindahkan.

  • Adobe Photoshop versi biasa (resmi) memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena semua file aplikasi dan komponennya harus diinstal di komputer.

Fitur

  • Adobe Photoshop Portable dilengkapi dengan fitur-fitur terbatas, fitur dasar seperti Crop, Resize, Rotate, Text, Shape, Adjust Color, Filter, dan Layer. Beberapa plugin atau font juga tidak kompatibel sehingga mengurangi fungsionalitas aplikasi.

  • Adobe Photoshop versi biasa (resmi) memiliki semua fitur lengkap yang tersedia di Photoshop, termasuk fitur-fitur terbaru dan patch.

Kualitas

  • Adobe Photoshop Portable memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan versi resmi karena merupakan hasil modifikasi oleh pihak ketiga. Versi ini tidak menerima pembaruan (upgrade), sehingga bisa mengalami masalah dengan sistem operasi baru. 

  • Adobe Photoshop versi biasa (resmi) dioptimalkan untuk memberikan kinerja dan kualitas terbaik. Versi ini dapat menerima pembaruan (upgrade) karena perangkat lunak ini memang resmi dikeluarkan dan didukung oleh Adobe.

Keamanan

  • Adobe Photoshop Portable berpotensi mengandung malware atau virus karena diunduh dari sumber yang tidak terpercaya. Tidak ada jaminan tentang keamanan perangkat lunak tersebut.

  • Adobe Photoshop versi biasa (resmi) diunduh melalui sumber resmi, seperti situs web Adobe atau Microsoft Store dan sumber terpercaya lainnya, sehingga lebih aman dari risiko malware atau virus.

Baca juga: Cara Install Adobe Photoshop Beserta Spesifikasinya, Resmi dan Mudah!

Itulah penjelasan mengenai Adobe Photoshop Portable. Meskipun tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya, versi ini melanggar ketentuan lisensi Adobe dan dapat menimbulkan risiko terkait keamanan dan legalitas. 

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan versi resmi Adobe Photoshop, serta mempertimbangkan alternatif legal seperti langganan bulanan Adobe yang lebih terjangkau.

Jika kamu tertarik menguasai Photoshop, tingkatkan pemahaman dan kemahiranmu dengan mengikuti program sertifikasi Adobe Photoshop dari MyEduSolve untuk mendapatkan sertifikat internasional yang diakui Adobe! 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang! Untuk informasi lebih lanjut kunjungi laman resmi MyEduSolve.

Related Tags

Adobe Photoshop Portable
Literasi Digital

1,307

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.